Sukses


Sebelum Gerard Pique, 5 Pemain Bintang Ini Juga Purna Tugas di Barcelona

Bola.com, Jakarta - Gerard Pique secara resmi mengumumkan gantung sepatu sebagai pesepak bola. Pique menyudahi kariernya sebagai pemain sepak bola dengan seragam Barcelona.

Eks bek Timnas Spanyol itu memainkan laga terakhirnya bersama Barcelona saat menghadapi Almeria pada pekan ke-13 La Liga di Camp Nou, Minggu (6/11/2022) dini hari WIB.

Dalam duel tersebut, Gerard Pique tampil sejak menit awal. Meski tak mencetak gol, dia turut membantu Barcelona meraih kemenangan 2-1 atas Almeria.

Pique telah menjadi bagian Barcelona untuk waktu yang lama. Dia telah meraih banyak gelar bersama Los Cules, baik itu di pentas domestik maupun Eropa.

Musim ini, Pique sudah tidak banyak bermain. Bek veteran asal Spanyol tersebut hanya tampil sebanyak 10 laga dengan empat di antaranya sebagai pemain cadangan.

Setelah meraih sederet kesuksesan luar biasa di sepak bola, Pique merasa bahwa ini adalah waktu yang tepat baginya untuk gantung sepatu. Dia pun mengikuti jejak para pemain yang bisa pensiun di Barca.

Berikut ini lima pemain terakhir yang memutuskan pensiun di Barcelona sebelum Gerard Pique.

 

2 dari 7 halaman

Sergio Aguero

Setelah menjadi salah satu penyerang terbaik di Premier League, Sergio Aguero pindah ke Barcelona pada 2021. Dia datang ke Camp Nou dengan status bebas transfer.

Sayangnya, Aguero kemudian mendapat serangan jantung ketika membela Barcelona. Hal itu membuat Aguero harus pensiun lebih cepat.

Meski dikontrak dua tahun, Aguero hanya memainkan lima pertandingan bersama Barcelona. Dia mencetak satu gol saat bertanding kontra Real Madrid.

 

3 dari 7 halaman

Jose Manuel Pinto

Jose Manuel Pinto memutuskan untuk pensiun besama Barcelona pada akhir musim 2013/2014. Pinto tercatat menghabiskan enam setengah musim di Camp Nou.

Pinto pertama kali datang ke Barcelona pada Januari 2008 dengan status pinjaman dari Celta Vigo. Namun, kiper asal Spanyol tersebut tidak pernah menjadi pilihan utama di bawah mistar gawang.

Sebagai kiper pelapis, Pinto tentu tak banyak mencatatkan penampilan bersama Barcelona. Dia hanya menorehkan 87 penampilan di semua kompetisi.

 

4 dari 7 halaman

Carles Puyol

Carles Puyol adalah mantan kapten Barcelona. Bek tangguh asal Spanyol tersebut pernah membawa Blaugrana meraih banyak trofi baik di pentas domestik maupun Eropa.

Puyol mencatatkan 593 pertandingan di semua kompetisi bersama Barcelona dengan menyumbang 18 gol. Dia juga berhasil memenangkan enam gelar La Liga dan tiga trofi Liga Champions.

Setelah meraih sederet kesuksesan luar biasa di Barcelona, Puyol pensiun pada akhir musim 2013/2014. Keputusan ini diambil usai menghabiskan 15 tahun kariernya bersama Blaugrana.

 

5 dari 7 halaman

Lilian Thuram

Lilian Thuram adalah salah satu bek tangguh yang pernah dimiliki timnas Prancis. Dia juga menjadi bagian dari skuat Les Bleus yang menjuarai Piala Dunia 1998.

Menjelang masa-masa akhir kariernya, Thuram memutuskan untuk bermain di Barcelona. Dia datang ke Camp Nou pada 2006 usai Juvenetus tersandung kasus Calciopoli.

Namun, karier Thuram bersama Barcelona cuma berlangsung selama dua tahun. Dia memutuskan gantung sepatu setelah mencatatkan 58 penampilan di semua ajang.

 

6 dari 7 halaman

Demetrio Albertini

Demetrio Albertini dikenal sebagai salah astu legenda hidup AC Milan. Namun, dia pernah membela Barcelona pada penghujung kariernya.

Ketika itu, Albertini mendarat di Barcelona pada pertengahan musim 2004/2005. Meskipun cuma jadi ban serep, dia ikut merengkuh gelar La Liga pada musim tersebut.

Selama enam bulan bermain di Barcelona, mantan gelandang timnas Italia ini cuma mencatatkan enam pertandingan. Albertini memilih untuk mengakhiri kariernya sebagai pemain pada akhir musim.

Sumber: Berbagai sumber

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta/Published: 04/11/2022)

7 dari 7 halaman

Simak Posisi Barcelona di Bawah Ini:

Video Populer

Foto Populer