Sukses


Liga Spanyol: 10 Pelatih dalam 9 Tahun, Apa yang Terjadi dengan Valencia?

Bola.com, Valencia - Valencia adalah salah satu tim tradisional di Spanyol. Tim berjulukan Los Che ini memiliki sejarah panjang di sepak bola Spanyol, bahkan Eropa.

Valencia memilii enam gelar La Liga. Mereka juga pernah sekali menjadi juara Liga Europa. Selain itu, Los Che juga pernah dua kali lolos ke final Liga Champions.

Dalam waktu yang lama, Valencia adalah pesaing utama Barcelona dan Real Madrid di La Liga. Namun, belakangan, prestasi mereka menurun drastis.

Jangankan bersaing di papan atas, belakagan ini Valencia lebih sibuk berkutat di papan bawah. Mereka juga baru saja melakukan pemecatan terhadap Gennaro Gattuso dari posisi pelatih kepala.

Gattuso dipecat setelah enam bulan menukangi klub tersebut. Menariknya, Gattuso adalah pelatih ke-10 Valencia di era kepemimpinan pengusaha asal Singapura, Peter Lim.

2 dari 5 halaman

Manajemen Buruk

Faktanya, selama dipegang Peter Lim, Valencia memang kerap menuai hasil buruk. Tak heran, posisi pelatih mereka seperti kursai yang sangat panas.

Menurut Daily Mail, pekerjaan pelatih di Valencia memang sangat berat. Sebab, tim tersebut dikelola dengan cukup buruk oleh Lim dkk.

Valencia terus saja menjual para pemain kunci dalam 10 tahun terakhir. Sementara pemain yang masuk bisa dikatakan biasa saja.

3 dari 5 halaman

Nuevo Mestalla yang Mangkrak

Valencia sebenarnya memiliki rencana besar. Mereka sudah membangun stadion baru yang diberi nama Nuevo Mestalla sejak 2007.

Bahkan, proses pemindahan dari kandang lama ke kandang baru sudah direncanakan sejak musim 2009/2010. Namun, sampai sekarang rencana itu masih belum terwujud.

Stadion baru yang dibangun Valencia mangkrak. Stadion itu pun masih belum bisa diselesaikan sampai sekarang.

Valencia juga diketahui terhimpit hutang yang besar. Hal itu yang membuat stadion mereka tak kunjung selesai dibangun.

Kondisi itu pula yang membuat Valencia terus saja menjual para pemain bintang ke klub lain. Sebut saja David Villa, David Silva, Juan Mata, Ezequiel Garay, Ferran Torres, Dani Parejo, dan banyak lagi nama yang lain.

4 dari 5 halaman

Kepongahan Keluarga Peter Lim

Fans Valencia sudah jengah dengan perlikaku keluarga Peter Lim yang saat ini menjadi pemiliik klub mereka. Beberapa kali keluarga Lim juga menunjukkan kepongahan.

Sang putri, Kim Lim misalnya. Ia pernah terang-terangan menyatakan bahwa keluarganya bisa melakukan apa saja dengan Valencia.

"Lagi-lagi, beberapa fans Valencia memarahi dan memaki keluarga saya. Apa mereka tidak paham? Klub ini milik kami dan kami bisa melakukan apa saja yang kami mau, dan semua orang tidak berhak berkata apapun," kata Kim dilansir dari Mirror.

Sumber: Daily Mail, Mirror

5 dari 5 halaman

Posisi Valencia di La Liga 2022/2023

Video Populer

Foto Populer