Sukses


Akhir Jejak 5 Bintang Sepak Bola pada 2022: Air Mata Franck Ribery, Gerard Pique Bikin Kaget

Bola.com, Jakarta - Bek Barcelona, Gerard Pique, mengumumkan akan pensiun sebagai pemain sepak bola profesional.

Pique akan memainkan laga terakhirnya bersama Barcelona pada akhir pekan ini. Mereka akan menjamu Almeria di Spotify Camp Nou pada Minggu (6/11/2022) dini hari WIB.

Pique telah menjadi bagian Barcelona untuk waktu yang lama. Dia berhasil meraih banyak gelar baik di pentas domestik maupun Eropa selama berseragam Blaugrana.

Musim ini, Pique sudah tidak banyak bermain. Bek veteran asal Spanyol tersebut hanya tampil sebanyak sembilan kali dengan empat di antaranya sebagai pemain cadangan.

Setelah meraih sederet kesuksesan luar biasa di sepak bola, Pique akhirnya merasa bahwa inilah saatnya bagi dirinya untuk gantung sepatu. Dia pun mengikuti jejak para pemain bintang yang pensiun pada tahun ini.

Berikut ini lima pemain yang pensiun tahun ini sebelum Gerard Pique.

2 dari 6 halaman

Franck Ribery

Franck Ribery mengumumkan pensiun sebagai pemain sepak bola profesional pada bulan Oktober lalu. Salenitana menjadi klub terakhir yang dibelanya.

Dalam kariernya, Ribery pernah dikenal sebagai salah satu pemain sayap terbaik. Karier terbaiknya ketika dirinya bermain untuk Bayern Munchen pada 2007 sampai 2019.

Setelah bermain di Jerman, Ribery sempat memperkuat Fiorentina sebelum pindah ke Salernitana. Kondisi fisik yang terus menurun jadi faktor terbesar yang membuatnya mundur dari lapangan hijau.

3 dari 6 halaman

Gonzalo Higuain

Gonzalo Higuain mengumumkan pensiun dari lapangan hijau pada bulan Oktober lalu. Dia menutup kariernya di klub MLS Inter Miami.

Higuain memulai karier sepak bola bersama River Plate. Striker Argentina tersebut kemudian pindah ke Eropa dengan bermain untuk Real Madrid.

Higuain kemudian pindah ke Italia dengan memperkuat Napoli dan Juventus. Dia juga pernah dipinjamkan ke AC Milan serta Chelsea, sebelum memutuskan pindah ke Inter Miami.

4 dari 6 halaman

Carlos Tevez

Carlos Tevez mengakhiri kiprahnya sebagai pemain sepak bola pada tahun ini. Dia memutuskan pensiun di usia 38 tahun setelah kurang lebih dua dekade berkarier di lapangan hijau.

Tevez pernah malang melintang bersama beberapa klub Eropa seperti West Ham, Manchester United, Manchester City, dan Juventus. Terakhir, Tevez membela Boca Juniors.

Ada banyak gelar yang berhasil diraih Tevez selama mengadu nasib di Eropa. Di antaranya gelar Premier League, Serie A dan juga Liga Champions.

5 dari 6 halaman

John Obi Mikel

John Obi Mikel dikenal sebagai salah satu pesepakbola paling berprestasi asal Afrika. Dia menyatakan pensiun dari sepak bola pada bulan September di usia 35 tahun.

Mikel meraih kesuksesan besar saat bermain untuk Chelsea. Sepanjang satu dekade berkarier di Stamford Bridge, Mikel meraih Liga Champions, Liga Europa dan Premier League.

Mikel juga memperkuat timnas negaranya sebanyak 89 kali. Dia berhasil membawa Nigeria memenangkan Piala Afrika di Afrika Selatan pada 2013.

6 dari 6 halaman

Jack Wilshere

Karier sepak bola Jack Wilshere banyak diganggu cedera. Pada akhirnya, Wilshere memutuskan pensiun pada tahun ini ketika usianya bahkan baru 30 tahun.

Di tangan Arsene Wenger, Wilshere menjadi pemain yang menjanjikan di Arsenal. Dia mencatatkan 197 penampilan dan memenangkan dua trofi FA Cup bersama The Gunners.

Karena performanya menurun akibat cedera, Wilshere sempat dipinjamkan ke beberapa klub seperti Bolton Wanderers, Bournemouth, sampai West Ham. Dia bermain singkat untuk AGF di Liga Denmark sebelum akhirnya gantung sepatu.

Sumber: berbagai sumber

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta)

Video Populer

Foto Populer