Sukses


5 Fakta Vitor Roque, Striker Muda Baru Barcelona: Bukan Talenta Biasa-biasa Saja

Bola.com, Jakarta Pemain Brasil, Vitor Roque, siap menjadi sensasi hebat berikutnya di sepak bola Spanyol didaftarkan Barcelona sebagai pemain utama. Dia pun siap menjalani debut bersama El Barca. 

Barcelona akan menghadapi Las Palmas pada lanjutan Liga Spanyol 2023/2024, Jumat (5/1/2024) dini hari WIB. Penyerang berusia 18 tahun tersebut siap diturunkan jika Xavi memutuskan untuk mendebutkannya.

Vitor Roque telah menandatangani kontrak jangka panjang yang mengikatnya di Blaugrana hingga 2031. Ia akan mengenakan nomor punggung 19 yang sebelumnya dipakai oleh pemain seperti Ferran Torres, Sergio Agüero, Patrick Kluivert, dan bahkan Lionel Messi.

Meskipun usianya masih muda, Roque telah banyak bermain untuk Athletico Paranaense dan Timnas Brasil u-20, sehingga menarik perhatian Barca. Dengan 21 gol dalam 45 pertandingan musim ini, ia telah memenangi kejuaraan negara bagian Paraná dan dengan cepat menjadi salah satu pencetak gol terbanyak Brasil.

Kehadiran Vitor Roque di Barcelona menarik perhatian fans. tersebut, seperti dikutip dari rilis La Liga. 

--- 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

1. Dipuji Pelatih Kaliber Dunia

Mantan pelatih Atlético Paranaense dan Timnas Brasil, Luiz Felipe Scolari, yang menjuarai Piala Dunia 2002, menyatakan kekaguman terhadap Vitor Roque. Scolari melatih sang pemain di level klub pada 2022 dan tidak pernah menyembunyikan kekaguman terhadap pemain muda tersebut.

"Dia punya potensi besar untuk berkembang. Pada usia 17 tahun, dia sudah merasakan final Copa Libertadores. Dia berada dalam situasi menjadi pemain utama. Dia sangat terpusat, seimbang, dan banyak mendengarkan apa yang kami katakan," kata Scolari.

 

3 dari 6 halaman

2. Ikuti Jejak Ronaldo Nazario

Vitor Roque tampil pertama kali untuk Timnas Brasil pada Maret 2023, melawan Maroko. Dia bermain selama 25 menit dalam pertandingan persahabatan.

Ini cukup untuk menjadikannya pemain termuda (18 tahun dan 25 hari) yang melakukan debut internasional untuk Brasil sejak 1994, ketika Ronaldo Nazário melakukan debutnya (18 tahun dan 17 hari).

 

4 dari 6 halaman

3. Pemain Muda di Skuad Utama Barcelona

Skuad tim utama FC Barcelona saat ini memiliki lima pemain di bawah usia 21 tahun. Vitor Roque adalah yang termuda – secara teknis, karena Lamine Yamal yang berusia 16 tahun terdaftar di tim 'B' klub meskipun menjadi pemain reguler untuk pelatih Xavi Hernandez .

Lahir pada 28 Februari 2005 di Timóteo, Minas Gerais, Vitor enam bulan lebih muda dari pemain termuda tim sebelumnya, Gavi, yang lahir pada Agustus 2004. Vitor baru berusia dua tahun ketika Robert Lewandowski, pemain paling senior di tim pemain, melakukan debut di sepak bola profesional.

 

5 dari 6 halaman

4. Pemain Barca yang Datang Langsung dari Brasil

Dia juga akan menjadi orang Brasil pertama yang bergabung dengan Barca langsung dari sepak bola Brasil sejak 2019

Klub Catalan ini memiliki 46 pemain Brasil sepanjang sejarahnya, namun hanya 16 di antaranya yang datang langsung dari Brasil. Yang terakhir bergabung dengan tim dalam hal ini adalah Emerson Royal.

Emerson bergabung dari Atlético Mineiro pada 2019, meskipun tidak pernah bermain satu musim penuh untuk Barca dan bermain pertama untuk Real Betis sebelum pindah ke sepak bola Inggris.

 

6 dari 6 halaman

5. Berteman dengan Endrick

Vitor Roque tidak pernah menyembunyikan persahabatannya dengan Endrick, yang akan bergabung dengan pemimpin Real Madrid dalam waktu dekat. Mereka selalu saling melengkapi dan mendukung satu sama lain untuk tumbuh bersama dalam sepak bola.

“Kami selalu berbicara di media sosial,” kata Vitor.

“Dia pria yang luar biasa, dia punya banyak potensi. Kami adalah dua talenta muda. Dia pemain hebat dan juga pribadi yang hebat. Saya harap kami bisa menjalin hubungan baik. masa depan yang cerah bersama-sama.”

 

Sumber: La Liga 

Video Populer

Foto Populer