Sukses


Daftar Panjang Blunder Transfer Barcelona di Rezim Josep Maria Bartomeu, 14 Pemain Kok Bisa Bapuk Semua!

Bola.com, Jakarta - Josep Maria Bartomeu tengah berurusan dengan pihak kepolisian. Sang mantan Presiden Barcelona itu diamankan pihak berwajib Spanyol karena terkait kasus Barcagate.

Kasus Barcagate sejatinya sudah mencuat sejak tahun 2020 lalu. Bartomeu diduga menyewa jasa buzzer ketika untuk membuat opini buruk kepada beberapa 'musuh' di Barcelona.

Cadena SER melaporkan, pada hari Senin (01/03/2021) ini, polisi menciduk Bartomeu di kediamannya. Selain itu ada juga tiga pria lain yang ikut diamankan oleh korps penegak keadilan.

Bartomeu sendiri berkuasa sebagai presiden Barcelona mulai tahun 2014. Namun, ia akhirnya resmi mundur dari jabatannya tersebut pada bulan Oktober tahun lalu.

Ada banyak masalah pada kepemimpinan Bartomeu selama beberapa tahun terakhir. Puncaknya terjadi pada pemberontakan Lionel Messi beberapa bulan lalu.

Selama enam tahun menjadi presiden Barcelona, Bartomeu juga dianggap tidak cerdik dalam berbelanja pemain. Bahkan cenderung blunder dalam merekrut pemain. Banyak pemain berkualitas busuk merapat ke Camp Nou. Berikut daftar lengkapnya:

Video

2 dari 15 halaman

Jeremy Mathieu

Barcelona mengamankan tanda tangan Jeremy Mathieu pada musim panas 2014. Mantan pemain Valencia itu punya tugas yang berat untuk mengisi posisi yang ditinggalkan Carles Puyol.

Pemain asal Prancis itu gagal memberikan dampak yang besar bersama Blaugrana. Setelah tiga musim bemain di Camp Nou, dia dilepas ke Sporting Lisbon dengan status bebas transfer.

3 dari 15 halaman

Malcom

Transfer Malcom ke Barcelona dari Bordeaux pada musim panas 2018 cukup menyita perhatian. Pasalnya, Blaugrana berhasil membajak pemain asal Brasil itu dari tangan AS Roma.

Malcom digadang-gadang bakal menjadi pemain penting di Camp Nou. Namun, pemain sayap itu hanya tampil dalam 15 kesempatan untuk Barcelona sebelum dilepas ke Zenit Saint Petersburg pada musim panas berikutnya.

  

4 dari 15 halaman

Andre Gomes

Barcelona membeli Andre Gomes pada 2016 setelah tampil luar biasa bersama Valencia. Namun, gelandang asal Portugal itu tidak mampu menunjukkan performa yang sama setelah datang ke Camp Nou.

Setelah membuat 46 penampilan di liga, Barcelona akhirnya melepas Gomes dengan status pinjaman ke Everton pada 2018. Setelah itu dia dipermanenkan The Toffees.

  

5 dari 15 halaman

Lucas Digne

Lucas Digne didatangkan Barcelona dengan harapan bisa memberikan persaingan untuk Jordi Alba. Tapi, dia pada akhirnya gagal mengancam tempat Alba di starting line-up

Digne membuat 46 penampilan di La Liga selama dua musim di Camp Nou. Pemain asal Prancis itu kemudian dijual ke Everton dengan 18 juta euro.

  

6 dari 15 halaman

Arda Turan

Arda Turan diboyong dari Atletico Madrid pada 2015. Pemain asal Turki itu datang ke Camp Nou saat Barcelona mendapat larangan transfer.

Turan menghabiskan tiga musim di Barcelona dan sempat dipinjamkan ke Istanbul Basaksehir. Namun, dia akhirnya dilepas secara gratis ke Galatasaray setelah kontraknya habis.

7 dari 15 halaman

Nelson Semedo

Nelson Semedo bergabung dengan Barcelona pada 2017 dari Benfica. Namun, pemain asal Portugal itu hanya bertahan tiga musim di Camp Nou.

Pemain berusia 27 tahun itu kalah bersaing dengan Sergi Roberto di pos bek kanan. Semedo membuat 124 penampilan untuk Blaugrana sebelum hengkang ke Wolverhampton Wanderers.

8 dari 15 halaman

Arthur Melo

Barcelona memboyong Arthur Melo dari Gremio pada musim panas 2018. Pemain asal Brasil itu digadang-gadang bakal menjadi penerus Andres Iniesta di Camp Nou.

Namun, Arthur bisa dibilang gagal memenuhi ekspektasi di Barcelona. Pemain berusia 24 tahun itu akhirnya dilepas ke Juventus pada musim panas 2020 dengan ditukar Miralem Pjanic.

9 dari 15 halaman

Paco Alcacer

Paco Alcacer dibeli Barclona dari Valencia pada musim panas 2016. Namun, Alcacer lebih sering jadi penghangat bangku cadangan di Camp Nou.

Striker Spanyol itu kalah bersaing dengan trio Lionel Messi, Neymar, dan Luis Suarez. Alcacer kemudian dilepas ke Borussia Dortmund dan saat ini bermain di Villarreal.

10 dari 15 halaman

Thomas Vermaelen

Thomas Vermaelen diboyong ke Barcelona setelah sukses bersama Arsenal. Sialnya, cedera menghancurkan karier Vermaelen di Camp Nou.

Selama bermain di Barca, Vermaelen sempat dipinjamkan ke AS Roma. Pemain asal Belgia itu pada akhirnya dilepas ke Vissel Kobe pada 2019.

11 dari 15 halaman

Douglas

Douglas diboyong Barcelona pada musim panas 2014 dari Sao Paulo. Namun, karier Douglas di Barcelona kerap diganggu cedera.

Walhasil, pemain asal Brasil itu gagal menembus tim utama Blaugrana. Douglas sempat dipinjamkan ke Sporting Gijon, Benfica dan Sivasspor sebelum meninggalkan Barcelona.

12 dari 15 halaman

Aleix Vidal

Aleix Vidal meneken kontrak dengan Barcelona pada tahun 2015. Pemain asal Spanyol itu didatangkan dari Sevilla untuk menggantikan Dani Alves.

Namun, penampilan Vidal tidak sesuai dengan harapan. Mantan pemain Almeria tersebut hanya membuat 51 penampilan selama tiga tahun di Camp Nou.

  

13 dari 15 halaman

Yerry Mina

Yerry Mina bergabung dengan Barcelona pada 11 Januari 2018 dari Palmeiras. Bek asal Kolombia itu gagal bertahan lama di Barcelona.

Mina jarang dimainkan pelatih Ernesto Valverde saat itu sehingga memilih untuk hengkang enam bulan kemudian. Mina pindah ke Premier League dengan bergabung Everton.

14 dari 15 halaman

Gerard Deulofeu

Gerard Deulofeu kembali ke Barcelona pada musim panas 2017 setelah tampil mengesankan bersama AC Milan. Namun, kariernya di klub Catalan itu lagi-lagi tidak berkembang.

Deulofeu akhirnya dilepas ke Watford setelah hanya melakoni 17 penampilan di Camp Nou. Winger asal Spanyol itu saat ini bermain di Italia bersama Udinese.

15 dari 15 halaman

Denis Suarez

Setelah tampil impresif bersama Villarreal, Barcelona merekrut kembali Denis Suarez pada tahun 2016. Namun, Suarez lebih sering menghuni bangku cadangan setelah balik ke Camp Npu.

Suarez sempat dipinjamkan ke Arsenal untuk mendapatkan waktu bermain. Gelandang asal Spanyol itu akhirnya dijual ke Celta Vigo pada musim panas 2019.

Sumber: Berbagai sumber

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, Published 2/3/2021)

Video Populer

Foto Populer