Sukses


Liga Spanyol: 5 Pemberi Assist Terbanyak untuk Lionel Messi di Barcelona, Luis Suarez Juaranya

Bola.com, Jakarta - Lionel Messi boleh saja sudah pergi meninggalkan Barcelona di akhir musim 2020/2021. Mega bintang asal Argentina itu memutuskan pindah ke raksasa Prancis, Paris Saint-Germain (PSG), dengan status bebas transfer.

Namun Lionel Messi sudah terlanjur dicap legenda hidup dan akan selalu dikenang Barcelona. Selama 17 tahun ia memperkuat klub Catalan tersebut, tentunya diiringi segudang gelar juara.

Tim berjuluk Blaugrana meraih banyak prestasi karena peran luar biasa dari seorang Messi. Di sisi lain, La Pulga juga menorehkan pencapaian individu yang fantastis selama berseragam Barcelona.

Selama berkostum Barcelona, Lionel Messi telah melesakkan 673 gol dan 301 assist. Statistik yang bakal sulit dilewati pemain lain di Barcelona.

Berbicara tentang kiprah Messi memang tidak ada habisnya. Tidak ada salahnya untuk membahas peran pemain lain yang berjasa untuk gol-gol Messi melalui assist.

Berikut ini daftar lima pemain yang memberikan assist terbanyak untuk Lionel Messi saat di Barcelona yang dirangkum Sportskeeda:

2 dari 7 halaman

5. Pedro Rodriguez

Nama Pedro Rodiguez menempati posisi kelima sebagai pemain yang paling sering memberikan assist untuk Messi saat di Barcelona. Pedro tercatat sudah memberikan 25 assist untuk Messi selama bermain bareng di Barcelona.

Pedro juga ikut memberikan banyak gelar untuk Barcelona bersama Messi. Tiga trofi Liga Champion sudah cukup berkesan untuknya bermain dengan Messi.

Sama seerti Messi, Pedro juga merupakan produk dari akademi La Masia dan sudah 270 kali pertandingan bersama Messi. Pedro juga pernah melengkapi trisula maut Barcelona bersama Messi dan David Villa.

3 dari 7 halaman

4. Xavi Hernandez

Xavi Hernandez dikenal sebagai satu di antara gelandang terbaik yang pernah dilahirkan Spanyol. Ia merupakan pemain jenius dan menjadi kunci di balik kesuksesan Barcelona dan Timnas Spanyol.

Dirinya berseragam Barcelona selama 17 tahun sepanjang kariernya. Total Xavi sudah mencatatkan 399 penampilan bersama Lionel Messi.

Dalam durasi tersebut, keduanya memiliki kontribusi gol bersama sebanyak 43, dengan 31 di antaranya merupakan assist dari Xavi. Banyak gelar yang diraih Barcelona juga dihadirkan oleh kiprah Xavi sebagai maestro lini tengah.

4 dari 7 halaman

3. Andres Iniesta

Sama seperti Xavi, Andres Iniesta adalah salah satu pesepak bola terbaik yang pernah bermain bola dengan Lionel Messi. Iniesta merupakan kepingan generasi emas Barcelona bersama Xavi dan Messi.

Iniesta tercatat selama 14 musim bermain bersama Messi di Barcelona. Selama itu pula Iniesta telah memberikan total 37 assist untuk gol-gol yang pernah dicetak Messi.

5 dari 7 halaman

2. Dani Alves

Pria asal Brasil yang mendapat predikat sebagai bek kanan terbaik dunia pada masanya. Dani Alves dikenal tidak hanya kuat dalam bertahan, namun juga garang dalam menyerang.

Sama-sama beroperasi di sektor kanan, membuat Dani Alves sering berkolaborasi dengan Messi. Mantan pemain Sevilla tersebut telah delapan musim bermain dengan Messi di Barcelona.

Selama periode delapan musim, Dani Alves memberikan 42 assist untuk gol yang pernah dicatatkan Lionel Messi.

6 dari 7 halaman

1. Luis Suarez

Sosok Luis Suarez bisa disebut sebagai soulmate Lionel Messi selama di Barcelona untuk urusan mencetak gol. Penyerang Uruguay itu tercatat dalam sejarah sebagai mitra penyerang terbaik untuk Messi

Eks bomber Liverpool ituĀ berhasil memberikan 47 assist dalam rentang enam musim bermain bersama di Camp Nou. Suaerez ikut mengisi trio maut bersama Messi dan juga Neymar Jr. atau dikenal dengan trio MSN.

Selama bermain untuk Barcelona pemain berjuluk El Pistolero mencetak 195 gol dan 113 assist. Membuat Suarez berada di urutan ketiga sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa Barcelona.

Sumber: Sportskeeda

7 dari 7 halaman

Yuk Tengok Posisi Barcelona

Video Populer

Foto Populer