Sukses


Liga Spanyol: Stadion Barcelona Akan Berubah Nama Jadi Nou Camp Spotify

Bola.com, Jakarta - Barcelona saat ini sedang menegosiasikan sponsorship yang akan menjadi salah satu paket terbesar dalam sejarah sepak bola. Dalam kesepakatan yang tengah dijalin, perubahan nama stadion menjadi Nou Camp Spotify masuk dalam wacana.

Radio Catalunya mengklaim Spotify sedang dalam pembicaraan untuk menjadi sponsor utama Barcelona. Termasuk di dalamnya adalah kesepakatan mengenai hak penamaan Nou Camp, yang telah menjadi markas klub sejak 1957.

Sponsor kaos Barcelona saat ini adalah Rakuten, perusahaan perdagangan elektronik. Sementara itu, merek peralatan rumah tangga Beko digunakan pada seragam latihan klub.

Kedua kesepakatan akan berakhir dalam enam bulan. Barcelona sangat ingin mendapatkan kesepakatan sponsorship baru yang menguntungkan untuk membantu meringankan masalah keuangan mereka.

Menurut laporan itu, Barcelona siap untuk menjual hak penamaan stadion mereka tetapi kesepakatan yang diusulkan tidak akan berlangsung lama seperti yang diinginkan klub. Spotify dikatakan hanya tertarik untuk menyetujui kesepakatan untuk hak gelar stadion untuk 'jangka waktu yang relatif singkat'.

Barcelona bersedia menerima ini sebagai bagian dari kesepakatan sponsor yang lebih luas, meskipun perjanjian komersial jenis ini biasanya berlangsung antara 15 dan 30 tahun.

 

2 dari 5 halaman

Kerja Sama Menyeluruh

Untuk saat ini, negosiasi dikatakan dipusatkan pada aspek lain dari paket sponsor, seperti sponsor kaos utama dan perlengkapan pelatihan. Seluruh kesepakatan, yang mencakup hak gelar untuk stadion, dilaporkan bernilai antara €60 juta-€65m (£49,9m-£54m).

Barcelona tidak memiliki sponsor kaos utama sampai tahun 2006, ketika mereka menyetujui kemitraan dengan badan amal 'UNICEF'. Mereka kemudian menandatangani perjanjian dengan Qatar Airways sebelum Rakuten menjadi sponsor utama mereka pada tahun 2017.

Meskipun mereka baru-baru ini membukukan utang sebesar £1,2 miliar, Barcelona memiliki rencana untuk sepenuhnya mengubah Nou Camp dan daerah sekitarnya, dalam investasi yang dapat menelan biaya hingga £1,5 miliar.

 

3 dari 5 halaman

Perusahaan Kripto Ikut Menawar

Selain itu, Barcelona juga mendapatkan penawaran dari perusahaan cryptocurrency atau mata uang kripto. Kabarnya, sama seperti Spotify, nilai sponsorship yang diberikan bakal jadi yang terbesar dalam sejarah sepak bola.

Berdasarkan klaim Sport, dua perusahaan mata uang kripto sudah menunggu jawaban dari manajemen klub. VeganNation dan Polkadot adalah dua yang terdepan dan mengirimkan proposal sponsor kepada Barcelona pada angka €80 juta per tahun.

Presiden Barcelona, Joan Laporta, dilaporkan telah mengadakan pembicaraan dengan CEO VeganNation, Isaac Thomas. Jika berhasil, akan ada logo GreenCoin sebagai sponsor di jersey El Barca, termasuk pada seragam latihan.

 

4 dari 5 halaman

Tawaran Lebih Besar

Sementara itu Polkadot dikabarkan telah menawarkan kesepakatan yang lebih besar dari sponsor Rakuten saat ini.

Kesepakatan apa pun akan secara signifikan memperbaiki situasi keuangan Barcelona yang mengerikan. Klub telah menimbun utang hingga £1,2 miliar, mengakibatkan mereka kehilangan beberapa bintang kunci termasuk Lionel Messi.

Meskipun mengungkapkan masalah di luar lapangan, klub Catalan masih siap untuk melanjutkan rencana untuk mengubah Nou Camp, serta daerah sekitarnya, yang dapat menyedot finansial klub hingga €1,5 miliar.

5 dari 5 halaman

Posisi Barcelona Saat Ini

Video Populer

Foto Populer