Sukses


10 Pemain Top yang Empaskan Rayuan Barcelona (Bagian I): Beckham dan Ozil Bikin Nyesek

Bola.com, Jakarta - Malang nian nasib Barcelona. Raksasa Spanyol itu hanya bisa jadi penonton pada jendela transfer Januari 2023.

Raksasa Catalan itu terganjal larangan Financial Fair Play (FFP) La Liga karena tim yang bermarkas di Camp Nou itu masih belum pulih secara keuangan.

Oleh karena itulah, sang pelatih, Xavi, kerja keras guna memaksimalkan materi pemain yang ada saat ini.

Berbicara soal perburuan pemain di jendela transfer, Barcelona pernah kecele. Berharap bisa mendapatkan pemain yang diinginkan, yang tergaet justru pemain yang kurang diharapkan.

Tak tanggung-tanggung, sedikitnya ada 10 pemain dan di artikel bagian pertama ini kami turunkan lima di antaranya.

 

2 dari 6 halaman

1. Georginio Wijnaldum

Situasi keuangan Barcelona sangat parah pada musim panas 2021 sehingga tidak dapat mempertahankan Lionel Messi.

Dalam keadaan seperti itu, skuad harus diperkuat. Sergio Aguero bergabung dari Manchester City dan Memphis Depay tiba dari Lyon untuk memperkuat serangan.

Saat bulan-bulan terakhir kesepakatannya dengan Liverpool berlalu, dilaporkan Wijnaldum akan bergabung dengan rekan-rekannya dari Belanda yakni Ronald Koeman dan Depay di Camp Nou.

Tapi Barcelona gagal mendapatkannya. Wijnaldum malah berbelok ke Prancis, bergabung dengan Paris Saint-Germain. "PSG datang menghampiri sebelum Barca," kata Wijnaldum.

 

3 dari 6 halaman

2. Marco Asensio

Sebelum berlabuh ke Real Madrid pada 2014, Barcelona sebenarnya sangat bernafsu mendapatkan penyerang berusia 26 tahun ini.

Hanya saja, Barcelona tak mau mengeluarkan dana sebesar 4,5 juta euro seperti yang diminta Real Mallorca.

El Barca hanya sudi mengeluarkan 2,5 juta euro dengan tambahan 2 juta euro jika Asensio bisa mengeluarkan kemampuan terbaiknya.

Tak ada kesepakatan, Barcelona akhirnya merekrut Arda Turan dari Atletico Madrid pada jendela transfer musim panas berikutnya dengan harga 30 juta euro.

 

 

4 dari 6 halaman

3. David Beckham

Asensio bukan satu-satunya pemain abad ini yang memilih Real Madrid daripada Barcelona.

Beckham sangat dekat untuk pindah ke Catalunya ketika waktunya habis di Old Trafford, dengan The New York Times melaporkan Manchester United telah menyetujui nilai transfer dengan Barça.

Namun, satu-satunya masalah adalah keengganan Beckham untuk menjadi pion politik dalam pemilihan presiden klub Joan Laporta.

"Itu antara Beckham, Ronaldinho atau Thierry Henry. United memberi tahu kami bahwa mereka akan menjualnya kepada kami jika kami memenangkan pemilihan presiden karena kami tidak memiliki kekuatan saat itu," kata Laporta di kemudian hari.

Gianluigi Buffon

Buffon adalah penjaga gawang yang paling diminati di dunia. Pada 2021, legenda Juventus itu ingin mencari klub baru.

Nun jauh di Spanyol, Barcelona ingin mencari kiper baru yang sarat pengalaman. Buffon masuk radar.

Akan tetapi, kiper gaek itu memilih tetap di Italia dan melanjutkan kariernya bersama Parma. Keputusan tersebut tak lepas dari saran sang ayah agar Buffon tak pergi ke Camp Nou.

 

5 dari 6 halaman

4. Juan Mata

Ada pembicaraan bahwa pemain Spanyol ini lebih memilih pindah ke Camp Nou pada 2011, karena akan bergabung dengan mantan rekan setimnya di Valencia, David Villa.

Tetapi, sejarah kemudian mencatat, Mata malah berlabih di kandang Chelsea dan bertahan di sana hingga 2014.

Pep Guardiola yang saat itu menukangi Barcelona akhirnya merekrut Alexis Sanchez dari Udinese.

 

6 dari 6 halaman

5. Mesut Ozil

Setelah tampil ciamik di Piala Dunia 2010, pemain Jerman itu diminati banyak klub, termasuk Barcelona.

Tapi gelandang Arsenal itu kemudian memilih Real Madrid dengan alasan yang masuk akal.

“Karena perilaku Guardiola, saya tidak ingin pergi ke Barcelona. Terutama karena Jose Mourinho banyak bertarung di waktu yang bersamaan,” tulis Ozil dalam otobiografinya.

Barcelona beralih ke target cadangan mereka, Ibrahim Afellay, yang bermain hanya 35 kali untuk klub sebelum hengkang lima tahun kemudian.

Sumber: Planetfootball

Video Populer

Foto Populer