Sukses


Laporan dari Spanyol: Legenda Osasuna Pilih 3 Striker Terbaik Dunia Saat Ini, Erling Haaland Tidak Disebut

Bola.com, Navarre - Legenda Osasuna, Francisco Punal atau kerap disapa Patxi Punal, menghabiskan hampir seluruh kariernya di klub yang bermarkas di kota Pamplona, Spanyol, tersebut. Ia merumput di sana sejak 1997 hingga 2014. 

Patxi Punal berperan sebagai gelandang bertahan. Dia tampil dalam 458 pertandingan bersama Osasuna, dengan menyumbangkan 11 gol. 

Pria kelahiran 6 September 1975 tersebut sebenarnya bisa dibilang menghabiskan hampir seluruh kariernya di Osasuna. Namun, dia beberapa kali dipinjamkan ke klub lain, seperti Leganes, Oberena, dan Egues. 

Yang menarik, Patxi juga merupakan produk akademi sepak bola Osasuna. Dia kemudian bermain di Osasuna B, sebelum promosi ke tim utama. Tak heran, namanya begitu lekat dengan klub yang berjulukan Gorritxoak Los Rojillos tersebut. 

Dia bergabung ke akademi Osasuna sejak berusia sembilan tahun dan terus berada di sana, sembari menjalani beberapa kali peminjaman. 

Tak heran, kini Patxi Punal didapuk menjadi Direktur Olahraga Osasuna. Dia menjalani tugas penting memastikan Osasuna berjalan sesuai trek, terutama di lapangan dan juga untuk aktivitas terkait seperti transfer pemain dan lain-lain. 

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Bahagia di Osasuna

Ketika ditanya alasannya sangat loyal terhadap Osasuna, sejak bermain hingga sekarang, Patxi Punal punya jawaban sederhana. 

"Saya bahagia di sini. Saya tak butuh yang lain-lain lagi," ujar Patxi, dalam perbincangan dengan Bola.com, di sela-sela acara media trip LALIGA, di Stadion El Sadar, Jumat (12/1/2024). 

Patxi juga mengungkapkan tak pernah ragu mengambil keputusan ketika disodori tawaran perpanjangan kontrak oleh Osasuna saat masih bermain dulu. Dia dengan cepat menyambar kesempatan itu. 

"Ketika mereka menyarankan saya memperbarui kontrak, saya bilang iya. Saya senang berada di sini, orang-orang di sini adalah teman, keluarga saya," imbuhnya. 

 

3 dari 3 halaman

3 Striker Terbaik

Saat Bola.com menyodorkan pertanyaan klasik siapa tiga pemain terbaik di dunia saat ini, Patxi Punal langsung tertawa.

Dia mengatakan pertanyaan itu susah dijawab karena pemain terbaik bisa dilihat dari berbagai macam posisi. Ada yang bagus sebagai penyerang, gelandang, kiper, dan lain-lain. 

Alhasil, pertanyaan pun dikerucutkan, yaitu siapa tiga striker terbaik di dunia saat ini. Yang menarik, Patxi Punal sama sekali tidak menyebut nama striker Manchester City, Erling Haaland.

Dia memilih satu penyerang yang bermain di Ligue 1 Prancis, dan dua striker yang merumput di LALIGA. 

"Yang pertama Kylian Mbappe (Paris Saint-Germain. Kemudian yang kedua Jude Bellingham," kata Patxi. 

"Yang ketiga, mari sebut Robert Leewandowski. Dia sedang sangat terkenal di Barcelona sekarang," imbuhnya sembari tersenyum. 

Video Populer

Foto Populer