Sukses


Cerita dari Spanyol Jelang Derby Basque: Jauh-jauh Sambangi Bilbao, Kaget Dapat Pujian soal Asian Games 2018 di Indonesia

Bola.com, Bilbao - Udara dingin langsung menyergap saat Bola.com turun dari pesawat di Bilbao Airport, Spanyol, Rabu (10/1/2024) pukul 10.20 waktu setempat. Petunjuk di handphone menunjukkan suhu di Bilbao sekitar 5 derajat celcius. Dingin juga, apalagi di Indonesia biasa dihajar suhu panas di atas 30 derajat celcius. 

Bola.com datang ke Bilbao atas undangan dari LALIGA untuk mengikuti media trip. Salah satu agenda utama dari media trip ini adalah menyaksikan pertandingan klasik Derby Basque, antara Athletic Bilbao melawan Real Sociedad. 

Pertandingan derbi terbesar ketiga di sepak bola Spanyol itu akan berlangsung pada Sabtu (13/1/2024). Ini merupakan laga yang ditunggu-tunggu pencinta bola di wilayah Basque, karena selalu menyajikan atmosfer spesial. 

Bola.com bukan satu-satunya media yang diundang LALIGA pada event kali ini. Saat tiba di Bandara Bilbao, setelah melakoni perjalanan panjang sekitar 21 jam, ada tiga wartawan lain yang juga tiba berbarengan. Ternyata, kami ada dalam satu pesawat dari Barcelona menuju Bilbao. 

Mereka masing-masing dari Malaysia, India, dan Uni Emirat Arab. Kami saling menyapa, setelah diperkenalkan oleh pihak penjemput dari LALIGA, Monica Losantos. Masih banyak perwakilan media dari berbagai media yang belum tiba. 

Kami berempat saling menyapa. Masing-masing melakukan perjalanan panjang. Tentu saja Indonesia yang paling jauh jarak tempuhnya, dibanding dari Malaysia, India, maupun Uni Emirat Arab. 

Kami langsung bercakap-cakap, walaupun sebenarnya badan cukup lelah, setelah perjalanan hampir sehari-semalam.

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Pengalaman Mengesankan di Asian Games 2018

Wartawan dari Malaysia, K Rajan, langsung mengajak berbincang seru setelah tahu saya berasal dari Indonesia. Yang menarik, topik bahasannya adalah Asian Games 2018. Apalagi, kami memang sama-sama bertugas di event tersebut, bahkan mungkin pernah bertemu, walaupun dulu belum saling mengenal. 

"Mungkin kita sepertinya pernah bertemu. Media Center di Asian Games 2018 kan tidak terlalu luas juga, jadi sepertinya kita pasti pernah berpapasan," kata Rajan, membuka obrolan. 

Rajan, yang berasal dari media Malaysia New Straight Times, mengaku sangat terkesan saat bertugas meliput Asian Games di Jakarta, sekitar lima tahun silam. Menurutnya, pelaksanaan Asian Games di Indonesia pada 2018 berlangsung apik dan lancar. 

Dia dengan mudah mengover berbagai pertandingan olahraga yang digelar di berbagai venue yang berbeda, tanpa halangan berarti. 

"Meliput Asian Games di Jakarta sangat mudah dan lancar. Bahkan, meskipun Jakarta terkenal dengan kemacetannya, tetapi saat Asian Games semuanya bisa berlangsung lancar," kata Rajan. 

"Saya juga sempat meliput sepak bola di Bekasi, yang berada di luar Jakarta. Saat itu saya juga tidak kena macet. Semuanya lancar, bagus sekali." 

"Faktor bahasa juga mempermudah, karena saya dapat berkomunikasi dengan mudah selama di Jakarta. Asian Games 2018 di Jakarta bagus," imbuh Rajan. 

Rajen sebelumnya juga bertugas meliput perhelatan Asian Games 2014 di Korea Selatan. Saat itu, dia merasa agak kesulitan dengan kendala bahasa, terutama jika ingin berpindah venue memakai taksi. Pengalaman seperti itu tidak dirasakannya saat meliput di Indonesia. 

3 dari 3 halaman

Rasakan Pengalaman Unik di Bilbao

Acara media trip LALIGA akan memberikan berbagai pengalaman menarik untuk para jurnalis asing dari beberapa negara. Selain berkesempatan menonton Derby Basque, para jurnalis juga akan mengunjungi tiga stadion di wilayah tersebut. 

Seperti diketahui, Bilbao memiliki tim sepak bola tertua kedua di Spanyol, yaitu Athletic Bilbao. Tim ini punya tradisi sangat unik, yaitu semua pemainnya secara eksklusif berasal dari Basque selama lebih dari 100 tahun. 

Bersama dengan Real Madrid dan Barcelona, ​​klub ini adalah salah satu dari tiga anggota pendiri Primera División yang tidak pernah terdegradasi dari liga teratas sejak didirikan pada 1929. 

Alhasil, kunjungan ke markas Athletic Bilbao, yaitu Stadion San Mames, menjadi salah satu agenda penting dari acara media trip kali ini. 

Para jurnalis dari berbagai negara juga akan diajak melakukan tur di stadion milik Real Sociedad dan Osasuna, untuk merasakan pengalaman unik ala Basque. 

Tunggu cerita selanjutnya ya! 

 

Video Populer

Foto Populer