Sukses


5 Fakta Lamine Yamal, Wonderkid Barcelona yang Ukir Rekor Langka saat Bungkam Villarreal

Bola.com, Villarreal - Lamine Yamal menjadi buah bibir setelah tampil gacor membantu Barcelona menang dramatis 4-3 pada laga bertabur gol melawan tuan rumah Villarreal pada lanjutan Liga Spanyol 2023/2024 Estadio de la Ceramica, Senin (28/8/2023) dini hari WIB. 

Barcelona lebih dulu unggul melalui gol Gavi dan Frenkie de Jong. Villarreal berbalik memimpin lewat gol Juan Foyth, Alexander, dan Alex Baena.

Ferran Torres membawa Barcelona menyeimbangkan kedudukan menjadi 3-3. Gol Lewandowski akhirnya mengunci kemenangan Blaugrana.

Yamal mencatatkan assist untuk gol Gavi pada menit ke-12. Ia juga berkontribusi pada terciptanya gol Robert Lewandowski pada menit ke-71. 

Lewandowski membobol gawang Villarreal setelah menyambar bola tembakan Yamal yang membentur tiang gawang. Pada pertandingan ini, Yamal diturunkan sebagai starter. 

Menurut Opta, Lamine Yamal menjadi pemain termuda yang membukukan assist di Liga Spanyol pada abad ke-21, yaitu saat berusia 16 tahun 45 hari. Rekor kategori ini sebelumnya dipegang pemain Barcelona lainnya, Ansu Fati, yaitu 16 tahun 318 hari. 

Ingin mengenal wonderkid Barcelona, Lamine Yamal? Berikut ini lima fakta menarik sang pemain.  

2 dari 7 halaman

1. Tentang Namanya

Lamine Yamal adalah nama majemuk. Secara tidak sengaja, terkadang orang mengira Yamal adalah nama belakang atau nama keluarganya, padahal sebenarnya bukan.

Kasus yang sama dialami pada Luis Enrique Martínez, misalnya. Nama lengkapnya adalah Lamine Yamal dan nama belakangnya adalah Nasraoui Ebana. 

 

3 dari 7 halaman

2. Asal

Ia dilahirkan di Esplugues de Llobregat (Spanyol), meskipun dibesarkan di Mataró dan juga tinggal di Granollers. Dia saat ini tinggal di La Masia.

Ayahnya orang Maroko dan ibunya berasal dari Guinea Ekuatorial. Sejauh ini ia sudah bermain bersama Timnas Spanyol, namun Maroko sudah memantau melihat apakah bisa memikatnya. 

 

4 dari 7 halaman

3. Karakter

Di La Masia mereka menyebutnya sebagai anak laki-laki pemalu, yang relatif tidak diperhatikan karena cara hidupnya. Studinya mutakhir dan para pendidik puas dengan prestasinya.

Satu-satunya cela ada di timnas ketika ia melakukan tindakan tidak disiplin, bersama dua rekan satu tim lainnya (dari Madrid dan Atlético), sehingga dihukum empat pertandingan tanpa bermain bersama tim Juvenil A. Dia juga diskors dari skuad U-17 asuhan Julen Guerrero.

Sang pemain menerima kesalahannya, menjalani hukuman, dan kembali ke tim utama.

 

5 dari 7 halaman

4. Pemain Termuda

Yamal hingga saat ini menjadi pemain termuda yang berpartisipasi dalam pertandingan persahabatan, melawan Apeldoorm di Belanda dalam kamp pelatihan musim panas bersama Van Gaal. Dia berumur 16 tahun.

Itu usia yang sama ketika Leo Messi melakukan debut dalam pertandingan persahabatan melawan Porto atau Bojan Krkic melakukan hal yang sama kontra klub Mesir Al-Ahly. Tak satu pun dari mereka pernah berlatih dengan tim utama pada usia 15 tahun.

 

 

6 dari 7 halaman

5. Lebihi Pencapaian Messi

Kinerja Lamine selalu melebihi usianya. Setelah lima musim bermain tujuh lawan satu, dia beralih ke 11 lawan satu, bergantian antara Infantil B dan A.

Pandemi membuatnya berada di tengah-tengah dan dia menghabiskan hampir satu tahun tanpa bermain karena para pemain dikurung. Sebagai seorang Infantil dia pindah ke Cadete A dan sebagai kadet dia langsung ke Juvenil A. Secara keseluruhan, dia hanya bermain dua setengah musim dalam sepak bola 11-a-side sebelum masuk ke tim utama. Bahkan Leo Messi pun belum mencapai hal ini.

 

7 dari 7 halaman

6. Dibandingkan dengan Rivaldo dan De la Pena

Sebelum membadingkan dengan Messi yang jelas pemain superstar, pengamat akademi muda Barca melihat pada masa-masa awalnya memiliki kesamaan dengan legenda Brasil, Rivaldo. Alasannya, ia berkaki kiri dan memiliki presisi yang dimiliki pemain Brasil itu.

Seiring berjalannya waktu, umpan-umpan mustahil seperti yang dilakukan oleh Ivan de la Peña ditemukan dalam dirinya. Saat ini, ia adalah pesepakbola yang mempertahankan keajaibannya sebagai seorang pengumpan, namun dengan bonus tambahan berupa tidak kehilangan bola sedikit pun. Ini adalah kelebihannya.

Sumber: Sports

 

Video Populer

Foto Populer