Sukses


Liga Spanyol: Legenda Liverpool Sebut Frenkie de Jong Bakal Jadi Beban di MU atau Man City

Bola.com, Jakarta - Manchester United (MU) dan Man City disarankan untuk tidak merekrut Frenkie de Jong oleh legenda Liverpool, Steve Nicol.

Erik ten Hag akan mengambil alih sebagai manajer permanen baru MU pada akhir musim ini. Ia pernah menangani Frenkie de Jong di Ajax sebelum kepindahannya senilai 65 juta poundsterling ke Barcelona pada 2019.

Manchester City juga telah dikaitkan dengan tanda tangan gelandang tersebut. Tapi Nicol ragu apakah dua klub Manchester itu akan menjadi langkah yang baik untuk De Jong.

Pakar ESPN FC itu juga mengatakan De Jong tidak akan mendapatkan bola sebanyak yang dia inginkan di MU. Jika gabung Man City, Nicol menyebut sang gelandang malah akan memberatkan Pep Guardiola yang suka tipikal pemain spartan.

"Satu-satunya pertanyaan yang saya miliki tentang Frenkie de Jong dan salah satu dari tim itu adalah waktu menguasai bola. Jadi jika dia pergi ke Man United, bagaimana dia akan mendapatkan bola? Karena MU tidak memiliki siapa pun untuk memberinya bola."

"Dan jika dia gabung ke Man City, dia harus mau bekerja lebih keras. Karena Pep tidak akan suka pemain lain menanggung beban. Jadi saya tidak yakin salah satu dari kedua tim ini bagus untuk Frenkie de Jong.

 

2 dari 5 halaman

Tak Seperti Dulu Lagi

Rekan Nicol di ESPN, Craig Burley, juga melihat karier De Jong mandek sejak pindah ke La Liga. Mantan pemain internasional Skotlandia itu mengatakan, "Jika saya mencari pemain di Eropa saat ini, saya tidak akan merekrut Frenkie de Jong."

"Di Ajax dia adalah pemain yang luar biasa, tetapi seperti yang dikatakan Nicol, De Jong mungkin tidak sebagus itu sekarang."

"Apakah itu kepercayaan diri atau Barcelona sendiri yang sedikit kesulitan, atau apakah itu waktu yang buruk baginya untuk pergi ke klub itu."

3 dari 5 halaman

Pendapat Rio Ferdinand

Berbeda dengan Nicol dan Burley, isu Frenkie de Jong bakal merapat ke Manchester United (MU) pada bursa transfer musim panas ini ditanggapi positif oleh legenda The Red Devils, Rio Ferdinand.

"Saya selalu berpikir Frenkie de Jong adalah pemain yang top," ujar Rio Ferdinand dalam akun Youtube miliknya, FIVE.

Rio Ferdinand pun menegaskan bahwa Frenkie de Jong bisa menjadi pemain pertama yang didatangkan MU ketika Erik ten Hag sudah menangani klub yang bermarkas di Old Trafford itu pada musim depan.

"Mereka mengatakan Frenkie de Jong bisa menjadi pemain pertama yang datang di bawah Erik ten Hag dan saya akan katakan: 'Ya itu adalah transfer yang hebat'," ujar mantan bek MU itu.

Saat ini MU sudah punya satu pemain yang pernah bekerja dengan Erik ten Hag di Ajax. Pemain tersebut adalah Donny van de Beek. Hanya saja, pemain berusia 25 tahun itu tengah menjalani masa peminjaman di Everton hingga akhir musim 2021/2022.

 

4 dari 5 halaman

Apa Kelebihan Frenkie de Jong?

Menurut Rio Ferdinand, ada beberapa faktor yang membuat Frenkie de Jong akan cocok dengan MU. Sebagai gelandang, Frenkie de Jong disebut sebagai pemain yang lengkap. Frenkie de Jong adalah pemain yang terampil saat membawa atau tanpa bola.

"Frenkie de Jong tidak besar dalam hal frame, tapi dia cepat dengan bola, dribelnya sangat bagus, bisa keluar dari situasi sulit, membuat keputusan yang baik, pengumpan yang baik, keseimbangan, dan kemampuan menggiring bolanya sangat bagus," ujar Ferdinand.

"United adalah tim yang mencari pemain yang bisa mengontrol bola dan permainan yang membuat tim berfungsi dalam hal keseimbangan, penguasaan bola. Saya pikir dia akan menjadi tambahan yang bagus," tegas mantan pemilik nomor punggung 5 di MU itu.

Sumber: YouTube FIVE, ESPN

5 dari 5 halaman

Posisi Barcelona Saat Ini

Video Populer

Foto Populer