Sukses


Liga Spanyol: Setelah Xavi, Giliran Andres Iniesta Bakal Pulang ke Barcelona

Bola.com, Jakarta - Setelah Xavi Hernandez kembali ke Barcelona dan menjadi pelatih pada musim lalu, akan ada sosok yang kembali ke Camp Nou dalam waktu dekat. Sahabat Xavi di lini tengah Barcelona, Andres Iniesta, kabarnya segera pulang ke klub yang dibelanya selama 16 tahun itu.

Andres Iniesta sampai saat ini masih aktif menjadi pemain sepak bola di divisi teratas Liga Jepang bersama Vissel Kobe. Padahal, usianya sudah mencapai 38 tahun.

Andres Iniesta belum memperlihatkan tanda-tanda akan pensiun sebagai pemain. Sekalipun pensiun, dirinya memastikan akan tetap berada di dunia sepak bola.

Sebab, dalam satu wawancaranya bersama Jordi Wild di Youtube, Andres Iniesta punya keinginan untuk bisa membela Barcelona lagi. Kali ini membela dalam kapasitas yang lain, bukan sebagai pemain.

2 dari 4 halaman

Keinginan Andres Iniesta

Apabila keinginan kembali ke Barcelona terwujud, Andres Iniesta hanya ingin berada di ranah kepelatihan. Tidak ada keinginan bagi dirinya untuk mengemban peran lain.

Tentunya hal tersebut tidak akan terwujud dalam waktu dekat. Andres Iniesta masih punya kontrak dengan Kobe sampai 2024. Selain itu, Andres Iniesta masih minim pengalaman melatih di level senior.

"Saya ingin kembali ke Barcelona. Saya ingin belajar dan bekerja di ranah kepelatihan atau sebagai direktur olahraga. Saya ingin melatih kemampuan saya di sana dan mari kita lihat ke depannya," ucapnya.

3 dari 4 halaman

Bukan Pulang Sebagai Pemain

Andres Iniesta pun menegaskan tidak akan kembali lagi sebagai seorang pemain. Usianya tidak lagi muda, apalagi saat ini Barcelona sudah diberkahi talenta-talenta muda di dalam skuad.

"Bukan hal itu yang saya inginkan," ucap Iniesta ketika ditanya rencana kembalinya sebagai pemain.

"Tentu saya sangat senang jika bisa diberikan kesempatan tersebut, tapi momennya sudah lewat. Tidak mungkin untuk bersaing lagi dengan para pemain yang ada di sana," lanjutnya.

 

4 dari 4 halaman

Satu Pemain Lain

Pemain lain yang rencananya akan pulang adalah Lionel Messi. Tidak seperti Xavi yang pulang sebagai pelatih ataupun Andres Iniesta yang tidak berminat untuk jadi pemain lagi. Messi tampaknya masih mungkin jadi pemain.

Pemain berusia 35 tahun itu masih aktif bermain dan tidak menunjukkan penurunan signifikan. Messi bahkan masih akan ikut serta di Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Qatar akhir November mendatang.

Keputusan Messi untuk pulang ke Barcelona sendiri tergantung dari keputusannya setelah membela Argentina. Kontraknya di Paris Saint-Germain pada akhir musim 2022/2023, tapi punya opsi perpanjangan kontrak.

Pada saat yang bersamaan, presiden Barcelona Joan Laporta dan presiden PSG Nasser Al-Khelaifi menginginkan Messi untuk terus jadi kekuatan di tim mereka.

Sumber: Youtube

Disadur dari: Bola.net (Abdi Rafi Akmal, published 24/10/2022)

Video Populer

Foto Populer