Sukses


Liga Spanyol: Barcelona Unggul 13 Poin dari Real Madrid, Derbi Barceloni Jadi Momen Juara?

Bola.com, Jakarta - Meski hanya bermain imbang tanpa gol dengan Girona pada jornada 28 La Liga Spanyol, Selasa (11/4/2023) dini hari WIB, Barcelona memiliki keunggulan besar atas Real Madrid di puncak klasemen. Kapan kira-kira Blaugrana bisa memastikan gelar juara menjadi milik mereka?

Setelah Real Madrid kalah 2-3 dari Villarreal di Santiago Bernabeu, Barcelona sebenarnya punya potensi untuk menjauh dan membuat selisih poin menjadi 15. Namun, Blaugrana tak mampu mencetak gol ke gawang Girona sehingga keunggulan kini hnya 13 poin.

Jarak 13 poin di antara Barcelona dan Real Madrid adalah sesuatu yang penting. Dengan 72 poin dari 28 laga, Barcelona tak perlu menunggu hingga akhir musim untuk menjadi juara, asalkan tidak terpeleset lagi dalam beberapa laga ke depan.

Dengan keunggulan yang begitu besar, Barcelona perlu memastikan bisa selalu menang hingga jornada La Liga Spanyol. Jika lancar, Blaugrana bisa menjadi juara pada saat itu.

2 dari 5 halaman

Derbi Barceloni Bisa Jadi Penentu

Bicara perhitungan matematika, Real Madrid masih punya peluang menjadi juar La Liga. Hnya saja kekalahan dari Villarreal pada pekan ke-28 membuat peluang Los Blancos menjadi sangat tipis.

Bahkan jikalau Real Madrid mampu terus meraih kemenangan, Barcelona tetap bisa menjadi juara lebih cepat sebelum musim beakhir asal bisa terus menang hingga jornada ke-34.

Barcelona harus kalah minimal 5 dari 10 laga tersisa agar Real Madrid memiliki peluang melewati torehan Blaugrana dan menjadi juara.

Namun, jika Barcelona terus menang, tim asuhan Xavi itu bisa merayakan gelar juara La Liga Spanyol pada jornada 34, ketika mereka bertandang ke markas Espanyol.

Laga bertajuk Derbi Barceloni ini bisa menjadi momen bagi Sergio Busquets dan kolega untuk bisa memastikan gelar juara.

Hitung-hitungannya begini. Anggap saja Barcelona dan Real Madrid selalu menang pada laga pekan ke-29 hingga 34. Jadi, jarak poin tetap 13. Nah, dengan empat laga tersisa, Madrid tidak bisa mengejar selisih 13 poin dengan Barcelona.

3 dari 5 halaman

Barcelona Sangat Fokus

Performa Barcelona tengah menurun. Klub asal Catalan tersebut gagal menang, bahkan gagal membuat gol, pada dua laga terakhir. Mereka kalah 0-4 dari Real Madrid dan imbang 0-0 ketika berjumpa Girona.

Namun, Barcelona dalam posisi diunggulkan dalam perebutan gelar juara La Liga. Pasalnya, Barcelona sepenuhnya fokus di La Liga.

Barcelona tidak punya agenda selain La Liga. Barcelona sudah tersingkir dari kompetisi Eropa maupun Copa del Rey. Nah, faktor ini bisa membuat Barcelona sangat fokus untuk memenangkan gelar La Liga secepat mungkin.

4 dari 5 halaman

Jadwal Tersisa Barcelona

Skenario ideal Barcelona adalah merayakan gelar juara pada pekan ke-34, saat memainkan laga derbi melawan Espanyol. Namun, ada beberapa laga yang mungkin bisa menyandung ambisi Barcelona untuk merayakan gelar juara lebih cepat.

Pada jornada 31 La Liga, Barcelona akan berjumpa Atletico Madrid. Selanjutnya, masih ada Real Betis yang mungkin bisa menyulitkan. Andai bisa melewati dua laga tersebut, gelar juar abakal makin dekat bagi Barcelona.

Sumber: SPORT

Disadur dari: Bola.net (Asad Arifin, published 11/4/2023)

5 dari 5 halaman

Persaingan di La Liga Spanyol saat Ini

Video Populer

Foto Populer