Sukses


Semifinal Copa del Rey: Xavi Enggak Puas Barcelona Tumbangkan Real Madrid di Leg Pertama, Kenapa Ya?

Bola.com, Jakarta - Barcelona berhasil menang kala bertamu ke markas Real Madrid dalam leg pertama semifinal Copa del Rey 2022/2023, Jumat (3/3/2023) dini hari WIB. Tim berjulukan Blaugrana menang tipis 1-0 atas Real Madrid di Stadion Santiago Bernabeu.

Barcelona harus berterima kasih kepada bek Real Madrid, Eder Militao. Pemain asal Brasil itu melakukan gol bunuh diri yang membuat Barcelona menang tipis 1-0 atas Real Madrid pada pertandingan ini.

Hasil ini jelas menjadi keuntungan buat Barcelona. Sebab mereka hanya butuh hasil imbang saja pada leg kedua di Camp Nou pada 6 April 2023.

Meskipun menang, Xavi Hernandez mengakuĀ tidakĀ puas dengan permainan timnya. Penyebabnya karena Barcelona mendapatkan tekanan sepanjang jalannya laga dari Real Madrid.

2 dari 5 halaman

Tidak Memuaskan

Barcelona hanya mencatatkan 35 persen penguasaan bola dan 380 operan dengan persentase kesuksesan sebesar 81,3 persen. Barcelona juga sangat minim peluang dengan menciptakan dua tembakan ke arah gawang dari total empat percobaan.

Statistik mengerikan itu yang membuat Xavi merasa tidak puas dengan laga El Clasico dini hari tadi. ā€œSaya tidak puas, Ini bukan persentase yang kami cari," terang Xavi dalam konferensi pers setelah laga dikutip dari Fotmob.

3 dari 5 halaman

Kalah Dominan

Kekesalan Xavi Hernandez dipengaruhi oleh satu faktor yakni Barcelona tidak mampu mendominasi jalannya laga. Meskipun menang, bagi Xavi sangat haram untuk memberikan dominasi jalannya laga bagi tim lawan.

Bukan tanpa alasan, tentu saja hal tersebut sangat bertolak belakang dengan filosofi bermain Barcelona. Xavi yang kecewa menegaskan bahwa para pemain harus lebih meningkatkan lagi permainan mereka terutama dalam hal penguasaan bola.

ā€œOrang-orang mendukung. Saya puas, tapi kami harus meningkatkan permainan kami dengan bola. Kami tidak bisa membiarkan lawan mendominasi,ā€ tutur dia.

"Saya puas dengan hasilnya tetapi tidak begitu banyak untuk sisi permainan dalam pertandingan tadi," tambah Xavi.

4 dari 5 halaman

Puji Lini Belakang

Meskipun kecewa dengan statistik jalannya laga, Xavi masih bersyukur dengan hasil yang didapatkan Barcelona. Walaupun tampil buruk dalam penguasaan bola, Xavi menilai Barcelona sangat cemerlang di lini pertahanan.

Barcelona tampil solid di lini pertahanan dengan tidak membiarkan Real Madrid melepaskan satupun tembakan ke arah gawang. Xavi juga memuji permainan timnya yang mampu membuat Real Madrid tidak berkutik di sepertiga akhir lapangan.

"Hasilnya sangat positif. Saya senang dengan kerja keras, pertahanan yang solid, kami membuat Real Madrid sibuk di lapangan mereka. Tapi secara umum pertandingan berlangsung sulit,ā€ tegas Xavi.

Ā 

Sumber: Fotmob dan Sofascore

Disadur dari: Bola.net (Ahmad Daerobby, published 3/3/2023)

5 dari 5 halaman

Intip Peta Persaingan di La Liga Musim Ini

Video Populer

Foto Populer