Sukses


Liga Spanyol: 5 Penjualan Paling Cuan dalam Sejarah Real Madrid, Cerdik Lego Mahal ke MU

Bola.com, Madrid - Real Madrid tidak hanya dikenal sebagai tim yang jor-joran dalam beli pemain. Tim berjuluk Los Blancos itu juga cerdik dalam menjual personel.

Real Madrid bahkan tidak peduli dengan harga pemain yang diinginkan. Karena itu, tidak jarang Los Blancos sampai harus memecahkan rekor transfer dunia untuk mendapatkan pemain.

Rekor pembelian termahal Real Madrid sampai saat ini adalah Eden Hazard. Winger asal Belgia itu ditebus dari Chelsea seharga 115 juta euro pada 2019.

Tak hanya membeli, Real Madrid juga sering menjual pemainnya ke klub lain. Bahkan, kesebelasan dengan sebutan lain Los Merengues ini mampu mendapat keuntungan yang besar dari hasil penjualan pemain.

Berikut Bola.net merangkum lima penjualan pemain yang paling menguntungkan dalam sejarah Real Madrid. Siapa saja?

2 dari 6 halaman

Gonzalo Higuain

Real Madrid merekrut Gonzalo Higuain dari River Plate pada bursa transfer musim dingin 2007. Transfer Higuain ke Santiago Bernabeu menelan biaya 10,8 juta pounds pada saat itu.

Higuain berkembang menjadi striker yang cukup disegani di La Liga. Pemain asal Argentina itu mampu mencetak 107 gol dari 190 penampilan.

Namun, Higuain kemudian memutuskan hengkang ke Napoli pada 2013 dengan biaya transfer 35,1 juta pounds. Los Blancos pun mendapatkan keuntungan sebesar 24,3 juta pounds dari penjualan Higuain tersebut.

3 dari 6 halaman

Mesut Ozil

Mesut Ozil direkrut Real Madrid dari Werder Bremen pada 2010 dengan biaya 16,2 juta pounds. Waktu itu, klub asal Spanyol tersebut masih ditangani Jose Mourinho.

Ozil kemudian melejit bersama Real Madrid. Dia menjadi satu di antara pemain yang paling produktif di klub dan dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Jerman sebanyak tiga kali.

Setelah tiga musim di klub, Ozil memutuskan untuk pergi ke Arsenal pada 2013 dengan biaya sebesar 42,3 juta pounds. Transaksi ini membuat Los Blancos mendapat keuntungan sebesar 26,1 juta pounds.

4 dari 6 halaman

Raphael Varane

Raphael Varane didatangkan Real Madrid dari Lens dengan biaya 9,9 juta pounds pada 2011. Tak butuh waktu lama, Varane menjadi pemain paling penting di lini belakang Los Blancos.

Varane berhasil membantu Real Madrid meraih empat gelar Liga Champions. Duetnya dengan Sergio Ramos menjadi satu di antara alasan utama kesuksesan Los Merengues.

Pada musim panas 2021, Varane memutuskan untuk mencari tantangan baru bersama Manchester United. Ditebus seharga 36 juta pounds, pemain Prancis itu memberikan keuntungan sebesar 26,1 juta pounds kepada Los Blancos.

5 dari 6 halaman

Alvaro Morata

Alvaro Morata merupakan pemain didikan akademi Real Madrid. Setelah bersinar bersama Juventus, Los Blancos lantas memulangkannya ke Spanyol dengan mahar 27 juta pounds.

Pada musim 2016/17, Morata tampil begitu mengesankan. Dia mencetak 20 gol di semua kompetisi dan membantu Real Madrid memenangi La Liga dan Liga Champions.

Chelsea kemudian merekrut Morata dengan biaya yang mencapai 59,4 juta pounds. Real Madrid pun meraup keuntungan hingga mencapai 32,4 juta pounds saat melepas striker asal Spanyol tersebut.

6 dari 6 halaman

Angel di Maria

Angel di Maria bergabung dengan Real Madrid pada 2010 setelah ditebus dari Benfica seharga 29,7 juta pounds. Sang pemain kemudian membantu klub meraih trofi La Liga dan Liga Champions.

Meski kontribusinya cukup bagus, Real Madrid memutuskan untuk menjual Di Maria ke Manchester United. Dia dilepas ke Old Trafford dengan harga 67,5 juta pounds.

Banyak yang kecewa dengan kepergian Di Maria dari Santiago Bernabeu. Namun pemain asal Argentina tersebut ternyata membawa keuntungan finansial buat Los Blancos sebesar 37,8 juta pounds.

Sumber: Sportskeeda

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta published 3 Februari 2022)

Video Populer

Foto Populer