Sukses


Nostalgia Skuat Legendaris Barcelona Musim 2003-2004: 6 Rekrutan Anyar Frank Rijkaard Sudahi Puasa Gelar La Liga Spanyol

Bola.com, Jakarta - Barcelona menggaset Frank Rijkaard sebagai pelatih pada musim panas 2003. Nakhoda asal Belanda itu direkrut guna mengakhiri puasa gelar La Liga Spanyol saat itu.

Untuk memperkuat Barca, Rijkaard mendatangkan sejumlah pemain baru, salah satunya sang superstar, Ronaldinho. Dia didatangkan dari klub Prancis PSG.

Mantan pemain internasional Brasil itu membantu mengubah nasib Barcelona. Ia menjelma menjadi pemain terbaik di dunia dan memenangkan Ballon d'Or pada tahun 2005.

Namun, Ronaldinho bukan satu-satunya pemain yang didatangkan Barcelona ke Camp Nou pada musim panas 2003. Masih ada sejumlah rekrutan lainnya.

Lalu siapa saja para pemain yang direkrut Barcelona pada musim panas 2003 tersebut dan bagaimana nasib mereka setelah datang ke klub?

2 dari 8 halaman

Ricardo Quaresma

Pernah disebut-sebut memiliki bakat lebih hebat dibandingkan Cristiano Ronaldo, Ricardo Quaresma bergabung dengan Barcelona dari Sporting CP. Dia direkrut dengan biaya 6,35 juta euro.

Namun, Quaresma gagal menenuhi ekspektasi di Camp Nou. Dia hanya main sebanyak 28 penampilan dan tidak bertahan lama di sana.

Pemain asal Portugal meninggalkan Barcelona pada akhir musim. Dia kemudian kembali ke negaranya dengan berlabuh bersama FC Porto.

3 dari 8 halaman

Rafael Marquez

Rafael Marquez bergabung dengan Barcelona dari AS Monaco. Barcelona hanya mengeluarkan 5,25 juta euro untuk mendapatkan pemain asal Meksiko tersebut.

Marquez mempunyai karier yang sukses di Barcelona. Ia menjadi pilihan utama di jantung pertahanan dan mampu meraih berbagai macam gelar di Camp Nou.

Mantan pemain Hellas Verona itu bermain untuk Barcelona sampai 2010. Selama waktunya di klub, ia bermain dalam 242 pertandingan dan mencetak 13 gol.

  

4 dari 8 halaman

Rustu Recber

Rustu Recber sempat menolak tawaran dari Manchester United dan Arsenal sebelum bergabung dengan Barcelona. Blaugrana mendapatkan kiper asal Turki itu secara gratis.

Meski dianggap sebagai salah satu kiper terbaik di dunia, Rustu Recber tak pernah menjadi kiper nomor satu Barcelona. Dia harus mengalah pada Victor Valdes karena tidak bisa bahasa Spanyol.

Akhirnya, Rustu Recber hanya mencatatkan tujuh penampilan untuk Barcelona. Dia kembali ke Fenerbahce pada tahun 2004, awalnya dengan status pinjaman dan kemudian statusnya berubah menjadi permanen.

5 dari 8 halaman

Giovanni van Bronckhorst

Giovanni van Bronckhorst awalnya direkrut dari Arsenal dengan status pinjaman. Dia kemudian berhasil memantapkan posisinya di Barcelona dan statusnya berubah menjadi permanen pada tahun 2004.

Mantan pemain internasional Belanda itu itu menghabiskan empat tahun bersama Barcelona. Dia mencatatkan 154 penampilan di semua kompetisi untuk klub.

Van Bronckhorst juga membantu Barcelona meraih lima gelar juara. Salah satunya adalah gelar Liga Champions musim 2005−06 dengan mengalahkan mantan timnya Arsenal.

6 dari 8 halaman

Mario Abrante

Mario Abrante merupakan pemain yang berposisi sebagai bek tengah. Dia datang ke Barcelona dengan status pinjaman dari Real Valladolid.

Namun, Abrante tak banyak mendapat kesempatan bermain di Camp Nou. Ia hanya memainkan dua pertandingan saja bersama Blaugrana.

Barcelona tidak memperpanjang masa tinggal Abrante pada akhir musim. Pemain didikan akademi Atletico Madrid itu akhirnya kembali ke Valladolid.

7 dari 8 halaman

Ronaldinho

Ronaldinho menjadi rekrutan termahal Barceona pada musim panas 2003. Ia dibeli dari PSG dengan bandrol mencapai 32,25 juta euro.

Ronaldinho kemudian menjadi bintang Barcelona dan meraih banyak trofi baik di level klub maupun pribadi. Di antaranya penghargaan Ballon d'Or dan satu gelar Liga Champions.

Mantan pemain Flamengo itu mencatatkan 207 penampilan dengan mencetak 94 gol dan 71 assist. Dia meninggalkan Barcelona pada tahun 2008 dengan bergabung raksasa Italia AC Milan.

Sumber: Berbagai sumber

8 dari 8 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer