Sukses


5 Alasan Xavi Bakal Sukses di Barcelona: Punya DNA Blaugrana

Bola.com, Jakarta - Barcelona sedang mencari sosok pengganti Ronald Koeman, pasca dipecat akhir pekan lalu. Nama Xavi Hernandez dikabarkan menjadi kandidat terkuat pelatih baru Blaugrana.

Meski saat ini Xavi Hernandez saat ini sedang menjalani tugasnya sebagai pelatih klub Liga Qatar, Al-Sadd. Dia menangani klub tersebut sejak musim 2019.

Selama dua tahun lebih menangani Al-Sadd, Xavi bisa dibilang cukup sukses. Mantan gelandang timnas Spanyol tersebut sudah berhasil meraih tujuh gelar.

Sementara Xavi sepertinya bukan pilihan yang salah untuk Barcelona. Dia sepertinya bisa mendongkrak performa tim setelah kembali ke Camp Nou.

Banyak faktor kuat mengapa Xavi menjadi pelatih yang tepat untuk Barcelona saat ini. Berikut lima alasannya:

2 dari 7 halaman

Kenal dengan Pemain Senior Barcelona

Sebagai pemain, Xavi punya karier yang sangat sukses di Barcelona. Dia akhirnya meninggalkan Barcelona pada tahun 2015.

Beberapa mantan rekan setim Xavi masih bermain dengan seragam Blaugrana hingga sekarang. Sebut saja, Gerard Pique, Jordi Alba, Sergio Busquets, dan Marc-Andre ter Stegen.

Pengalamannya bermain dengan para pemain veteran Barcelona saat ini pasti akan berguna. Mereka bisa membantu kinerja Xavi di Camp Nou.

3 dari 7 halaman

Terlahir Sebagai Pemimpin dan Ahli Taktik

Sejak lulus akadademi La Masia, Xavi menunjukkan minat yang besar untuk memimpin timnya. Dia sering mendikte permainan timnya dan mempunyai operan terindah di lini tengah.

Selain skillnya yang hebat, legenda Barcelona ini juga memiliki jiwa kepemimpinan. Xavi pernah menjadi kapten Barcelona pada 2014 setelah Carles Puyol pensiun.

Dengan pengalaman dan bakatnya, Xavi akan menjadi kandidat yang sempurna untuk membimbing Barcelona kembali ke masa kejayaannya.

4 dari 7 halaman

Bisa Memaksimalkan Talenta Muda Berbakat

Barcelona saat ini punya banyak pemain muda berbakat di skuatnya. Mereka siap menaklukkan dunia di masa depan dengan bimbingan pelatih yang tepat.

Ansu Fati sekarang dipersiapkan untuk menjadi andalan baru Barcelona. Namun, pemain-pemain seperti Gavi, Pedri dan Ronald Araujo juga tampil menjanjikan bersama Barcelona.

Xavi bisa memimpin perkembangan pemain muda Barcelona. Dengan demikian, mereka bisa menjadi tulang punggung Blaugrana di masa mendatang.

5 dari 7 halaman

Rekor bersama Al Sadd Jadi Bekal

Setelah pensiun dari sepak bola pada 2019, Xavi langsung menjadi pelatih Al Sadd. Dia punya rekor yang impresif selama menangani klub asa Qatar tersebut.

Setelah berjalan selama dua musim, Xavi telah memenangkan tujuh gelar bersama Al Sadd. Itu termasuk gelar liga pada musim lalu.

Selain itu, mantan gelandang Barcelona ini meraih 63 kemenangan dalam 95 pertandingan bersama Al Sadd. Xavi punya modal cukup bagus untuk menjadi juru taktik Barcelona.

6 dari 7 halaman

Punya DNA Barcelona

Xavi punya sejarah yang panjang dengan Barcelona. Mantan gelandang timnas Spanyol tersebut menimba ilmu di akademi La Masia dan bermain cukup lama untuk tim utama Blaugrana.

Xavi juga pernah bermain bawah beberapa pelatih terbaik Barcelona, termasuk Josep Guardiola, Louis van Gaal dan Luis Enrique. Alhasil, Xavi sudah tidak asing lagi dengan filosofi Barcelona.

Setelah memiliki presiden baru dan skuat muda yang menarik, Barcelona hanya membutuhkan pelatih yang punya ikatan kuat dengan klub. Xavi merupakan pelatih yang dibutuhkan Barcelona.

Disadur dari Bola.net (Aga Deta, published 1/11/2021)

7 dari 7 halaman

Yuk Intip Posisi Barcelona di La Liga

Video Populer

Foto Populer