Sukses


Liga Spanyol: Statistik Ronald Koeman yang Tak Istimewa di Barcelona

Bola.com, Barcelona - Ronald Koeman akhirnya harus angkat kaki dari Barcelona pada Kamis (28/10/2021) pagi WIB. Koeman dipecat Barca menyusul rentetan hasil buruk pada musim ini.

"Barcelona telah membebaskan Ronald Koeman dari tugasnya sebagai pelatih tim utama. Presiden klub, Joan Laporta, memberi tahu dia tentang keputusan tersebut setelah kekalahan melawan Rayo Vallecano," bunyi pernyataan resmi Los Cules.

Barcelona tampil mengecewakan pada musim 2021/2022. Dari 13 pertandingan yang sudah dijalani, Barcelona hanya meraih lima kemenangan, tiga hasil imbang, dan menelan lima kekalahan.

Teranyar, Blaugrana menyerah 0-1 dari Rayo Vallecano pada laga pekan ke-11 La Liga di Estadio de Vallecas, Kamis dini hari WIB. Gol tunggal kemenangan Vallecano disarangkan Radamel Falaco pada menit ke-30.

Kekalahan tersebut membuat Barcelona kini berada di peringkat kesembilan klasemen sementara La Liga dengan nilai 15. Mereka tercecer enam poin dari Real Madrid yang menempati posisi teratas.

Selain di liga, Barca juga tampil melempem di Liga Champions musim ini. Barcelona menghuni peringkat ketiga Grup E dengan nilai tiga, hasil dari dua kekalahan dan sekali menang.

Lantas, seperti apa statistik Ronald Koeman sejak duduk di kursi pelatih Barcelona pada Agustus 2020? Berikut ini adalah perinciannya.

 

2 dari 4 halaman

Statistik Ronald Koeman di Barcelona

Catatan Koeman di Barcelona tak terlalu istimewa. Seperti dilansir Transfermarkt, mantan manajer Everton itu hanya membawa Barca meraih 40 kemenangan, 11 hasil imbang, dan menelan 16 kekalahan dari 67 laga.

Los Cules juga mencetak 141 gol dan kebobolan 77 gol dari 67 pertandingan tersebut. Berada di bawah asuhan Ronald Koeman, Barcelona meraih 131 poin, atau rata-rata 1,96 poin per laga.

Selama 14 bulan menangani Barca, Koeman juga hanya mampu mempersembahkan satu trofi juara, yakni gelar Copa del Rey musim lalu.

Meski gagal sebagai pelatih Barcelona, dia tetap dianggap satu di antara legenda skuad Catalan. Membela Barca dari 1986 sampai 1995, Koeman turut mempersembahkan 10 titel juara.

 

3 dari 4 halaman

Calon Pengganti

Setelah Barcelona resmi memecat Ronald Koeman, sejumlah calon pengganti pun muncul ke permukaan. Mulai dari Xavi Hernandez, Erik ten Hag, Roberto Martinez, hingga Joachim Low.

Namun, dari nama-nama tersebut, Xavi berada di posisi terdepan. Selain berstatus legenda Barcelona, pria asal Spanyol tersebut memiliki catatan bagus bersama Al Sadd.

Berkat racikan Xavi Hernandes, Al Sadd mampu meraih tujuh trofi juara, satu di antaranya adalah Qatar Stars League 2020/2021.

Sumber: Transfermarkt

4 dari 4 halaman

Yuk Tengok Posisi Barcelona di Bawah Ini:

Video Populer

Foto Populer