Sukses


    Djadjang Nurdjaman: Banyak Pemain Persib Bukan Pilihan Saya

    Bola.com, Bandung - Pelatih Persib Bandung, Djadjang Nurdjaman mengakui jika tim besutannya  hingga saat ini performanya belum stabil di ajang Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 presented by IM3 Ooredoo. Itu semua kata Djanur lantaran materi pemain yang ada saat ini banyak bukan pilihannya, melainkan pelatih sebelumnya Dejan Antonic.

    Djadjang mengaku perlu waktu untuk menyesuaikan strategi dengan style bermain penggawa Persib yang tidak pernah ia latih sebelumnya. Ada kesan sang mentor mengkambing hitamkan pemain-pemain arsitek sebelumnya yang tidak sesuai seleranya.

    "Ya memang belum stabil. Masih harus banyak belajar dulu, mulai dari perubahan cara bermain dan materi pemain yang berbeda," ujar Djanur saat dijumpai Bola.com di Mess Persib, Jalan Ahmad Yani, Bandung, Senin (1/8/2016).

    Sepeninggal dirinya lanjut Djanur, materi pemain tubuh Maung Bandung sebagian besar mengalami perubahan. Saat ditangani Dejan Antonic hanya sebagian yang tersisa di masa Persib juara ISL 2014 lalu.

    "Saya baru empat pertandingan menangani tim ini, sehingga tidak mudah langsung bisa mendongkrak performa tim. Mungkin satu pertandingan lagi, saya mulai bisa membuat stabil tim ini," kata Djanur.

    Lain halnya jika membentuk tim sejak awal tentu dalam perekrutan pemain sudah terbayang apa yang akan diperbuat untuk tim tersebut. Mulai dari skema permainan, formasi, termasuk strategi yang akan diterapkan di setiap pertandingan.

    "Saya datang karena sebagai pengganti pelatih sebelumnya, tentu saya tidak bisa langsung bisa klop dengan pemain. Skema yang saya bayangkan tidak bisa langsung berjalan. Artinya butuh waktu. Tapi saya senang lambat laun mulai mengenali karakter pemain-pemain yang ada. Terutama mereka yang baru masuk ke tim ini," ungkap Djanur.

    Arsitek berusia 51 tahun ini memang dipanggil kembali manajemen Persib setelah pelatih sebelumnya, Dejan Antonic mengundurkan diri usai dikalahkan Bhayangkara Surabaya United dengan skor 1-4.

    Di tangan pelatih yang sukses mengantarkan Maung Bandung juara ISL 2014 dan Piala Presiden 2015, Persib masih terlihat tertatih-tatih di pentas TSC 2016. Sempat menang melawan PSM Makassar 3-2, selanjutnya Atep dkk. ditahan Persija Jakarta 0-0.

    Persib sempat membuat geger dengan kemenangan sensasional 2-0 atas Persipura Jayapura di kandang lawan. Hanya saja selanjutnya secara menyakitkan Tim Pangeran Biru digasak Semen Padang 4-0.Terakhir saat menjamu tim papan bawah, Persela Lamongan, Persib menang dengan susah payah 1-0.

    Belum hilang dari ingatan, seusai mempersembahkan trofi Piala Sudirman, Djadjang Nurdjaman gagal total di turnamen selanjutnya Piala Jenderal Sudirman. Dengan mengandalkan mayoritas pemain yang masuk kerangka tim juara dua ajang sebelumnya, Persib Bandung terpuruk di fase penyisihan grup.

     

     

    Video Populer

    Foto Populer