Sukses


6 Nama Ini Jadi Kandidat Pengganti Ronald Koeman Jika Dipecat Barcelona: Ada yang Berstatus Legenda Tim

Bola.com, Jakarta - Barcelona baru saja menelan kekalahan 0-3 dari Benfica di Liga Champions. Kekalahan tersebut membuat posisi Ronald Koeman semakin berada di ujung tanduk.

Kekalahan dini hari tadi merupakan yang kedua dialami Barcelona di Liga Champions musim ini. Sebelumnya mereka juga takluk 0-3 dari Bayern Munchen.

Kini Barcelona menghuni posisi juru kunci Grup E tanpa mengoleksi poin. Gerard Pique dan kolega sekarang sudah tertinggal enam angka dari pemimpin klasemen Bayern Muenchen.

Hasil buruk itu membuat masa depan Koeman di Camp Nou semakin terancam. Rumornya pelatih asal Belanda tersebut bisa didepak dalam waktu dekat.

Jika Koeman benar-benar dipecat, lantas siapa saja pelatih yang bisa menggantikannya di Barcelona? Berikut ini nama-namnya.

2 dari 8 halaman

1. Xavi

Xavi sudah sangat sering disebut sebagai calon pelatih Barcelona yang baru. Namun, sang legenda terus memutuskan untuk tetap bertahan di Al Sadd.

Setelah membela Barcelona selama bertahun-tahun, Xavi mengakhiri karier bermainnya di Al Sadd. Dia kemudian menekuni karier sebagai pelatih di klub asal Qatar tersebut.

Meski masih tergolong singkat, prestasi sebagai pelatih sudah tidak perlu diragukan lagi. Mantan gelandang timnas Spanyol tersebut berhasil mengantarkan klubnya meraih empat trofi.

3 dari 8 halaman

2. Erik ten Hag

Erik ten Hag mengambil alih kursi kepelatihan di Ajax Amsterdam pada tahun 2017. Sejak saat itu, Ten Hag mampu memberikan prestasi untuk raksasa Belanda tersebut.

Ten Hag berhasil mempersembahkan lima gelar untuk Ajax sampai sejauh ini. Itu termasuk gelar ganda Eredivisie dan KNVB Cup pada musim 2020/2021 lalu.

Pelatih berusia 51 tahun tersebut bakal jadi pilihan yang bagus untuk Barcelona. Namun, Ten Hag saat ini masih punya kontrak di klub sampai tahun 2023.

4 dari 8 halaman

3. Roberto Martinez

Ada banyak nama yang disebut-sebut menjadi calon pengganti Ronald Koeman di Barcelona. Salah satunya adalah Roberto Martinez.

Martinez saat ini merupakan pelatih timnas Belgia. Pelatih asal Spanyol tersebut mengisi posisi tersebut sejak tahun 2016 dan punya prestasi yang bagus bersama De Rode Duivels.

Pria berusia 48 tahun tersebut membawa Eden Hazard dan kolega finis peringkat ketiga pada Piala Dunia 2018. Belgia juga menembus perempat final di Euro 2020.

5 dari 8 halaman

4. Antonio Conte

Reputasi Antonio Conte sebagai pelatih juara sudah tidak diragukan lagi. Hal itu bisa dilihat dari rekam jejaknya di Juventus, Chelsea, dan Inter Milan.

Conte berhasil membantu Inter meraih gelar Serie A pada musim lalu. Akan, tetapi mantan pelatih timnas Italia tersebut memutuskan mundur pada akhir musim.

Sejak saat itu, Conte masih belum menemukan klub baru. Namun, namanya belakangan ini dikaitkan dengan Arsenal, Manchester United dan Barcelona.

6 dari 8 halaman

5. Andrea Pirlo

Nama Andrea Pirlo belakangan ini mencuat sebagai pengganti Ronald Koeman di Barcelona. Pirlo dianggap sebagai alternatif yang cukup murah.

Barcelona bisa menggaet Pirlo secara gratis. Pelatih asal Italia tersebut saat ini tercatat tak menangani tim mana pun.

Pirlo meninggalkan Juventus pada akhir musim lalu. Dia dipecat meski berhasil mempersembahkan trofi Coppa Italia dan Supercoppa Italiana.

7 dari 8 halaman

6. Thierry Henry

Thierry Henry sekarang menjabat sebagai asisten pelatih timnas Belgia. Dia kembali menjadi tangan kanan Roberto Martinez menjelang Euro 2020.

Sebelumnya, Henry pernah menangani AS Monaco dan Montreal Impact. Namun, dia masih belum menemukan banyak kegembiraan dalam karier kepelatihannya.

Henry sendiri juga pernah bermain untuk Barcelona. Dia membela Blaugrana selama tiga tahun dengan memenangkan tujuh gelar di Camp Nou.

Sumber: Berbagai Sumber

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, Published 30/09/2021)

8 dari 8 halaman

Di Mana Posisi Barcelona Saat Ini?

Video Populer

Foto Populer