Sukses


Rekrutan Barcelona yang Hanya Bertha Semusim (Bagian II): Ada Untung Ruginya

Bola.com, Jakarta - Pada bagian pertama telah dibahas pemain asal Eropa rekrutan Barcelona yang hanya bertahan semusim. Untuk bagian kedua ini, pembahasan untuk pemain non Eropa yang hanya bertahan satu musim di Camp Nou.

Barcelona memang memiliki akademi La Masia yang menghasilkan pemain sepak bola hebat dunia. Sebut saja Cesc Fabregas, Gerard Pique hingga Lionel Messi.

Meski mempunya akademi penghasil pemain hebat, tetapi Barcelona justru sangat buruk di bursa transfer khususnya dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini pula yang membuat Blaugrana terlilit masalah finansial.

Buruknya Barcelona di bursa transfer memang terlihat banyaknya pemain yang dibeli justru tidak terpakai di klub. Bahkan ada beberapa pemain dengan harga mahal yang hanya bertahan semusim dan kemudian mereka jual lagi dengan harga murah.

Pada bagian kedua ini, mari bahas lima rekrutan Barcelona yang berasal dari luar Eropa tetapi hanya bertahan selama semusim di Camp Nou. Langsung simak daftarnya.

2 dari 6 halaman

1. Juan Roman Riquelme

Suporter Barcelona menyambut legenda Argentina asal Boca Juniors, Riquelme pada tahun 2002 yang direkrut dengan harga 10 juta pound. Riquelme merupakan satu di antara playmaker berbakat di generasinya.

Namun, sang pemain hanya menghabiskan satu tahun di Barcelona karena kalah bersaing dengan Ronaldinho. Riquelme akhirnya bergabung dengan Villarreal dan menjadi legenda di sana.

 

3 dari 6 halaman

2. Paulinho

Banyak orang mempertanyakan keputusan Barcelona membayar 36 juta pound kepada klub China, Guangzhou Evergrande demi mendapatkan Paulinho tahun 2017. Padahal gaya permainannya tidak sesuai dengan gaya Blaugrana.

Meskipun dia mencetak sembilan gol La Liga saat Barcelona juara Liga Spanyol di bawah besutan Ernesto Valverde. Paulinho sebenarnya tidak merugikan klub karena usai juara Barcelona meminjamkannya kembali ke Guangzhou Evergrande hingga dipermanenkan dengan nilai yang sama.

 

4 dari 6 halaman

3. Malcom

Barcelona memenangkan perburuan winger muda Bordeaux, Malcom meski harus merogoh kocek 36 juta pound. Bahkan AS Roma yang sudah hampir mendapatkannya sangat marah ketika winger Brasil itu justru terbang ke Camp Nou.

Setelah itu, Srigala Italia ini tampaknya senang karena sang pemain hanya bermain 24 kali di semua kompetisi bagi Barcelona dan hanya mencetak empat gol. Sang pemain akhirnya pindah ke Zenit Saint Petersburg musim berikutnya dengan harga yang sama saat Barcelona membelinya.

 

5 dari 6 halaman

4. Yerry Mina

Ernesto Valverde menginginkan bek tengah sehingga Barcelona mengeluarkan sekitar 12 juta pound pada Januari 2018 untuk merekrut Yerry Mina dari Palmeiras. Namun, Mina hanya bermain enam pertandingan untuk Blaugrana.

Meski bermain amburadul di klub, tetapi Barcelona tetap untung ketika Mina ternyata tampil bagus untuk Kolombia di Piala Dunia 2018 bahkan mencetak gol ke gawang Inggris. Everton akhirnya rela memberikan 30 juta pound untuk mendapatkan bek berusia 23 tahun itu.

 

6 dari 6 halaman

5. Pierre-Emerick Aubameyang

Aubameyang sebenarnya mencetak 13 gol saat pindah ke Barcelona bulan Januari 2022 dari Arsenal. Namun, Barca akhirnya tergiur dengan tawaran besar dari Chelsea awal musim ini.

Barcelona bahkan meraup untung 10,3 juta pound saat menjual Aubameyang ke Chelsea. Sang pemain akhirnya bahkan hanya setengah musim di Camp Nou dan memainkan 24 laga bersama Barcelona di semua kompetisi dan mencetak 13 gol.

 

Sumber: PlanetFootball

Video Populer

Foto Populer