Sukses


5 Bintang Flop yang Diboyong Barcelona Setelah Jual Luis Figo ke Real Madrid, Berujung 4 Musim Paceklik Gelar

Bola.com, Jakarta - Barcelona menjual Luis Figo ke rival berat Real Madrid dengan harga 60 juta euro pada 2000. Kepindahan Figo tersebut bahkan masuk dalam film dokumenter Netflix.

Transfer Figo dari Barcelona ke Real Madrid tersebut menancap kuat dalam memori suporter kedua tim. Tidak hanya mengecam Figo, suporter Blaugrana juga mengkritik keras manajemen Barcelona.

Mereka menganggap  Barcelona hanya mementingkan uang daripada prestasi. Alhasil, selama empat musim, klub yang bermarkas di Camp Nou ini tidak mendapatkan gelar apa pun.

Sebenarnya, setelah menjual Figo, Barcelona juga mendapatangkan sejumlah pemain bintang. Sayangnya, penampilan para bintang tersebut malah anjlok saat berlabuh di Camp Nou.

Berikut para bintang flop yang didatangkan Barcelona setelah melepas Luis Figo. Mereka gagal memberikan trofi meski didatangkan dengan harga mahal.

 

2 dari 6 halaman

1. Marc Overmars

Pemain berpaspor Belanda itu didatangkan Barcelona datangan dari Arsenal pada musim panas 2000 dengan biaya 40 juta euro. Semasa di Arsenal, Overmas elalu mencetak lebih dari 12 gol per musim.

Sayangnya selama empat musim bersama Barca, ia hanya mengoleksi 19 gol. Dia juga mengalami cedera lutut yang terus-menerus mencegahnya kembali ke performa terbaiknya.

 

3 dari 6 halaman

2. Emmanuel Petit

Barcelona juga merekrut gelandang Arsenal Emmanuel Petit. Pemain berpaspor Prancis yang sukses mengatar Les Blues juara Piala Dunia 1998 itu dibanderol 14 juta euro.

Ada yang lucu ketika pelatih Barcelona menanyakan posisi bermain Petit. Padahal selama di Arsenal, Arsene Wenger memplotnya sebagai gelandang bertahan.

Serangkaian cedera juga membuatnya gagal bersinar selama satu musim di Barcelona. Petit akhirnya memutuskan kembali ke London, kali ini bersama Chelsea.

 

4 dari 6 halaman

3. Alfonso Perez

Pemain jebolan Akademi Real Madrid itu malah terbalik dengan Figo karena memutuskan hijrah ke Barcelona pada 2000. Alfonso Perez didatangkan dengan harga 16,5 juta euro dari Real Betis.

Dia mencetak 25 gol bersama Betis dalam La Liga musim 1996/1997. Sayangnya dia hanya mengemas dua gol di Camp Nou hingga akhirnya dipinjamkan ke Marseille.

 

5 dari 6 halaman

4. Gerard Lopez

Pemain jebolan La Masia itu akhirnya kembali ke Barcelona pada 2000 setelah hijrah ke Valencia. Gerard Lopez juga membantu Valencia ke final Liga Champions sebelum kembali ke Barcelona.

Sayangnya meski Barcelona mengeluarkan 24 juta euro, Gerard gagal menembus skuad utama. Setelah lima musim di Camp Nou, Gerard memutuskan pindah ke Prancis bersama AS Monaco.

 

6 dari 6 halaman

5. Richard Dutruel

Pemain terakhir yang menandatangani kontrak setelah Barcelona menjual Figo adalah penjaga gawang Prancis Dutruel. Dia pindah ke Camp Nou selepas Barcelona mengeluarkan 4 juta euro untuk Celta Vigo.

Penjaga gawang utama Celta Vigo ini hanya menjadi kiper pelapis Pepe Reina di Barcelona. Bahkan dia turun menjadi penjaga gawang ketiga di musim keduanya bersama Barcelona hingga akhirnya memutuskan hengkang.

Sumber: Planet Football

Video Populer

Foto Populer