Sukses


Komposisi Klub Liga Spanyol pada Akhir Musim 2022/2023: Barcelona Juara, 5 Klub ke Liga Champions, Siapa Terdegradasi?

Bola.com, Jakarta - Jornada terakhir La Liga Spanyol 2022/2023 telah berakhir pada Senin (5/6/2023) dini hari WIB. Artinya, klub-klub yang akan menjadi wakil Spanyol di kompetisi Eropa dan mereka yang harus terdegradasi ke Segunda Division sudah bisa dipastikan.

Jornada 38 La Liga Spanyol memberikan beberapa sedikit kejutan. Sang juara, Barcelona, terpeleset dan kalah 1-2 di markas Celta Vigo.

Begitu pun dengan Real Madrid yang hanya meraih hasil imbang 1-1 saat menjamu Athletic Bilbao di Santiago Bernabeu.

Beruntung bagi Real Madrid, hasil imbang tersebut tidak membuat mereka turun peringkat karena Atletico Madrid yang berada di posisi ketiga juga hanya bermain imbang 2-2 di markas Villarreal.

Sementara itu, di papan bawah, Real Valladolid menjadi tim terakhir yang memastikan diri terdegradasi menyusul Espanyol dan Elche.

Hal ini tidak terlepas dari kegagalan Valladolid untuk memanfaatkan kegagalan Almeria meraih kemenangan pada laga jornada terakhir.

Almeria yang hanya unggul satu poin di atas Valladolid di klasemen La Liga Spanyol, hanya bermain imbang 3-3 di markas Espanyol.

Sayangnya, Real Valladolid yang menjamu Getafe juga gagal menang dan hanya bermain imbang tanpa gol. Hal itu membuat mereka pun harus turun kasta pada musim depan.

2 dari 5 halaman

Sevilla Bikin Wakil Spanyol di Liga Champions Bertambah

 

Wakil Liga Spanyol di Liga Champions seharusnya adalah empat tim. Namun, untuk musim 2023/2024 akan menjadi lima tim. Hal ini tidak lepas dari keberhasilan Sevilla menjuarai Liga Europa musim ini.

Keberhasilan itu membuat tim yang finis di peringkat ke-12 dalam klasemen La Liga Spanyol 2022/2023 itu tetap berangkat ke Liga Champions, menemani Barcelona, Real Madrid, Atletico Madrid, dan Real Sociedad.

Sementara untuk slot Liga Europa, Villarreal dan Real Betis yang berada di posisi kelima dan keenam, sementara Osasuna yang berada di posisi ketujuh akan berlaga di play-off Conference League 2023/2024.

3 dari 5 halaman

3 Tim yang Terdegradasi

 

Sementara di papan bawah La Liga Spanyol, Elche menjadi tim pertama yang memastikan degradasi ke Segunda Division.

Hanya meraih lima kemenangan dan 10 hasil imbang sepanjang musim ini membuat mereka hanya meraih 25 poin, terpaut 12 poin dari Espanyol yang berada tepat di atasnya.

Sementara dua tim lain yang juga ikut terdegradasi adalah Espanyol dan Real Valladolid. Seperti dijelaskan di atas, Real Valladolid menjadi tim yang baru dipastikan terdegradasi.

Kegagalan mereka meraih kemenangan saat menjamu Getafe pada laga terakhir adalah penyebabnya.

Andai mereka meraih tiga poin, di mana Almeria yang hanya unggul satu poin dari mereka juga gagal menang saat menghadapi Espanyol, Real Valladolid tidak akan terdegradasi, di mana Almeria yang akan jatuh ke kasta kedua.

4 dari 5 halaman

Distribusi Klub Spanyol ke Kompetisi Eropa dan Terdegradasi ke Segunda Division

 

Juara:

  • Barcelona

Liga Champions:

  • Barcelona (juara)
  • Real Madrid (runner-up)
  • Atletico Madrid (peringkat ketiga)
  • Real Sociedad (peringkat keempat)
  • Sevilla (juara Liga Europa 2022/2023)

Liga Europa

  • Villarreal
  • Real Betis

Play-off Conference League

  • Osasuna

Tim Terdegradasi

  • Real Valladolid
  • Espanyol
  • Elche
5 dari 5 halaman

Persaingan Akhir di La Liga Spanyol

Video Populer

Foto Populer