Sukses


Kisah 9 Pelatih yang Menempa Lionel Messi di Barcelona: Frank Rijkaard Menemukan, Pep Guardiola Mematangkan

Bola.com, Jakarta - Lionel Messi sudah cukup lama bermain untuk Barcelona. La Pulga memulai debut bersama Blaugrana pada tahun 2003 silam. Ia menjelma menjadi legenda klub.

Dari tahun ke tahun, Lionel Messi selalu menjadi pemain penting bagi Barcelona. Dia menjadi tumpuan klub saat berlaga di pentas domestik maupun Eropa.

Bintang Argentina itu mampu meraih banyak gelar juara bersama Barcelona. Sejauh ini sudah 34 gelar juara yang sudah diraih Messi, termasuk 10 gelar La Liga.

Messi hampir 18 tahun membela Barcelona. Sejauh ini sudah ada sembilan pelatih yang silih berganti menjadi mentor pemain berusia 33 tahun tersebut. Berikut 9 pelatih yang pernah menangani Messi di Barcelona.

2 dari 11 halaman

Frank Rijkaard

Frank Rijkaard merupakan salah satu pelatih yang sangat berjasa dalam karier Lionel Messi. Pasalnya, pelatih asal Belanda itu yang memberikan kesempatan kepada Messi untuk melakukan debut di tim utama Barcelona.

Selama ditangani Rijkaard, La Pulga mencatatkan 110 pertandingan di semua kompetisi. Bintang Argentina itu berhasil mencetak 42 gol dan 26 assist dari penampilannya tersebut.

Messi juga mampu memenangi sejumlah gelar di bawah asuhan Rijkaard. Itu termasuk dua gelar La Liga dan satu Liga Champions.

3 dari 11 halaman

Pep Guardiola

Guardiola merupakan salah satu pelatih terbaik Barcelona. Pria asal Spanyol itu berhasil membuat Blaugrana meraih kejayaan selama beberapa tahun.

Di bawah asuhan Guardiola, Messi berhasil mencatatkan 211 gol dan 91 assist. Torehan itu dibuat La Pulga dalam 219 pertandingan di semua kompetisi.

Kolaborasi Messi dengan Guardiola mampu membuahkan beberapa trofi. Itu termasuk sextuple atau enam trofi yang diraih sepanjang tahun 2009.

4 dari 11 halaman

Tito Vilanova

Tito Vilanova diangkat sebagai pelatih Barcelona pada tahun 2012. Ia menggantikan Josep Guardiola yang memilih mundur dari Barca.

Vilanova kala itu tengah berjuang melawan kanker. Pada akhirnya, masalah kesehatan memaksa sang pelatih rehat dari Barcelona.

Lionel Messi sempat memainkan 35 pertandingan di semua kompetisi di bawah asuhan Vilanova. Dari jumlah itu, La Pulga berhasil mencetak 42 gol dan 12 assist.

5 dari 11 halaman

Jordi Roura

Jordi Roura menggantikan posisi Tito Vilanova di Barcelona. Pria asal Spanyol tersebut sebelumnya merupakan asisten Vilanova di Camp Nou.

Roura hanya berstatus sebagai pelatih interim di Barcelona. Mantan pelatih Hospitalet itu menangani Lionel Messi dan kolega sampai akhir musim saja.

Setelah ditangani Roura, Messi masih cukup produktif. Ia mampu menciptakan 18 gol dan empat assist dalam 15 pertandingan di berbagai ajang.

6 dari 11 halaman

Gerardo Martino

Gerardo Martino diangkat menjadi pelatih Barcelona pada musim panas 2013. Namun, juru taktik asal Argentina itu hanya bertahan selama satu musim di Camp Nou.

Lionel Messi menjadi andalan Martino selama berada di Barcelona. La Pulga mampu mengemas 41 gol dan 15 assist dari 46 pertandingan.

Martino hanya mampu mempersembahkan trofi Supercopa de Espana kepada Barcelona. Pria berusia 58 tahun tersebut akhirnya mengundurkan diri dari jabatannya sebagai pelatih Barcelona pada akhir musim.

7 dari 11 halaman

Luis Enrique

Luis Enrique mulai menangani Barcelona pada tahun 2014. Di musim debutnya, pelatih asal Spanyol itu berhasil meraih treble winners.

Selama tiga tahun di Camp Nou, Enrique berhasil memenangkan 9 gelar juara. Namun, pelatih timnas Spanyol saat ini itu memutuskan untuk meninggalkan Barcelona pada musim panas 2017.

Saat masih ditangani Enrique, Lionel Messi tampil sangat produktif. Ia mampu menciptakan 153 gol dan 73 assist dalam 158 pertandingan di berbagai ajang.

8 dari 11 halaman

Ernesto Valverde

Berikutnya Barcelona dilatih oleh Ernesto Valverde. Pelatih asal Spanyol itu bertahan selama dua setengah musim sebagai juru taktik Blaugrana.

Lionel Messi juga tentunya menjadi andalan utama Valverde selama berada di Barcelona. Dimainkan Valverde dalam 124 pertandingan, Messi sukses mencatatkan 112 gol serta memberikan 47 assist.

Kebersamaan Valverde dan Messi juga menghasilkan beberapa trofi untuk Barcelona. Itu termasuk dua gelar La Liga secara beruntun pada musim 2017–18 dan 2018–19.

9 dari 11 halaman

Quique Setien

Ditunjuk sebagai pengganti Ernesto Valverde, Quique Setien tidak bertahan lama sebagai arsitek Barcelona. Pelatih asal Spanyol itu hanya bertahan setengah musim, tepatnya hingga 17 Agustus 2020.

Meskipun mengandalkan Messi di lini depan, penampilan Barcelona di bawah asuhan Setien kurang memuaskan. Mereka gagal memenangkan gelar dan dibantai 2-8 oleh Bayern Munchen di perempat final Liga Champhions.

Messi sendiri dimainkan Setien dalam 24 pertandingan di berbagai ajang. Pemain berusia 33 tahun itu menorehkan 15 gol serta 19 assist.

10 dari 11 halaman

Ronald Koeman

Ronald Koeman menjadi pelatih Barcelona saat ini. Sejauh ini, Lionel Messi mampu tampil cukup bagus di bawah asuhan pelatih asal Belanda tersebut.

Messi telah dimainkan dalam 37 pertandingan di semua kompetisi. La Pulga berhasil mencatatkan 29 gol dan 15 assist sejauh ini.

Catatan itu tentu saja masih bisa bertambah mengingat musim ini masih belum selesai. Messi dan Koeman juga masih berpeluang menutup musim dengan torehan gelar.

Sumber asli: Transfermarkt

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, Published 1/4/2021)

11 dari 11 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer