Sukses


    Mengungkap Jurus Jitu Persiba Balikpapan hingga Pekan ke-14 TSC

    Bola.com, Balikpapan - Hasil positif diraih Persiba Balikpapan dalam menapaki tangga pertarungan Torabika Soccer Championship (TSC) presented by IM3 Ooredoo. Jika sebelumnya terancam batal mengikuti TSC dan sempat dianggap enteng oleh lawan-lawannya, kini tim berjulukan Beruang Madu mulai diperhitungkan.

    Persiba yang hampir 90 persen diperkuat pemain baru perlahan namun pasti merangsek ke papan tengah klasemen sementara. Saat ini, Beruang Madu bertenger diperingkat 7 dengan torehan 19 poin dari 14 laga yang telah dilakoni dengan catatan lima kali menang, empat kali seri dan lima kali kalah.

    Pencapaian Persiba lebih baik ketimbang klub-klub bertabur bintang seperti Pusamania Borneo FC, Persija Jakarta, Persib Bandung, Mitra Kukar, dan Bali United.

    Penasaran dengan grafik meningkat dengan torehan positif Beruang Madu, Bola.com pun mencoba mengulik informasi dari Pelatih Jaino Matos. Beruntung, saat berbincang, pelatih berkebangsaan Brasil ini mau mengungkap jurus ampuh yang ia pakai untuk mendongkrak performa tim dari satu pertandingan ke pertandingan lainnya.

    Jurus jitu Jaino Matos terbukti ampuh karena di empat laga terakhir mampu menyapu bersih poin dengan catatan tiga kali kemenangan dan satu kali seri dikandang Persipura.

    "Mental kuat jadi modal kami. Dedikasi, komitmen serta semangat juang tanpa batas. Mental kami tidak berubah main di manapun dan melawan siapapun," kata Jaino Matos dengan nada tegas.

    Dari setiap laga yang telah dilakoni Persiba, pria yang pernah menangani Persib U-21 ini melakukan evaluasi ketat. Bukan hanya soal teknik dan strategi, tapi dari sisi mental dan psikologis pemain dipantau dengan seksama.

    Jadi, menurut Jaino di Persiba tidak ada istilah pemain cadangan karena dipastikan ia hanya akan memilih pemain yang sangat siap sebelum pertandingan tanpa mempedulikan ketenaran sang pemain. Jurus rotasi pemain yang kerap dilakukannya sering membuat lawan terkelabui dan semua pemain bisa menjaga kebugaran.

    Jaino mengaku, selama menerapkan materi latihan di skuat Beruang Madu tidak ada kendala yang berarti. Ketegasan dan pendekatan emosional dalam melakukan evaluasi terhadap pemain menjadi kunci sukses naiknya grafik Antonio Teles dkk. 

    "Dari sistem latihan, program psikologi dan mental selalu kami perhatikan. Anak-anak (pemain) mengerti kita di dalam proses membangun tim yang menjaga konsistensi," ujarnya.

    "Konsisten itu bukan hasil, tapi pola permainan dan membangun karakter yang siap. Tidak ada kendala, respon pemain justru luar biasa. Ini bukti, kekompakan dan kebersamaan yang sangat luar biasa," kata Jaino Matos mengakhiri pembicaraan.

    Sponsored by:

     

    Video Populer

    Foto Populer