Sukses


Era Lionel Messi di Camp Nou Sudah Tamat, Siapa Pantas Mewarisi Nomor 10 di Barcelona?

Bola.com, Jakarta - Lionel Messi pernah mengenakan beberapa nomor punggung di Barcelona, hingga tiba saatnya ia menggunakan nomor keramat 10 di Camp Nou. Kini La Pulga telah tiada, siapa yang akan meneruskannya?

Selama ini, nomor punggung 10 sejarah besar di Barcelona. Lionel Messi memakainya sejak musim 2008/2009 lalu, mewarisi nomor itu dari Ronaldinho, sosok yang lebih dulu menjadi bintang dan meraih Ballon d'Or bersama Barcelona.

Sebelum Ronaldinho, ada nama Juan Roman Riquelme, Rivaldo, Jari Litmanen, Giovanni, Roger Garcia, hingga Gheorghe Hagi yang pernah memakai nomor punggung 10 di Barcelona.

Kini, nomor punggung 10 di Barcelona tanpa tuan. Sang pemilik, Lionel Messi, dalam perjalanan menuju ke PSG. Belum ada pemain Barcelona yang mengkonfirmasi akan memakai nomor 10.

Barcelona bisa saja memensiunkan nomor 10. Sayang, mereka harus menunjuk satu pemain karena ada regulasi di La Liga yang mewajibkan angka 1-25 harus terdaftar.

Lantas, siapa yang layak mewarisi nomor punggung 10 setelah Lionel Messi pindah dari Barcelona?

Video

2 dari 6 halaman

Sergio Aguero

Aguero bisa menjadi kandidat utama yang mewarisi nomor punggung 10 Barcelona. Secara personal, Aguero adalah teman karib Messi. Aguero juga diprediksi bakal jadi pemain penting di skuad Barcelona musim 2021/2022.

Aguero sudah terbiasa memakai nomor 10 dan tahu beban yang akan disandang. Aguero memakai nomor 10 dalam enam tahun terakhirnya di Man City. Aguero juga memakai nomor 10 di Atletico Madrid, Independiente, dan beberapa kali di timnas Argentina.

3 dari 6 halaman

Memphis Depay

Memphis telah memilih nomor punggung 9 untuk dipakainya bersama Barcelona pada musim 2021/2022. Namun, dengan skenario perginya Lionel Messi, bukan tidak mungkin Memphis akan berganti dengan nomor punggung 10.

Bagi eks Manchester United, nomor 10 sudah tidak asing lagi. Musim lalu, Memphis memakai nomor 10 di Lyon. Memphis juga menjadi pemiliki nomor punggung 10 di timnas Belanda sejak Arjen Robben pensiun dari karir internasional.

4 dari 6 halaman

Ousmane Dembele

Berbeda dengan Aguero dan Memphis, Dembele tidak punya riwayat memakai nomor punggung 10 dalam karir profesionalnya. Di level klub, Dembele pernah memakai nomor punggung 23 [Rennes], 7 [Dortmund], dan 11 ketika bermain di Barcelona.

Dembele memainkan peran yang sama dengan Lionel Messi, penyerang kiri. Secara teknis, Dembele-lah yang mungkin akan jadi pengganti Messi. Faktor itu bisa membuat pemain asal Prancis mewarisi nomor milik La Pulga.

5 dari 6 halaman

Philippe Coutinho

Coutinho sudah tidak asing lagi dengan nomor punggung 10. Pasalnya, dia pernah memakai nomor penting itu ketika membela Liverpool. Ketika itu, Coutinho menjelma sebagai pemain yang sangat ditakuti para bek lawan.

Di Barcelona, Coutinho memakai nomor punggung 14 dan 7. Performanya tidak cukup bagus dengan nomor itu. Jadi, setelah Messi pindah, apakah Coutinho bisa memakai nomor punggung 10 dan tampil bagus seperti saat masih di Liverpool?

6 dari 6 halaman

Ansu Fati

Ansu Fati menjadi pemain yang paling ideal untuk memakai nomor punggung 10 di Barcelona setelah era Lionel Messi. Sebab, seperti Messi, Fati adalah jebolan La Masia dan diprediksi punya talenta sangat besar.

Ansu Fati memakai nomor punggung 31 pada debutnya bersama tim senior Barcelona. Musim lalu, pemain 18 tahun itu memakai nomor punggung 22. Kini, Fati memilih nomor punggung 17. Fati mulai mendapat nomor penting di Barcelona.

Di masa depan, mungkin Fati akan memakai nomor punggung 10.

Sumber: Bola

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, published 9/8/2021)

Video Populer

Foto Populer