Sukses


Liga Inggris: Terungkap, Isi Burofax Lionel Messi untuk Barcelona yang Bikin Heboh Setahun Lalu

Bola.com, Barcelona - Lionel Messi memicu kehebohan setahun lalu ketika mengirimkan burofax ke presiden Barcelona saat itu, Josep Maria Bartomeu, yang berisi tentang keinginannya meninggalkan Barcelona. Kini, isi dokumen di burofax itu bocor ke publik. 

Burofax adalah servis dari perusahaan layanan pos milik negara di Spanyol, Correos, untuk mengirim dokumen. Layanan itulah yang dipilih Lionel Messi untuk berkomunikasi dengan Bartomeu saat ini. Namun, keinginannya kandas dan dirinya baru benar-benar hengkang dari Barcelona 12 bulan berselang.   

Pada 24 Agustus 2020, Messi dan kubunya menjelaskan kepada Bartomeu dan dewan klub bahwa dirinya berencana pergi pada tanggal 30 bulan itu dengan menerapkan klausul dalam kontrak yang memungkinkannya menjadi pemain bebas transfer.

Burofax, yang kini diungkap oleh media Spanyol Mundo Deportivo, menunjukkan bahwa Messi sendiri yang menandatangani dokumen tersebut. Ia mememerinci ketentuan klausul yang memungkinkannya untuk dibebaskan dari kontraknya.

Apa yang diucapkan Lionel Messi di burofax tersebut? Berikut isi lengkapnya seperti dikutip dari Marca, Minggu (5/9/2021).  

 

2 dari 4 halaman

Isi Burofax

"Dear Tuan Bartomeu,"

“Dengan ini, dan sesuai dengan ketentuan klausul 3.1 kontrak tertanggal 25 November 2017, saya menyatakan keinginan untuk memutuskan kontrak kerja sebagai pesepakbola profesional yang berlaku mulai 30 Agustus 2020," tulis Messi.

“Saya memahami bahwa jangka waktu hak penghentian sepihak tanpa sebab yang diatur dalam pasal tersebut di atas harus ditafsirkan sesuai dengan keadaan luar biasa di mana musim kompetisi sepak bola 2019/2020 telah berlangsung, karena kondisi darurat dan situasi force majeure akibat pandemi COVID-19."

"Karena keadaan luar biasa ini, musim kompetisi 2019/2020 berakhir kemarin, tanpa mengurangi fakta bahwa untuk tim kami, akhir kompetisi pada 15 Agustus, ketika kami kembali ke Barcelona setelah tersingkir dari Liga Champions pada malam 14 Agustus."

 

3 dari 4 halaman

Isi Burofax Lionel Messi

"Bagaimanapun, dalam waktu 10 hari setelah akhir musim kompetisi, dan dengan demikian memenuhi tenggat waktu yang disepakati untuk melaksanakan klausul 3.1 yang disebutkan di atas, sesuai dengan kontrak material dari perjanjian kami, yang harus ditafsirkan sesuai dengan pengecualian keadaan musim 2019/20, saya menggunakan hak saya untuk mengakhiri kontrak yang berlaku mulai 30 Agustus 2020, dengan konsekuensi yang diatur dalam ketentuan 3.1 tersebut di atas.

"Dengan hormat"

"Lionel Andres Messi."

 

4 dari 4 halaman

Tengok Peringkat Terbaru Barcelona

Video Populer

Foto Populer