Sukses


    Komunikasi Lini Pertahanan PS TNI Kembali Jadi Masalah

    Bola.com, Cibinong - PS TNI kalah 2-4 saat menjamu Bali United dalam pertandingan pekan ke-29 Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 presented by IM3 Ooredoo di Stadion Pakansari, Minggu (20/11/2016) sore.

    Asisten pelatih PS TNI, Edy Syahputra, mengakui komunikasi lini pertahanan timnya kembali bermasalah dan menjadi faktor utama kekalahan.

    PS TNI kebobolan saat pertandingan baru berjalan sembilan menit. Meski sempat menyamakan kedudukan melalui gol yang dicetak Pandi Lestaluhu pada menit ke-21, buruknya koordinasi lini pertahanan tim tuan rumah membuat Bali United bisa mencetak gol selang empat menit kemudian.

    Buruknya komunikasi lini pertahanan PS TNI diakui Edy Syahputra. Asisten pelatih PS TNI itu tidak ingin menyalahkan salah satu pemain, tetapi tidak bisa menutup kenyataan ada komunikasi yang buruk antara penjaga gawang timnya, yang kali ini diisi oleh Ravi Murdianto, dan lini pertahanan timnya.

    "Kami melihat pertandingan malam hari ini pemain bermain dengan kurang komunikasi antara penjaga gawang dan pemain belakang. Kami tidak menyalahkan penjaga gawang, tapi melihat gol pertama, kedua dan keempat, komunikasi antara kiper dan bek memang tidak ada," ujar Edy Syahputra dalam keterangan pers di Stadion Pakansari, Cibinong, Minggu (20/11/2016).

    "Kesalahan mendasar ini kembali terjadi, semoga kami bisa mengevaluasinya dan ke depan bisa lebih baik lagi. Kami sudah evaluasi di akhir babak pertama untuk tidak ambil risiko di sepertiga pertahanan. Tapi, yang terjadi kesalahan itu terjadi lagi, komunikasi tidak berjalan. Padahal selalu kami tekankan untuk saling bicara, tapi inilah salah satu kelemahan kami," lanjutnya.

    Absennya Manahati Lestusen dan Abduh Lestaluhu yang membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2016, dan juga absennya Hargiantoro karena akumulasi kartu kuning diakui Edy Syahputra juga sebagai salah satu masalah. Namun, ia membantah jika disebut ada jarak kualitas antara pemain inti dan pelapis.

    "Pemain kami banyak absen, memang kami pun minim pemain. Ada beberapa pemain yang harus kami paksakan turun dalam pertandingan ini, seperti Tambun Naibaho yang juga sebenarnya sedang sakit. Kualitas pemain antara inti dan cadangan tidak terlalu jauh, tapi faktor pengalaman yang saya lihat bermasalah," bebernya.

    "Absennya Manahati dan Hargiantoro memang berpengaruh. Namun, bek yang kami mainkan saat ini tak ada masalah saat latihan, tapi mungkin mental yang harus diperhatikan. Mental bertanding memang penting karena pengalaman bermain masih minim, jadi mereka labil dan bisa terpuruk," lanjut Edy Syahputra.

    Kekalahan dari Bali United membuat PS TNI tetap berada di posisi ke-16 dalam klasemen TSC 2016. PS TNI saat ini masih dengan 25 poin dari 28 pertandingan.

     

    Video Populer

    Foto Populer