Sukses


Sengaja Cari Kartu Kuning saat Hadapi Las Palmas, Robert Lewandowski dan Joao Cancelo Dipastikan Absen Bela Barcelona saat El Clasico

Bola.com, Jakarta - Barcelona akan menjalani laga El Clasico menghadapi Real Madrid di Santiago Bernabeu pada 21 April 2024. Meski masih berlangsung tiga pekan lagi, Blaugrana dipastikan kehilangan dua pemain andalan, Robert Lewandowski dan Joao Cancelo.

Barcelona masih akan menjalani dua laga melawan Paris Saint-Germain (PSG) di perempat final Liga Champions, plus satu pertandingan La Liga Spanyol kontra Cadiz di antara kedua laga Eropa tadi. Setelah itu, baru Barcelona menjalani El Clasico di markas Real Madrid.

Meski masih ada tiga pertandingan yang harus dijalani sebelum duel El Clasico, Barcelona sudah dipastikan bakal kehilangan dua pemain pentingnya, yaitu Robert Lewandowski di ujung tombak dan Joao Cancelo di sisi sayap pertahanan tim.

Hal itu karena Robert Lewandowski dan Joao Cancelo, plus Inigo Martinez mendapatkan peringatan saat Barcelona menang 1-0 atas Las Palmas pada akhir pekan lalu. Ketiga pemain itu dipastikan harus absen dalam laga kontra Cadiz.

Namun, tak seperti Inigo Martinez, Robert Lewandowski dan Joao Cancelo juga dipastikan tidak akan bisa bermain ketika menghadapi Real Madrid di La Liga Spanyol.

Hal itu karena keduanya dianggap sengaja mencari kartu kuning ketika melawan Las Palmas dan absen ketika menghadapi Cadiz sehingga bisa kembali saat El Clasico.

Lalu apa yang sebenarnya terjadi dengan dua pemain Barcelona itu?

 
2 dari 4 halaman

Sesuai Kode Disiplin RFEF

Sesuai aturan disiplin Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF), Robert Lewandowski dan Joao Cancelo menghadapi skorsing untuk dua laga karena sengaja mendapatkan kartu kuning ketika melawan Las Palmas. Imbasnya, dua pemain Barcelona itu juga akan absen di El Clasico.

Seperti dilansir dari Barca Universal, Kode Disiplin RFEF sangat jelas mengenai hal ini, di mana dinyatakan jika seorang pesepak bola dengan sengaja mencari peringatan untuk menjalani skorsing pertandingan, maka mereka harus menjalani hukuman untuk peringatan itu ditambah satu hukuman tambahan, dengan kata lain, total dua pertandingan.

Itulah yang terjadi terhadap Robert Lewandowski dan Joao Cancelo, meski banyak yang menolak mengakuinya atau berpendapat bahwa hal seperti itu tidak mungkin bisa dibuktikan karena bisa saja ada sangkalan. Namun, tindakan kedua pemain itu jelas mengungkapkan niat mereka.

3 dari 4 halaman

Mengapa Martinez Tidak Mendapatkan Hukuman Serupa?

 

Martinez diketahui tidak dengan sengaja mencari kartu kuning yang membuatnya absen dalam laga selanjutnya. Tidak masuk akal bagi seorang bek tengah untuk dengan sengaja mendapatkan kartu kuning dalam sisa waktu 30 menit.

Apa yang dilakukan Robert Lewandowski sungguh berani. Meski sudah mendapatkan isyarat dari pinggir lapangan untuk pergantian pemain, ia mengabaikannya, memilih menunggu hingga wasit memutuskan untuk memberikan peringatan secara sengaja dan provokatif.

Sementara Cancelo berbeda. Pemain asal Portugal itu sengaja berusaha menerima kartu kuning pada menit ke-89 meski pertandingan sebenarnya sudah selesai. Ia menendang lawan dengan cara yang tidak perlu, yang jelas-jelas memprovokasi.

Sumber: Barca Universal

4 dari 4 halaman

Persaingan di La Liga Spanyol

Video Populer

Foto Populer