Sukses


VIDEO: Mengenal Barcagate, Kejahatan Sepak Bola yang Dilakukan Barcelona

Bola.com, Jakarta Mantan presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu, dilaporkan ditangkap pada Senin (1/3/2021) pagi waktu setempat oleh polisi Catalan sehubungan dengan penyelidikan skandal Barcagate.

Barcagete adalah istilah yang dikemukakan media lokal Spanyol karena skandal pencucian uang dan usaha Barcelona 'mempercantik' citra klub. Seperti disebutkan di atas, manajemen klub menyewa vendor bernama I3 Ventures yang bertugas menggiring opini publik sepak bola.

Mereka menggunakan buzzer untuk menyerang semua pihak, bahkan sampai pemain-pemain Barcelona, jika tidak sepaham dengan kebijakan klub yang kala itu dipegang oleh Bartomeu.

Pada 17 Februari 2020, Cadena SER mengungkapkan bahwa Barcelona telah mengontrak I3 Ventures sejak akhir tahun 2017. Diberitakan bahwa perusahaan milik Carlos Ibanez ini menggunakan setidaknya enam akun Facebook berbeda untuk meremehkan sosok Barcelona yang tidak selaras dengan Bartomeu.

Pemain seperti Lionel Messi dan Gerard Pique termasuk di antara mereka yang akan dikritik.

"Sejujurnya, saya tidak suka melakukan hal semacam ini, tapi saya pikir setiap orang harus bertanggung jawab atas peran mereka dan mengambil tanggung jawab atas keputusan mereka," tulis Messi di Instagram story.

Otoritas hukum Catalonia dan Spanyol melihat kemungkinan kejahatan korupsi. Perputaran uang panas, tentunya, terkait dengan 'biaya layanan' buzzer tersebut.

Berdasarkan keterangan Marca, vendor-vendor yang disewa Barca menetapkan harga enam kali lipat dari biasanya, dan jika terbukti ada penyalahgunaan dana untuk kepentingan kampanye hitam tersebut, maka polisi punya cukup bukti untuk mempidanakan para tersangka yang terlibat.

 Menurut laporan tersebut, Barcelona membayar 1 juta euro per tahun kepada I3 Ventures untuk pemantauan media sosial dan promosi media sosial untuk Bartomeu dan dewan direksi.

Pembayaran tersebut diduga dilakukan melalui berbagai faktur yang melewati departemen berbeda dan selalu di bawah 200.000 euro, yang berarti tidak perlu disetujui oleh dewan (karena nilainya kecil, hanya seperlima dari harga yang seharusnya).

Hingga saat ini, kasus Barcagate masih diselidiki oleh kepolisian setempat. Pihak Barcelona sendiri masih belum memberi keterangan lebih lanjut.

Video Populer

Foto Populer