Sukses


Liga Spanyol: Atletico Madrid Menang Banyak dalam Perjanjian Peminjaman Antoine Griezmann, Barcelona Kok Bisa Pasrah Begini?

Bola.com, Jakarta - Transfer Antoine Griezmann ke Atletico Madrid sudah tuntas di pengujung bursa transfer musim panas. Barcelona dan Atletico sudah mengumumkan kesepakatan. Menariknya, ada dua klausul yang menjadi misteri di balik transfer penyerang berusia 30 tahun itu.

Griezmann bergabung dengan Barcelona pada awal musim 2019/2020. Dibeli dengan harga 120 juta euro, Griezmann diharap jadi pengganti Neymar. Namun, dia tak cukup bersinar.

Dua tahun setelah dibeli mahal, Griezmann dikembalikan ke Atletico. Selain performa yang belum konsisten, Griezmann memang harus dilepas demi mengurangi beban tagihan gaji Barcelona yang terlalu tinggi.

Barcelona meminjamkan pemain asal Prancis itu dengan kontrak berdurasi dua musim. Detail perjanjian antarkedua klub menyisakan banyak misteri.

Dilansir Marca, paling tidak ada dua hal yang menjadi misteri di balik kesepakatan Barcelona dan Atletico menyangkut kontrak Griezmann. Ternyata klausul kewajiban pembelian seharga 40 juta euro tidak berlaku secara mutlak!

Ada klausul yang mengatur bahwa Atletico hanya akan membelinya jika Griezmann mencapai jumlah laga tertentu pada periode yang juga diatur.

Celah itu memungkinkan sang juara bertahan La Liga menang banyak. Mereka bisa memakai jasa penyerang asal Prancis itu tanpa perlu mengeluarkan duit transfer, dengan menyetel jumlah laga yang ia mainkan.

Saat ini tidak diketahui berapa laga yang harus dimainkan Griezmann agar klausul kewajiban membeli itu aktif. Namun pastinya, jika tidak mencapai syarat jumlah permainan, maka Atletido tidak wajib membeli Griezmann. Atletico hanya perlu menggajinya di masa peminjaman.

 

2 dari 4 halaman

Yang Penting Segera Pergi

Di sisi yang lain, Atletico dalam perjanjian itu bisa membeli eks pemain Real Sociedad itu kapan pun mereka inginkan selama masa peminjaman.

Tapi, tidak diketahui apakah biaya pembelian Griezmann benar-benar berada pada angka 40 juta euro, atau bahkan lebih murah dari itu. Angka sebesar 40 juta euro dari sisi bisnis amat merugikan Barcelona.

Kenapa Barcelona mau meneken perjanjian yang cenderung tak menguntungkan karena mereka tidak menghendaki keberadaan Griezmann lagi di Camp Nou. Barcelona bersiap melepas Griezmann, walau nantinya Atletido tidak membelinya secara permanen. Keuangan Barca tidak nutupin biaya penggajiannya.

Terlepas dari beban gaji, kinerja sang pemain tak bisa dibilang buruk-buruk amat di Blaugrana. Ia memproduksi 35 gol dari 102 penampilan. Hanya saja, publik sudah terlanjur berekspektasi tinggi dan saat Griezmann gagal memenuhi harapan, ia jadi subjek kritikan.

 

3 dari 4 halaman

Tidak Membenci Barcelona

"Kepada Culers, saya ingin mengucapkan selamat tinggal dan terima kasih atas kasih sayang kalian," tulis Griezmann dalam surat perpisahan yang diunggah di media sosial.

Walau dibuang, Griezmann tidak meninggalkan rasa benci kepada Barcelona maupun fansnya, walaupun sering dikritik secara tidak adil. Malahan, ia merasa bangga karena pernah menjadi bagian sejarah klub papan atas Spanyol tersebut.

"Saya memberikan segalanya buat seragam ini, berkomitmen pada klub hebat ini, dan saya sedih tak mampu lagi menikmati kehadiran anda di bangku penonton, tapi saya bangga bisa menjadi salah satu dari kalian," tulisnya.

Sumber: Marca, Instagram

4 dari 4 halaman

Klasemen La Liga

Video Populer

Foto Populer