Sukses


Franck Kessie dan 5 Pemain Afrika Terakhir yang Direkrut Barcelona

Bola.com, Jakarta - Barcelona merupakan satu di antara klub elite dengan segudang prestasi di Spanyol, Eropa, hingga dunia. Pencapaian gemilang Barca tersebut tak lepas dari kehadiran pemain-pemain berkualitas.

Hampir setiap musim, Barcelona selalu merekrut pemain baru. Pemain yang didatangkan Blaugrana berasal dari berbagai negara termasuk Afrika.

Ada beberapa nama terkenal asal Benua Afrika yang pernah menjadi bagian dari Barcelona. Sebut saja Yaya Toure dan Samuel Eto'o.

Selama satu dekade terakhir, Barcelona masih menggunakan jasa pemain Afrika. Siapa saja mereka itu? Berikut ini lima pemain Afrika terakhir yang didatangkan El Barca.

 

2 dari 7 halaman

Franck Kessie

Franck Kessie baru bergabung dengan Barcelona. Pemain asal Pantai Gading itu diboyong dari AC Milan dengan status bebas transfer pada bursa transfer musim panas 2022.

Bersama Barcelona, pria berkewarganegaraan Pantai Gading itu masih kesulitan tampil secara reguler. Dia harus bersaing ketat dengan sejumlah gelandang macam Gavi, Pedri dan Frenkie De Jong di lini tengah.

Kessie dikontrak Barcelona sampai tahun 2026 mendatang. Mantan pemain Atalanta itu baru bermain sebanyak 28 kali di berbagai ajang dengan kebanyakan turun dari bangku cadangan.

 

3 dari 7 halaman

Pierre-Emerick Aubameyang

Setelah sepakat memutus kontraknya dengan Arsenal, Pierre-Emerick Aubameyang merapat ke Barcelona. Dia pindah ke Camp Nou secara gratis pada bursa transfer musim dingin 2022.

Aubameyang tampil cukup produktif saat mengisi lini depan Barcelona. Pemain berkebangsaan Gabon itu mampu mencetak 13 gol dari 24 penampilan.

Namun, kebersamaan Aubameyang dengan Barcelona hanya berlangsung selama enam bulan. Dia memutuskan kembali ke Premier League pada musim panas 2022 dengan bergabung ke Chelsea.

 

4 dari 7 halaman

Kevin-Prince Boateng

Barcelona membuat kejutan pada musim dingin 2019. Raksasa Spanyol tersebut meminjam Kevin-Prince Boateng dari Sassuolo untuk memperkuat lini serangnya.

Boateng tercatat hanya memperkuat Barcelona selama enam bulan. Dia hanya mendapat kesempatan bermain sebanyak empat kali saja dan tidak mencetak gol.

Kerja sama Boateng dengan Barcelona tidak berlanjut setelah masa peminjamannya berakhir pada musim panas 2019. Sang pemain akhirnya kembali ke Sassuolo.

 

5 dari 7 halaman

Alex Song

Alex Song menunjukkan performa yang cukup mengesankan di Arsenal. Barcelona kemudian berhasil mendapatkan tanda tangan sang pemain pada musim panas 2012.

Setelah datang ke Camp Nou, Alex Song kalah bersaing dengan gelandang Barcelona lainnya. Dia hanya tampil sebanyak 65 kali untuk raksasa Spanyol tersebut.

Alex Song sempat dipinjamkan ke klub lain, seperti West Ham. Pada akhirnya, gelandang asal Kamerun itu dilepas permanen ke Rubin Kazan pada 2016 lalu.

 

6 dari 7 halaman

Seydou Keita

Pada tahun 2008, Barcelona merekrut Seydou Keita dari sesama klub La Liga Sevilla. Keita pun menjadi pemain asal Mali pertama yang membela klub asal Catalan tersebut.

Barcelona mendatangkan Keita senilai 14 juta euro untuk memperkuat lini tengahnya. Selama empat musim di Camp Nou, dia menjadi salah satu pemain andalan Josep Guardiola.

Keita mencatatkan 189 pertandingan dengan koleksi 22 gol di Barcelona. Selain itu, dia juga mempersembahkan trofi 14 gelar untuk Barcelona diantaranya yaitu, tiga gelar La Liga.

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta/Published: 28/02/2023)

7 dari 7 halaman

Simak Posisi Barcelona di Bawah Ini:

Video Populer

Foto Populer