Sukses


Kualitas Berimbang, Jandia dan Rivki Saling Bantu di Semen Padang

Bola.com, Padang - Kapasitas penjaga gawang dalam satu tim tidak bisa dipandang sebelah mata. Meski berada di barisan paling belakang, penjaga gawang memiliki peran yang sangat sentral dalam sebuah pertandingan. Hal itu ditegaskan pelatih kiper Semen Padang, Zulkarnain Zakaria.

Mantan penjaga gawang Kabau Sirah era 90-an itu mengatakan, nyaman atau tidaknya pemain lain dalam satu tim besar dipengaruhi kinerja seorang kiper.

"Kuncinya kepercayaan pemain kepada penjaga gawang. Kalau sudah percaya, saya yakin lini belakang fokus dengan tugasnya, begitu pun sektor tengah dan depan. Ini penting mengingat kepercayaan pemain menjadi kunci dalam sebuah pertandingan,” ujar Zulkarnain Zakaria, Selasa (16/3/2016).

Menyangkut kualitas dua penjaga gawang yang dimiliki Semen Padang saat ini, yakni Jandia Eka Putra dan Rivki Makodompit, Ijul sapaan karib Zulkarnain Zakaria, menilai dua kiper tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

"Kalau kekurangan saya enggan sebutkan, tapi kalau kelebihan, mereka sama-sama miliki ketenangan dan kemampuan membaca bola yang baik," jelas ijul.

Meski memiliki dua kiper yang dari sisi kualitas berimbang, pelatih asal Aceh itu menjamin tidak ada persaingan negatif antara Jandia Eka Putra dan Rivki Makodompit. "Posisi ini menurut saya sangat baik, menghadirkan persaingan positif antar dua pemain,” lanjutnya.

Ijul menilai, baik Jandia dan Rivki selama ini saling mendukung, meski persaingan keduanya akan terus tersaji baik pada turnamen maupun kompetisi resmi.

"Mereka saling mendukung, keduanya sudah profesional. Tidak ada yang individualis, semua demi tim," tegas mantan penjaga gawang Timnas Futsal Indonesia itu.

 

Video Populer

Foto Populer