Sukses


Liga Spanyol: Produktivitas Gol Terburuk dalam 18 Tahun Terakhir, Biang Kerok Keterpurukan Barcelona

Bola.com, Jakarta - Barcelona jadi sorotan habis-habisan karena masih terpuruk di Liga Spanyol. Blaugrana baru mengemas dua kemenangan dari lima laga pertama, serta tercecer di peringkat ketujuh. 

Masalah Barcelona sangat banyak dan salah satu yang harus menjadi perhatian khusus adalah lini serang. Barca membukukan rekor gol terburuk di awal musim hampir dalam dua dekade terakhir. 

Seperti dikutip dari Marca, Sabtu (25/9/2021), tim besutan Ronald Koeman hanya mencetak delapan gol dalam lima lima pertandingan pertama di La Liga, yang merupakan rekor terendah klub sejak 2003. 

Anehnya, itu adalah musim pertama Joan Laporta sebagai presiden dan posisi pelatih juga diisi orang Belanda, Frank Rijkaard. Saat itu, Barca hanya berhasil mencetak lima gol dalam lima pertandingan pertama di La Liga.

Pada musim 2003/2004 tersebut, Barcelona berakhir di urutan kedua LaLiga, lima poin di belakang Valencia. Mereka juga tidak beruntung di kompetisi lain, tersingkir oleh Real Zaragoza di Copa del Rey dan Celtic di Piala UEFA.

 

2 dari 4 halaman

Inkonsistensi

Serangan lini depan Rijkaard di pertandingan pembuka musim itu juga tidak stabil, dengan Ronaldinho menjadi satu-satunya pemain reguler, sementara dia memotong dan mengubah pemain lain di sekitarnya, termasuk Ricardo Quaresma, Javier Saviola, Patrick Kluivert dan Sergio Garcia.

Kesamaan dengan saat ini, 18 tahun ke depan, bisa dilihat. Kali ini Memphis Depay bermain konstan, tetapi inkonsistensi pemain di sekelilingnya tidak membantu.

Dengan kepergian Lionel Messi di musim panas, Martin Braithwaite dan Antoine Griezmann menjadi starter pada laga pertama musim ini. Tetapi Braithwaite cedera dan Griezmann kembali ke Atletico Madrid.

Ronald Koeman kemudian beralih ke Yusuf Demir, Philippe Coutinho, Luuk de Jong dan bahkan, di saat-saat putus asa, Ronald Araujo dan Gerard Pique.

 

3 dari 4 halaman

Badai Cedera

Luuk De Jong, No.9 yang sangat diinginkan Koeman, sejauh ini telah gagal dan belum melepaskan tembakan tepat sasaran untuk klub barunya. Coutinho juga terlihat seperti bayangan dirinya sendiri, tetapi dia cedera untuk waktu yang lama dan mungkin perlu waktu untuk bangkit kembali.

Marca Yusuf Demir menjadi starter dalam dua pertandingan terakhir, tetapi jelas mereka tidak menjadi jawaban atas masalah Barcelona. Mereka hanya jadi jeda sampai Koeman dapat memanggil bala bantuan dari ruang perawatan.

Bersama dengan Braithwaite, Sergio Aguero, Ousmane Dembele dan Ansu Fati, semuanya sedang cedera. Jika mereka semua fit dan tajam, ceritanya mungkin berbeda, tetapi sampai saat itu, Barcelona memiliki masalah dalam serangan.

Sumber: Marca 

 

4 dari 4 halaman

Yuk Tengok Posisi Barcelona

Video Populer

Foto Populer