Sukses


Liga Spanyol: 9 Jebolan La Masia yang Masih Perkuat Barcelona, Bukan Pemain Kaleng-Kaleng

Bola.com, Jakarta - Akademi sepak bola Barcelona, La Masia, tak pernah berhenti melahirkan pemain-pemain bintang. Pada musim ini, terdapat sembilan pemain lulusan La Masia yang memperkuat Blaugrana.

Beberapa talenta-talenta terbaik di dunia yang pernah menimba ilmu di La Masia antara lain Carles Puyol, Victor Valdes, Xavi Hernandez, Andres Iniesta, Cesc Fabregas, hingga Lionel Messi.

Mereka adalah pemain yang mampu bersinar bersama skuad utama Barcelona. Sederet pemain bintang lulusan La Masia juga sudah memenangkan banyak gelar selama bermain bersama Blaugrana.

Saat ini ada beberapa pemain jebolan akademi La Masia yang bermain di tim utama Barcelona. Siapa saja? Berikut ini adalah ulasannya.

 

2 dari 11 halaman

Eric Garcia

Eric Garcia menimba ilmu di akademi Barcelona sebelum pindah ke Manchester City pada 2017. Namun, bek berusia 20 tahun tersebut tidak banyak mendapat kesempatan bermain di Etihad Stadium.

Setelah tiga musim di Inggris, Garcia memutuskan kembali ke Spanyol pada musim panas ini. Dia bergabung dengan Barcelona setelah kontraknya di Man City berakhir.

3 dari 11 halaman

Riqui Puig

Riqui Puig bergabung dengan akademi Barcelona pada 2013. Setelah bermain bermain di kategori kelompok umur, Puig akhirnya menembus tim utama Barca pada 2020.

Puig memang belum jadi pilihan utama di lini tengah Barcelona. Namun, pemain berusia 22 tahun tersebut sudah mencatatkan 42 penampilan di semua kompetisi.

4 dari 11 halaman

Oscar Mingueza

Oscar Mingueza menembus tim utama Barcelona pada musim lalu. Dia bergabung dengan La Masia pada 2007 silam.

Pemain berusia 22 tahun tersebut sekarang mampu tampil reguler di lini belakang Barcelona. Dia sudah mencatatkan 44 penampilan di semua kompetisi.

5 dari 11 halaman

Inaki Pena

Inaki Pena saat ini berstatus sebagai kiper ketiga Barcelona. Pemain berusia 22 tahun tersebut dipromosikan ke tim utama Barca pada 2018.

Pena sampai sejauh ini masih belum pernah tampil membela Barcelona. Namun, dia diproyeksikan menjadi kiper masa depan tim utama El Barca.

 

6 dari 11 halaman

Ansu Fati

Ansu Fati tampil sangat impresif setelah menembus tim utama Barcelona pada 2019. Da punya kemampuan mencetak gol dan dribel yang lumayan bagus.

Hingga saat ini, Fati telah membuat 44 penampilan untuk Barcelona, dengan torehan 14 gol dan lima assist dalam prosesnya. Fati sekarang dianggap sebagai suksesor Lionel Messi di Camp Nou.

 

7 dari 11 halaman

Jordi Alba

Jordi Alba pernah menjadi bagian dari tim akademi Barcelona. Namun, Alba dilepas pihak Barcelona ke Cornella pada 2005 karena terlalu kecil.

Setelah namanya meroket bersama Valencia, Alba kembali ke Barcelona pada tahun 2012. Bek asal Spanyol tersebut sekarang menjadi andalan Barcelona di posisi bek kiri, dan turut mempersembahkan 15 trofi juara.

 

8 dari 11 halaman

Sergi Roberto

Sergi Roberto tiba di La Masia pada usia 14 tahun. Pemain asal Spanyol tersebut membuat debut bersama tim utama Barcelona di usia 18 tahun pada 2010.

Roberto sampai sejauh ini sudah mencatatkan 310 penampilan di semua kompetisi. Dia sudah mengoleksi 12 gol dan 37 assist dari penampilannya tersebut, plus merengkuh 19 titel juara.

 

9 dari 11 halaman

Sergio Busquets

Sergio Busquets dibesarkan oleh tim Junior Barcelona. Dia berhasil menembus tim utama pada 2008 di era kepemimpinan Pep Guardiola.

Kini, setelah bertahun-tahun, Busquets masih sulit digeser dari posisinya sebagai gelandang bertahan. Kapten Barcelona itu sudah mencatatkan 636 penampilan dan mempersembahkan 30 gelar juara untuk klubnya.

 

10 dari 11 halaman

Gerard Pique

Gerard Pique mengawali karier di akademi sepak bola Barcelona. Namun, dia menandatangani kontrak profesional pertama sebagai pemain sepak bola bersama Manchester United pada 2004.

Pemain yang berposisi sebagai bek tengah tersebut akhirnya kembali ke Barcelona pada 2008. Pique sampai sejauh ini sudah memainkan 572 pertandingan bersama Blaugrana, serta meraih 30 gelar juara.

Sumber: Berbagai Sumber

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta/Published: 29/09/2021)

11 dari 11 halaman

Yuk Tengok Posisi Barcelona di Bawah Ini:

Video Populer

Foto Populer