Sukses


Liga Spanyol: Gerard Pique Pensiun, Barcelona Sudah Punya Pengganti Sepadan?

Bola.com, Jakarta - Gerard Pique membuat keputusan mengejutkan. Jumat (4/11/2022) dini hari WIB, Pique mengumumkan pensiun sebagai pesepak bola profesional.

Pique bahkan tak mau menunggu sampai akhir musim. Pemain berusia 35 tahun itu akan memainkan laga terakhirnya akhir pekan ini ketika Barcelona menjamu Almeria.

Gerard Pique mengumumkan kabar soal keputusan pensiun itu di Instagram. Meski sudah tak lagi menjadi pemain Barca, ia mengaku akan tetap menjadi pendukung tim kebanggaan masyarakat Catalunya itu.

"Saya selalu menjadi pendukung Barcelona. Saya dilahirkan dalam sebuah keluarga yang sangat menyukai sepak bola dari fans Barcelona. Sejak usia sangat muda saya tidak ingin menjadi pemain sepak bola, saya ingin menjadi pemain Barcelona," ujar Pique.

2 dari 5 halaman

Masih Sampai Juni 2023

Barcelona pun mengambil keputusan cepat. Mereka memutus kontrak Pique yang sebenarnya baru akan berakhir pada Juni 2023.

Gerard Pique sebenarnya dikabarkan nyaris pergi dari Barcelona pada musim panas 2022. Namun, hal itu urung terjadi. Pique siap bermain satu musim lagi di Barcelona saat itu, meski kemudian hal itu tak terjadi.

Pique adalah produk akademi pemain muda Barcelona, La Masia. Namun, kariernya di tim utama Barca tak berjalan mulus.

Ia harus berkelana terlebih dahulu ke beberapa tim. Pada tahun 2009, Barcelona membelinya kembali dari Manchester United. Sejak saat itu, Pique terus menjadi bagian dari Barcelona.

3 dari 5 halaman

Inigo Martinez Segera Datang?

Pensiunnya Gerard Pique ini tentu meninggalkan satu posisi kosong di lini belakang Barcelona. Kabarnya, posisi itu sebenarnya sudah siap diisi oleh Inigo Martinez pada musim panas 2022.

Namun, transfer itu tidak terwujud. Menurut laporan dari Mundo Deportivo, Barca masih mengejar bek milik Athletic Bilbao itu.

Mundo Deportivo bahkan mengklaim, Barcelona siap membayar 32 juta euro untuk bisa mendapatkan Inigo Martinez pada musim panas 2023.

Inigo Martinez adalah bek yang cukup berpengalaman di Spanyol. Usia Martinez kini sudah 31 tahun. Ia juga memiliki catatan 19 caps di Timnas senior Spanyol.

4 dari 5 halaman

Krisis di Lini Belakang

Barcelona mengalami krisis di lini belakang pada musim ini. Gerard Pique yang biasa diandalkan sudah mengalami penurunan performa. Begitu juga dengan Jordi Alba di sisi sayap kiri.

Andreas Christensen yang baru didatangkan pada musim panas lalu mengalami cedera parah. Padahal, Christensen sempat diplot bakal menjadi andalan baru Barca.

Eric Garcia pun performanya angin-anginan. Sementara bek andalan di musim lalu, Ronald Araujo harus menjalani operasi.

Dalam beberapa pekan kedepan, Xavi Hernandez tampaknya akan memasang beberapa opsi formasi darurat. Termasuk memasang Marcos Alonso yang seorang bek kiri di posisi bek tengah.

Sumber: Mundo Deportivo

5 dari 5 halaman

Posisi Barcelona di La Liga 2022/2023

Video Populer

Foto Populer