Sukses


Cerita dari Spanyol: Ingin Menikmati Kuliner Terbaik di Negeri Matador? Datanglah ke Basque Country

Bola.com, Jakarta Kota Bilbao, di Basque Country Spanyol, bisa menjadi salah satu destinasi favorit bagi pencinta sepak bola di sini. Kota ini memiliki Athletic Bilbao, yang merupakan klub tertua di level tertinggi LALIGA. 

Athletic Bilbao juga merupakan klub tersukses ketiga di kompetisi teratas Liga Spanyol, yang memiliki keunikan dan kultur yang tak bisa ditemukan di klub mana pun di dunia.

Mereka adalah klub yang 100 persen memakai talenta lokal, yaitu hanya merekrut pemain kelahiran Basque Country (wilayah otonomi khusus di Spanyol yang termasuk Bilbao di dalamnya) atau yang belajar di akademi sepak bola wilayah itu. 

Selain itu, Bilbao juga menawarkan salah satu derbi terbaik di Spanyol, yaitu Derby Basque, antara Athletic Bilbao dan Real Sociedad. Salah satu keunikan derbi ini adalah kita bisa melihat suporter kedua klub duduk berdampingan di tribune, tanpa perlu takut akan terjadi tawuran atau kericuhan antarfans. 

Selain untuk menonton Derby Basque yang klasik, pencinta sepak bola dari berbagai penjuru dunia juga punya alasan lain untuk menyambangi wilayah khusus di Spanyol, Basque Country. 

Basque Country atau Pais Vasco dalam bahasa Spanyol, adalah sebuah komunitas otonom di Spanyol utara. Wilayah ini meliputi provinsi Basque Álava, Gipuzkoa, Biscay, dengan teluknya yang berbatasan dengan Samudra Atlantik timur laut, dan di sebelah selatan Laut Celtic.

Apa alasannya? Basque Country disebut menjadi surga bagi pencinta kuliner. Bahkan, ada yang mengklaim kuliner terbaik di Negeri Matador bisa ditemukan di Basque Country.

Jadi, berkunjung ke Basque Country seperti sekali merangkuh dayung dua atau tiga pulau terlampaui. Kita bisa menikmati pertandingan sepak bola yang klasik dan unik, sekaligus berkelana mencicipi kuliner-kuliner tersohor dan terlezat di Spanyol. 

 ---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Jangan Lupa Mencoba Makanan Olahan Ikan

Testimoni tentang surga kuliner di wilayah Basque diungkapkan salah seorang oficial dari LALIGA, Monica Losantos. Ia lahir dan besar di Madrid, tetapi menurutnya wilayah dengan kuliner terbaik adalah Basque Country. 

"Jika ingin menikmati kuliner terbaik di Spanyol, maka datanglah ke Basque Country. Kuliner di sini luar biasa, benar-benar terbaik dan berkualitas tinggi," kata Monica dalam percakapan ringan dengan Bola.com.

Monica menjelaskan alasan mengapa kuliner di Basque County merupakan yang terbaik di Spanyol. Tentu saja yang pertama dari segi rasa, kemudian yang tak kalah penting adalah bahan makanannya. 

"Produk makanan yang dipakai untuk aneka makanan di Basque Country ini benar-benar yang terbaik. Segar dan berkualitas, oil yang dipakai juga luar biasa. Silakan mencobanya," tutur Monica.  

"Yang terbaik tentu saja berbagai macam olahan ikan. Ikan-ikan di sini adalah yang terbaik," imbuhnya. 

Monica juga menyebut makanan di Basque Country mayoritas berkategori sehat. Jadi, tidak perlu takut untuk mencoba berbagai macam kuliner di sana. 

Dia juga mengatakan orang-orang di Basque tidak terlalu suka memakan makanan-makanan cepat saji, karena banyak makanan lain yang lebih lezat dan sehat. 

"Rasakan juga rotinya. Di sini roti buatan rumahan, bukan buatan pabrik. Walaupun terlihat biasa saja, tetapi terasa fresh. Apalagi jika dimakan bareng dengan beberapa makanan khusus yang dilengkapi oil yang lezat," tutur Monica. 

3 dari 3 halaman

Bertabur Restoran Berbintang Michelin

Basque Country sejak lama memang terkenal dengan masakannya yang lezat, terutama olahan ikan dan makanan lautnya. Kota ini bahkan penuh dengan pilihan kuliner mewah dan restoran berbintang Michelin, namun kota ini juga memiliki lebih banyak restoran lokal Basque.

Sebagai gambaran, Kota Bilbao, yang populasinya 350.000 jiwa, memiliki banyak restoran berbintang Michelin. Jumlahnya, ada lebih dari 20 restoran di kota tersebut. 

Salah satu restoran berbintang Micheli di Bilbao adalah San Mames Jatetxea, yang berlokasi di dalam kompleks stadion San Mames, kandang Athletic Bilbao.

Restoran ini bukan hanya menyajikan makanan yang lezat, tetapi juga pemandangan langsung ke lapangan stadion San Mames. Benar-benar pengalaman yang mengesankan!

Jadi, jangan ragu berkunjung ke Basque Country, nikmati pertandingan sepak bola yang unik, sekaligus jelajahi kelezatan kulinernya yang tiada duanya di Spanyol. 

 

Video Populer

Foto Populer