Sukses


Butuh Waktu 23 Detik buat Bikin Gol dalam Debutnya di Barcelona, Siapa Sih Sosok Marc Guiu?

Bola.com, Barcelona - Juara bertahan Liga Spanyol, Barcelona mampu meraih tiga angka atas tamunya, Athletic Bilbao, dalam lanjutan pekan ke-10 La Liga 2023/2024, Senin (23/10/2023) dini hari WIB.

Barcelona susah payah mengatasi perlawanan Bilbao dengan skor tipis 1-0 melalui gol tunggal pemain muda Marc Guiu di Stadion Olimpiade Lluis Companys.

Pemain berusia 17 tahun itu menjebol gawang Bilbao sepuluh menit sebelum waktu normal berakhir.

Hasil ini membuat Barcelona kembali menempel ketat Real Madrid dan bersaing sengit di jalur juara Liga Spanyol 2023/2024.

Marc Guiu mengundang perhatian khusus. Sebab pemain muda Barcelona itu baru melakoni debutnya di kompetisi profesional atau level senior pada pertandingan dini hari tadi.

==

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Malam yang Indah

Marc Guiu mencetak gol kemenangan dalam 23 detik setelah masuk ke lapangan sebagai pengganti. Ya laga Barca versus Bilbao dini hari tadi merupakan debutnya di La Liga.

Marc Guiu masuk menggantikan pemain muda Fermin Lopez pada menit ke-79 dan langsung mencetak gol. Sekaligus menjadi rekor tersendiri yang dicatatkannya.

Itu berarti dia telah mencetak gol pertamanya di La Liga untuk Barcelona lebih cepat dibandingkan pemain lain dalam sejarah klub.

3 dari 6 halaman

Ungkapan Xavi

Manajer Barcelona, Xavi Hernandez gembira dengan apa yang ditorehkan Marc Guiu. Ia menilai Guiu dapat menunjukkan potensi ketika diberikan kepercayaan.

“Saya mengatakan kepadanya bahwa dia akan memiliki satu peluang bagus. Saya senang melihat wajah anak-anak ini. Mereka tidak takut,” ujar Xavi seperti dikutip dari BBC.

4 dari 6 halaman

Dapat Kesempatan

Guiu masuk ke skuad senior Barca karena pelatih Xavi memiliki beberapa pemain yang absen karena cedera, termasuk Robert Lewandowski dan Frenkie de Jong.

Sang pemain bergabung dengan akademi muda Barcelona, ​​​​yang lebih dikenal sebagai La Masia, pada tahun 2013. Akademi Barca memang sudah kondang melahirkan bakat-bakat istimewa, termasuk Lionel Messi, Xavi, Andres Iniesta dan Carles Puyol, Gerard Pique, Sergio Busquets, dan Jordi Alba.

Adapun pakar sepak bola Spanyol, Guillem Balague menyebut Marc Guiu telah berada di La Masia selama 10 tahun dan dikenal sebagai striker yang lebih efisien di kotak penalti alias dibekali finishing touch menawan.

Dia baru bermain tujuh menit untuk tim Barcelona B. Sejak Guiu mencetak gol ke gawang Blibao dini hari tadi, jumlah pengikutnya di Instagram meningkat pesar, dari 40.000 pengikut menjadi 100.000 lebih.

5 dari 6 halaman

Orang Tua Terharu

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Fabrizio Romano (@fabriziorom)

Kedua orang tuanya berada di tribune penonton dan menangis begitu gol terjadi. Pakar transfer ternama Eropa, Fabrizio Romano mengunggah video ekspresi terharunya orang tua Marc Guiu yang menyaksikan langsung anaknya bermain kontra Bilbao.

Di sisi lain, Barcelona akan memiliki banyak keuntungan dengan mengorbitkan pemain-pemain muda hasil pembinaan sendiri. Barca masih memiliki Lamine Yamal, Gavi, Fermin Lopez, dan Alejandro Balde, yang telah berkembang melalui tim muda.

Jika bisa, Xavi akan memiliki pemain yang lebih matang. Namun merupakan kabar baik bagi Barcelona bahwa talenta-talenta muda menggantikan beberapa bintang mahalnya di masa lalu.

Sumber: BBC

6 dari 6 halaman

Yuk Intip Posisi Barcelona di Klasemen!

Video Populer

Foto Populer