Sukses


Liga Spanyol: Sebelum Antoine Griezmann, 6 Pemain Ini Hengkang dari Barcelona ke Atletico Madrid

Bola.com, Jakarta - Barcelona resmi melepas Antoine Griezmann pada hari terakhir bursa transfer musim panas tahun ini, 31 Agustus lalu. Griezmann kembali ke pelukan klub lamanya, Atletico Madrid.

Los Cules melepas striker Timnas Prancis itu ke Atletico dengan status pinjaman selama dua musim. Los Rojiblancos memiliki opsi untuk mempermanenkan status Antoine Griezmann begitu masa pinjaman berakhir.

Griezmann baru dua musim membela Barcelona. Pemain berusia 30 tahun tersebut didatangkan dari Atletico Madrid pada musim panas 2019 lalu.

Selama di Barcelona, Antoine Griezmann bermain dalam 102 pertandingan di semua kompetisi. Dia pun hanya membukukan 35 gol dan 17 assist dari penampilannya tersebut.

Ini bukan pertama kalinya Barcelona melepas pemain ke Atletico Madrid. Sebelum Antoine Griezmann, klub Catalan tersebut sudah pernah melakukannya beberapa kali. Berikut ini enam di antaranya.

 

 

2 dari 7 halaman

Luis Suarez

Luis Suarez datang ke Barcelona dari Liverpool pada 2014. Dia kemudian menjadi pemain inti Blaugrana hingga 2020.

Bomber asal Uruguay itu mencetak 195 gol dan 113 assist dalam 283 pertandingan saat membela raksasa Catalan. Dia juga memenangkan empat gelar La Liga dan juga satu trofi Liga Champions.

Pemain berusia 34 tahun tersebut kemudian hengkang ke Atletico Madrid pada musim panas 2020 lalu. Dia harus angkat kaki dari Camp Nou karena tak mendapat tempat dari Ronald Koeman.

Bersama Atletico Madrid, Luis Suarez tampil moncer. Suarez berhasil mendulang 21 gol dari 38 pertandingan, plus membawa Atletico menjuarai La Liga musim lalu.

 

3 dari 7 halaman

David Villa

David Villa mempunyai karier yang sukses di Barcelona. Dia berhasil memenangkan delapan gelar termasuk dua titel La Liga dan satu trofi Liga Champions.

Namun, kebersamaan Villa dengan Barcelona berakhir pada 2013. Mantan bomber Timnas Spanyol itu dilepas ke Atletico Madrid dengan biaya 2,1 juta euro.

Villa hanya bermain satu musim saja bersama Los Rojiblancos. Dia ikut mempersembahkan titel La Liga sebelum melanjutkan kariernya di Melbourne City.

4 dari 7 halaman

Thiago Motta

Thiago Motta memulai karier profesionalnya bersama Barcelona B pada tahun 1999 dan berhasil promosi ke tim senior pada tahun 2001. Dia membela Barca selama enam tahun dan berhasil memenangkan empat gelar di sana.

Motta kemudian memutuskan hengkang ke Atletico Madrid pada 2007 dengan biaya transfer sebesar 2 juta euro. Sayangnya, karier pemain asal Italia itu bersama Los Rojiblancos tidak berjalan mulus karena masalah cedera.

Mantan pemain PSG tersebut hanya bermain 10 kali saja di Atletico. Dia kemudian melanjutkan kariernya di Italia bersama Genoa pada musim berikutnya.

 

5 dari 7 halaman

Luis Garcia

Luis Garcia merupakan pemain didikan akademi Barcelona. Setelah dipinjamkan ke beberapa klub, dia akhirnya dijual ke Atletico Madrid pada musim 2002/2003.

Luis Garcia tampil cukup bagus bersama rival sekota Real Madrid tersebut. Mantan pemain Liverpool itu mencatatkan 32 penampilan dengan mencetak 9 gol.

Setelah tampil mengesankan bersama Los Rojiblancos, Barcelona kemudian menarik kembali sang pemain ke Camp Nou pada musim berikutnya.

 

6 dari 7 halaman

Sergi Barjuan

Sergi Barjuan menghabiskan sebagian besar kariernya di Barcelona. Mantan bek kiri tersebut ikut memenangkan sembilan gelar selama sembilan musim di Camp Nou.

Setelah tidak dibutuhkan Louis van Gaal di Barcelona, Sergi pindah ke Atletico Madrid pada 2002. Dia bergabung ke klub Ibu Kota tersebut dengan free transfer.

Sergi membela Los Rojiblancos selama tiga musim. Mantan pemain Timnas Spanyol tersebut mencatatkan 91 penampilan sebelum pensiun pada 2005.

 

7 dari 7 halaman

Miquel Soler

Miquel Soler memulai karier profesionalnya bersama Espanyol. Dia kemudian pindah ke klub tetangga Barcelona pada 1988.

Soler bermain bersama Barcelona selama tiga musim dan meraih empat gelar. Dia kemudian dijual ke Atletico Madrid pada 1991.

Mantan bek kiri timnas Spanyol tersebut cuma memperkuat Los Rojiblancos selama satu musim. Dia lantas memutuskan kembali ke Barcelona meski kariernya tidak sukses di sana.

Sumber: Berbagai sumber

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta/Published: 02/09/2021)

Video Populer

Foto Populer