Sukses


Liga Spanyol: Duet Bareng Lewandowski? Begini 3 Prakiraan Lini Depan Barcelona Jika Lionel Messi Kembali

Bola.com, Jakarta - Peluang Lionel Messi meninggalkan PSG dan kembali secara sensasional ke Barcelona musim panas ini semakin besar. Ia berkesempatan untuk berduet dengan Robert Lewandowski.

Barcelona sebetulnya tidak ingin kehilangan dia di musim panas 2021 dan Lionel Messi pun tidak ingin pergi. Masalah keuangan lantas memaksa keduanya untuk berpisah.

Petualangan Lionel Messi di PSG awalnya tampak baik-baik saja. Namun, belakangan ini hubungannya dengan kelompok suporter sedikit renggang setelah kegagalan di Liga Champions.

Kebetulan, kontraknya dengan juara Ligue 1 itu akan berakhir pada akhir musim ini, dan tampaknya tidak mungkin dia akan memilih untuk bertahan di sana setelah itu.

Kali ini, dinukil dari 90min, berikut komposisi lini depan Barcelona dengan adanya Lionel Messi dan Robert Lewandowski.

2 dari 5 halaman

Penyerang Sayap Kanan

Sebagai seorang inverted winger, posisi sayap kanan sudah jadi habitat aslinya. Kegemaran Lionel Messi untuk melakukan cut inside dan melepaskan tendangan dengan kaki kiri adalah senjata utamanya.

Namun, sejak mengambil alih, Xavi umumnya selalu memiliki setidaknya satu pemain sayap di starting XI-nya yang bisa tetap bermain melebar. Jika bermain di sayap kanan, kemungkinan besar Gavi bakal kehilangan tempat utama.

Xavi sebenarnya bisa mengakomodasi Gavi dengan menempatkannya di posisi sayap kiri. Ansu Fati dan Ousmane Dembele sudah pasti tak akan serta merta membiarkan posisi tersebut direbut Gavi.

  1. Messi (RW) - Lewandowski (ST) - Gavi (LW)
  2. Messi (RW) - Lewandowski (ST) - Dembele (LW)

*RW: sayap kanan, ST: Striker, LW: sayap kiri

3 dari 5 halaman

Playmaker Bernomor Punggung 10

Xavi identik dengan pakem 4-3-3-nya, dengan satu pemain sebagai holding midfielder atau jangkar, tetapi menyesuaikan diri dengan pemain terhebat sepanjang masa adalah alasan yang bagus.

Dengan formasi 4-2-3-1, Lionel Messi bisa menempati peran sebagai playmaker di belakang striker. Keuntungan lainnya, Barcelona bakal memiliki empat pemain bertipikal menyerang di lini depan.

Opsi 1: Dembele (RW) - Messi (CAM) - Gavi (LW)

Lewandowski (ST)

Opsi 2: Raphinha (RW) - Messi (CAM) - Gavi (LW)

Lewandowski (ST)

4 dari 5 halaman

Duet dengan Lewandowski

Meski sudah mantap dengan formasi 4-3-3, Xavi kadang-kadang menggunakan tiga bek selama musim pertamanya sebagai manajer Barcelona dan dapat melakukannya lagi jika dia ingin menciptakan salah satu duet penyerang paling menakutkan di dunia.

Di atas kertas, Messi dan Robert Lewandowski sangat cocok satu sama lain. Pemain Argentina itu akan berperan sebagai false nine mencari bola sementara pemain Polandia itu akan berlari di belakang dan masuk ke dalam kotak, dan itu bisa sangat mematikan.

Trio lini tengah Pedri, Gavi dan De Jong bisa bekerja dalam pola seperti itu juga, dengan kehadiran tiga bek tengah dalam formasi 3-5-2 atau 5-3-2.

Pedri (CM) - De Jong (DM) - Gavi (CM)

Messi (ST) - Lewandowski (ST)

 

Sumber: 90min

5 dari 5 halaman

Posisi Barcelona saat Ini

Video Populer

Foto Populer