Sukses


Liga Spanyol: Real Madrid Vs Barcelona dan Deretan Rekor El Clasico dalam Angka yang Mungkin Belum Anda Tahu

Bola.com, Jakarta - Real Madrid berjumpa Barcelona pada duel pekan ke-9 La Liga 2022/2023, Minggu (16/10/2022) malam WIB. Laga yang bertajuk El Clasico ini bakal dimainkan di Stadion Bernabeu mulai pukul 21.15 malam WIB.

Di Liga Spanyol, performa Real Madrid dan Barcelona sama bagusnya. Kedua tim sama-sama belum pernah kalah. Jumlah poin yang didapatkan, dari delapan laga, sama persis. Kedua tim sama-sama mendapat 22 poin.

Hanya saja, Barcelona unggul selisih gol dan lebih berhak atas posisi di puncak klasemen. Barcelona punya selisih gol surplus 19. Barcelona baru kebobolan satu gol. Sedangkan, Real Madrid punya selisih gol surplus 12.

Persaingan sengit di El Clasico sudah terjadi untuk periode yang sangat lama. Ada banyak rekor menarik yang pernah terukur di El Clasico. Apa saja?

2 dari 6 halaman

Dari Ballon d'Or

7 – Tujuh pemain berbeda dari Real Madrid yang telah memenangkan Ballon d'Or, lebih banyak dari klub lain di dunia (Cristiano Ronaldo (4), Alfredo Di Stéfano (2), Raymond Kopa, Luís Figo, Ronaldo Nazario, Fabio Cannavaro, dan Luka Modrić).

8 – Jumlah penampilan El Clasico milik Samuel Eto'o, lebih banyak dari pemain Afrika lainnya. Rekor delapan penampilannya untuk FC Barcelona di pertandingan ini unggul dari Seydou Keita (7), Yaya Toure (5), Mahamadou Diarra (4), dan Michael Essien (2).

9 – Jumlah asis yang dicatatkan oleh Lionel Messi di El Clasico di LaLiga Santander, rekor terbanyak di pertandingan ini.

12 – Jumlah total penghargaan Ballon d'Or yang dimenangkan oleh pemain FC Barcelona, ​​​​lebih banyak dari klub lain mana pun di dunia.

3 dari 6 halaman

Termuda dan Tercepat

17 – Di usia 17 tahun (dan 48 hari), Ansu Fati adalah pemain termuda yang tampil dan mencetak gol di El Clasico di abad 21. Dia memecahkan rekor Bojan Krkić pada 2019.

18 – Jumlah gol El Clasico yang dicetak Lionel Messi di LaLiga Santander, terbanyak dalam sejarah pertandingan ini. Catatan tersebut termasuk dua hat-trick (2007, 2014) dan tiga brace (2009, 2012, 2017). Sejak pergantian abad, ia unggul dari Cristiano Ronaldo dan Luis Suárez (keduanya dengan sembilan gol).

21 – Jumlah detik yang ditempuh Karim Benzema pada 2011 untuk mencetak gol tercepat dalam sejarah El Clasico.

4 dari 6 halaman

Rekor-Rekor El Clasico

35 – Jumlah gelar LaLiga Santander yang diraih Real Madrid, lebih banyak dari klub lain.

45 – Jumlah penampilan El Clasico di semua kompetisi oleh Sergio Ramos dan Lionel Messi, merupakan yang terbanyak dalam sejarah. Rekor penampilan El Clasico dalam pertandingan LaLiga Santander dipegang oleh tiga legenda Real Madrid: Sergio Ramos, Raúl González, dan Paco Gento (31).

184 – Total pertemuan Real Madrid dan FC Barcelona di El Clasico di LaLiga Santander: 76 kemenangan untuk Los Blancos, 73 untuk Barça, dan 35 hasil imbang.

672 – Jumlah gol yang dicetak oleh Lionel Messi untuk FC Barcelona, ​​​​terbanyak dalam sejarah klub.

5 dari 6 halaman

Tahun Penting

1899 – Tahun FC Barcelona didirikan oleh pengusaha Swiss Hans Gamper.

1902 – Tahun berdirinya Real Madrid di ibu kota Spanyol.

1947 – Tahun diresmikannya Santiago Bernabéu, kandang Real Madrid yang akan menjadi tuan rumah El Clasico mendatang.

Sumber: BCW Indonesia

Disadur dari: Bola.net (Asad Arifin, published 16/10/2022)

6 dari 6 halaman

Persaingan di Liga Spanyol

Video Populer

Foto Populer