Sukses


Selalu Jadi Anak Kesayangan Pelatih, Bukti Gerard Pique Layak Dicap Legenda Barcelona

Bola.com, Jakarta - Gerard Pique merupakan satu di antara bek terbaik yang pernah dimiliki Barcelona. Sepak terjangnya selalu menarik untuk diikuti, baik di lapangan maupun di luar lapangan.

Pique sudah memainkan pertandingan terakhirnya di Camp Nou bersama Barcelona. Dia membantu timnya menang 2-0 pada Minggu (6/11/2022) dini hari WIB.

Laga itu akan mengakhiri 14 tahun perjalanan Pique bersama Barcelona. Dia pertama kali mendapat kesempatan bergabung dengan tim utama Blaugrana pada tahun 2008 silam.

Selama hampir 1,5 dekade membela Barcelona, Pique telah melalui lebih dari 600 pertandingan. Puluhan trofi juga sudah berhasil didapatkan bersama tim asal Catalan itu.

Dalam sepanjang kariernya, Pique sudah bekerja sama dengan banyak pelatih hebat. Lalu siapa yang paling sering menurunkan Pique ke lapangan?

Berikut ini lima pelatih yang paling sering memainkan Gerard Pique.

2 dari 7 halaman

Xavi

Xavi mengambil alih Barcelona pada November 2021. Selama menangani klub, Xavi tidak banyak memberikan kesempatan bermain kepada Gerard Pique.

Pique sudah memasuki periode akhir kariernya saat Xavi mengambil alih klub. Tidak mengherankan kalau Pique lebih banyak berada di bangku cadangan pada era kepemimpinan Xavi.

Pique memainkan 37 pertandingan di semua kompetisi di bawah aasuhan mantan pelatih Al Sadd tersebut. Dia menyumbang satu gol dari penampilannya tersebut.

3 dari 7 halaman

Gerardo Martino

Gerardo Martino dipercaya menangani Barcelona pada musim 2013-2014. Gerard Pique adalah pemain kunci untuk pelatih asal Argentina tersebut.

Pique memainkan 39 pertandingan di semua kompetisi selama periode itu dengan mencetak empat gol. Dia mengumpulkan 3.393 menit bermain di bawah asuhan Martino.

Martino hanya memenangkan Supercopa de Espana selama melatih Barcelona. Tidak mengherankan kalau dia hanya bertahan semusim di Camp Nou.

4 dari 7 halaman

Ernesto Valverde

Ernesto Valverde termasuk salah satu pelatih yang sukses memberikan gelar kepada Barcelona. Dia memenangkan dua gelar La Liga secara beruntun.

Valverde menangani Barcelona pada Mei 2017 hingga Januari 2020. Selama 2,5 musim bekerja di Camp Nou, Valverde cukup sering memainkan Gerard Pique.

Pique memainkan 124 pertandingan di semua kompetisi di bawah asuhan pelatih Athletic Bilbao saat ini tersebut. Dia mencetak 13 gol dan empat assist dari penampilannya tersebut.

5 dari 7 halaman

Luis Enrique

Salah satu pelatih paling sukses dalam sejarah Barcelona, Luis Enrique memimpin klub selama tiga tahun (2014-2017.) Dia berhasil memenangkan semua gelar yang tersedia.

Kemenangan terakhir Barcelona di Liga Champions terjadi di bawah asuhan Enrique pada tahun 2015. Dia juga berhasil mempersembahkan dua gelar La Liga.

Gerard Pique tampil dalam 131 pertandingan di semua kompetisi selama era kepemimpinan Enrique di Barcelona. Sang bek mengumpulkan 15 gol dan dua assist.

6 dari 7 halaman

Josep Guardiola

Josep Guardiola adalah salah satu pelatih yang sangat berjasa dalam karier Gerard Pique. Dia memberikan debut kepada Pique di Barcelona pada 2008.

Pique kemudian memainkan 183 pertandingan di semua kompetisi bersama Guardiola. Sang bek mencatatkan 13 gol dan tujuh assist dari penampilannya tersebut.

Guardiola termasuk pelatih yang cukup sukses selama menangani Barcelona pada 2008-2012. Dia berhasil mempersembahkan dua gelar Liga Champions dan tiga gelar La Liga.

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, published 7/11/2022)

7 dari 7 halaman

Posisi Barcelona di Liga Spanyol 2022/2023

Video Populer

Foto Populer