Sukses


5 Pemain Nomor 10 Tergarang di Barcelona, Bertabur Legenda Nih

Bola.com, Jakarta - Pemain bernomor punggung 10 di Barcelona identik dengan status legenda. Sebut saja bintang Argentina Diego Maradona yang pernah mengenakan kostum nomor 10 Barcelona.

Setelah Maradona, jersey nomor 10 Barcelona terus diwariskan ke tangan pemain-pemain istimewa. Mereka memiliki kualitas yang diakui oleh dunia hingga membawa Barcelona meraih banyak prestasi.

Tidak hanya dari pemain rekrutan seperti Diego Maradona, sejumlah pemain potensial dari Akademi La Masia juga mengenakannya. Ada Lionel Messi hingga Ansu Fati yang memakai seragam bernomor keramat di sepak bola ini.

Uniknya, hampir sebagian besar para pemain bernomor punggung 10 Barcelona juga mengenakan nomor yang sama saat memperkuat tim nasional masing-masing. Tetapi ada pemain bernomor punggung 10 yang benar-benar istimewa.

Mereka mampu mengukir rekor dan mempersembahkan gelar bagi Blaugrana. Berikut lima pemain bernomor punggung 10 Barcelona yang paling hebat.

 

2 dari 6 halaman

5. Giovanni

Playmaker Brasil Giovanni Silva de Oliverra pernah mengenakan jersey bernomor punggung 10 Barcelona pada 1996 di era pelatih Bobby Robson. Dia menjadi momok bagi klub Spanyol termasuk Real Madrid.

Namanya makin melambung saat berduet dengan rekan senegaranya, Ronaldo, hingga meraih dua gelar La Liga. Sayangnya ketika era pelatih berganti ke Louis van Gaal, Giovanni memutuskan hengkang ke Olympiacos.

 

3 dari 6 halaman

4. Ansu Fati

Setelah Lionel Messi pergi, Ansu Fati menjadi penerus yang mengenakan jersey nomor punggung 10. Cedera membuatnya hanya bermain dalam 18 laga di semua kompetisi musim lalu.

Tetapi setelah pulih, pemain berusia 19 tahun itu benar-benar mengamuk. Dia mencetak tujuh gol dalam 18 laganya dan musim ini tetap jadi pilihan utama meski Blaugrana bertabur striker hebat.

 

4 dari 6 halaman

3. Rivaldo

Setelah mengenakan seragam nomor 11 selama tiga tahun di Barcelona, Rivaldo kemudian memakai nomor 10 setelah Jari Litmanen hengkang pada 2000. Dia semakin percaya diri dengan nomor barunya ini.

Rivaldo menjalani musim terbaik dengan mencetak 36 gol. Dia menghabiskan satu musim lagi di Camp Nou tetapi dibebaskan dari kontraknya setahun lebih awal saat Van Gaal datang.

 

5 dari 6 halaman

2. Ronaldinho

Ronaldinho menolak tawaran Manchester United dan memutuskan bergabung ke Barcelona dalam kesepakatan 21 juta poundsterling pada 2003. Ronaldinho langsung mengubah nasib Barcelona karena hanya finis di posisi keenam musim sebelumnya.

Dia mempersembahkan gelar La Liga hingga Liga Champions saat mengenakan seragam nomor 10 Barcelona. Pemain yang meraih Ballon d'or pada 2005 ini juga yang menginspirasi Lionel Messi.

 

6 dari 6 halaman

1. Lionel Messi

Lionel Messi mengatakan menjelang Ronaldinho pergi bahwa pemain Brasil itu menitipkan jersey nomor 10 kepadanya. Messi benar-benar memakai nomor 10 pada 2008

"Dia berpikir bahwa dia akan pergi dan dia mengatakan kepada saya untuk memiliki nomornya. Saya mengambilnya tanpa melihat apa yang telah dia lakukan dengan kostum itu. Jika saya melakukannya, saya tidak akan mengambilnya," kata Messi.

Sumbangsih Messi untuk Barcelona? Sangat banyak dan akan selalu dikenang fans meskipun kini Messi sudah pindah ke Barcelona. 

Sumber: Planet Football

Video Populer

Foto Populer