Sukses


Posisi Xavi di Barcelona dalam Bahaya, 5 Pelatih Ini Layak Jadi Penggantinya

Bola.com, Jakarta - Barcelona tengah mengalami periode yang sulit di bawah asuhan Xavi Hernandez. Pelatih asal Spanyol tersebut bisa saja kehilangan pekerjaannya jika gagal memperbaiki keadaan untuk Blaugrana.

Barcelona sudah belanja besar di bursa transfer musim panas kemarin. Namun, performa Blaugrana belakangan ini bisa dibilang tidak terlalu konsisten.

Dari empat pertandingan terakhirnya, Barcelona hanya mampu meraih satu kemenangan. Terbaru, mereka dihajar Real Madrid dengan skor 3-1 dalam ajang El Clasico.

Barcelona saat ini masih berada di posisi kedua dalam ajang La Liga. Namun, nasib mereka di Liga Champions cukup mengkhawatirkan.

Barcelona hanya sekali menang dari empat pertandingan di Liga Champions musim ini. Kondisi itu membuat mereka diambang tersingkir dari kompetisi elite Eropa.

Hasil-hasil buruk di lapangan membuat posisi Xavi sebagai pelatih terancam. Dia berpotensi kehilangan jabatannya jika tak mampu memperbaiki keadaan.

Berikut ini lima pelatih yang bisa menggantikan Xavi di Barcelona.

2 dari 7 halaman

Thomas Tuchel

Thomas Tuchel saat ini masih menganggur setelah dipecat Chelsea pada bulan lalu. Meski dipecat, Tuchel masih dianggap sebagai salah satu pelatih terbaik dalam sepak bola.

Tuchel memenangkan DFB-Pokal di Borussia Dortmund dan membawa PSG mendominasi sepak bola Prancis. Dia juga berhasil mengantarkan Chelsea meraih kesuksesan di Liga Champions.

Tuchel telah kenyang pengalaman bersama klub-klub besar Eropa. Dia akan menjadi pilihan yang bagus untuk Barcelona apabila memutuskan berpisah dengan Xavi.

3 dari 7 halaman

Marcelo Gallardo

Marcelo Gallardo sudah memutuskan untuk meninggalkan River Plate pada bulan Desember. Dia ingin mencoba peruntungannya di benua Eropa.

Gallardo menangani River Plate selama delapan tahun. Dia telah memenangkan 14 gelar bersama raksasa Argentina itu, termasuk dua trofi Copa Libertadores.

Gallardo memang masih kurang pengalaman dengan klub besar asal benua biru. Namun, dia sudah diakui sebagai salah satu pelatih terbaik di planet ini.

4 dari 7 halaman

Roberto Martinez

Roberto Martinez saat ini merupakan pelatih timnas Belgia. Juru taktik asal Spanyol tersebut akan memimpin Kevin de Bruyne dan kolega bertarung di Piala Dunia 2022.

Martinez diperkirakan akan meninggalkan jabatannya itu jika Belgia tidak tampil baik di Qatar. Jadi Barcelona bisa memanfaatkan situasinya itu.

Sebelum menangani Belgia, Martinez pernah melatih sejumlah klub seperti Swansea City, Wigan dan Everton. Martinez akan menjadi kandidat yang layak dipertimbangkan Barcelona.

5 dari 7 halaman

Mikel Arteta

Saat ini, sulit membayangkan Mikel Arteta akan meninggalkan Arsenal. Juru taktik asal Spanyol tersebut telah melakukan pekerjaan yang sangat bagus di Emirates Stadium.

Arteta mampu mendongrak performa Arsenal secara signinfikan. Kini The Gunners tampak seperti akan menjadi penantang gelar Premier League musim ini.

Namun Barcelona memiliki daya tarik yang istimewa. Mantan gelandang PSG tersebut mungkin bersedia kembali ke Camp Nou apabila kesempatannya muncul.

6 dari 7 halaman

Jurgen Klopp

Jurgen Klopp bisa menjadi opsi terbaik bagi Barcelona jika mereka berpisah dengan Xavi. Reputasi pelatih asal Jerman ini sudah tak diragukan lagi.

Klopp berhasil membawa Liverpool meraih banyak gelar selama bekerja di Anfield. Itu termasuk gelar Premier League dan juga Liga Champions.

Saat ini Klopp masih terikat kontrak dengan Liverpool sampai 2026. Namun, dia berpeluang meninggalkan Anfield lebih cepat setelah hasil buruk pada awal musim ini.

Sumber: Express, bola

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, published 20/10/2022)

7 dari 7 halaman

Yuk Intip Posisi Barcelona di Musim Ini

Video Populer

Foto Populer