Sukses


6 Pelatih yang Pernah Kena Depak Barcelona, Selanjutnya Giliran Ronald Koeman?

Bola.com, Jakarta - Barcelona masih terseok-seok. Imbasnya, nasib sang pelatih Ronald Koeman terus diusik dan dipertanyakan kelanjutannya. 

Serangkaian hasil negatif pada awal musim ini bisa membuat Ronald Koeman kehilangan pekerjaannya.

Barcelona baru saja mendulang hasil 0-0 saat melawat ke markas Cadiz dalam lanjutan La Liga. Hasil itu membuat Blaugrana melewatkan tiga laga tanpa kemenangan.

Sebelumnya, Blaugrana ditahan Granada dengan skor 1-1. Memphis Depay dan kolega juga dikalahkan Bayern Munchen di pertandingan Liga Champions.

Situasi ini jelas membuat Koeman berada dalam tekanan besar. Tidak sedikit yang memprediksi mantan pelatih Valencia itu akan didepak dari kursi pelatih Barcelona.

Memecat pelatih sebenarnya bukanlah tradisi Barcelona. Kendati demikian, raksasa Spanyol tersebut tercatat pernah mendepak sejumlah pelatih yang bekerja di Camp Nou.

Berikut ini enam pelatih yang pernah dipecat Barcelona. Apakah Ronald Koeman akan menjadi korban berikutnya? 

 

2 dari 7 halaman

1. Terry Venables   

Terry Venables melatih Barcelona selama tiga tahun pada 1984 sampai 1987. Pelatih asal Inggris itu sukses memberikan gelar juara Liga Liga dan Copa del Rey.

Venables juga berhasil membawa Barcelona ke final Piala Champions pada 1986. Namun, El Barca gagal menjadi juara karena kalah adu penalti dari Steaua Bucharest.

Venables dipecat Barcelona pada September 1987 setelah melakoni 108 pertandingan. Posisinya kemudian digantikan oleh Luis Aragones.

 

3 dari 7 halaman

2. Johan Cruyff

Johan Cruyff merupakan legenda besar Barcelona. Pria asal Belanda tersebut terbilang sukses saat melatih Blaugrana.

Cruyff melatih Barcelona sejak 1988 sampai 1996. Dia berhasil mengantarkan Los Cules memenangkan empat titel La Liga, satu trofi Liga Champions dan sejumlah gelar lainnya.

Kendati demikian, Cruyff juga tidak lepas dari pemecatan. Cruyff didepak Barcelona pada Mei 1996 setelah berselisih dengan presiden Josep Lluis Nunez dan digantikan Carles Rexach.

 

4 dari 7 halaman

3. Louis van Gaal

Louis van Gaal tercatat menangani Barcelona selama dua periode. Dia berhasil meraih kesuksesan pada periode pertamanya di klub.

Van Gaal berhasil memberikan dua gelar La Liga, Copa del Rey dan Piala Super Eropa.Tapi, pria asal Belanda ini gagal total saat kedua kalinya ditunjuk sebagai pelatih di Camp Nou.

Van Gaal akhirnya dipecat pada awal Januari 2003 setelah Barcelona terpuruk di peringkat ke-12 di La Liga dan hanya unggul tiga poin dari zona degradasi.

 

5 dari 7 halaman

4. Lorenzo Serra Ferrer   

Sebelum menjadi pelatih Barcelona, Lorenzo Serra Ferrer menghabiskan tiga tahun sebagai direktur olahraga. Dia ditunjuk sebagai suksesor Louis van Gaal.

Namun, pelatih asal Spanyol tersebut ternyata gagal mendongkrak prestasi Barcelona. Dia akhirnya harus angkat kaki dari Camp Nou pada April 2001.

Setahun memimpin Barcelona, Serra Ferrer menjalani 45 pertandingan. Tak ada satu pun trofi yang berhasil diraihnya.

 

6 dari 7 halaman

5. Ernesto Valverde

Ernesto Valverde diangkat menjadi pelatih Barcelona pada 29 Mei 2017. Mantan pelatih Athletic Bilbao itu punya prestasi yang bagus di Camp Nou.

Valverde sukses mengantar Barcelona meraih dua titel La Liga, satu trofi Copa del Rey dan satu Piala Super Spanyol. Meski begitu, Valverde juga harus angkat kaki dari klub.

Barcelona memecat Valverde pada pertengahan Januari 2020. Pemecatan itu terjadi usai Blaugrana gagal memenangkan Piala Super Spanyol.

 

7 dari 7 halaman

6. Quique Setien

Quique Setien menerima pinangan Barcelona pada paruh musim 2019/2020. Dia menggantikan posisi Ernesto Valverde yang dipecat.

Sayangnya, Setien tidak memberikan prestasi di Barcelona. Malah, tim Catalan dipermalukan Bayern Munchen dengan skor 2-8 pada ajang Liga Champions.

Setien dipecat pada akhir musim dan digantikan oleh Ronald Koeman. Dia meninggalkan Camp Nou tanpa memberikan trofi satu pun.

Sumber: Berbagai Sumber

Disadur dari: Bola.net (Penulis Aga Deta, published 24/9/2021)

 

 

Video Populer

Foto Populer