Sukses


5 Gol Terbaik Wayne Rooney Bersama Manchester United

Bola.com - Wayne Rooney resmi hengkang dari Manchester United untuk kembali bergabung Everton. Keputusan tersebut Rooney umumkan melalui situs resmi kedua klub pada Minggu (9/7/2017).

Rooney kesulitan menembus skuat utama Manchester United sejak Jose Mourinho ditunjuk menjadi manajer. Penyerang 31 tahun itu kalah bersaing dengan Zlatan Ibrahimovic dan Marcus Rashford.

Sepanjang musim 2016-2017, Rooney lebih sering duduk di bangku cadangan. Kapten timnas Inggris itu hanya 25 kali tampil sejak menit awal dengan koleksi delapan gol dan 10 assist.

Situasi tersebut membuat Rooney memutuskan angkat kaki ke mantan klubnya, Everton. Rooney bergabung dengan nilai transfer yang dirahasiakan dan meneken kontrak hingga 30 Juni 2019.

Kepindahan itu mengakhiri 13 tahun kebersamaan Wayne Rooney dengan Manchester United. Rooney merupakan pencetak gol terbanyak sepanjang masa The Red Devils dengan 253 gol dari 559 pertandingan.

Dari 253 gol tersebut, Wayne Rooney beberapa kali menciptakan gol dengan cara tidak biasa. Bahkan, dia sempat membobol gawang lawan dengan cara akrobatis.

Berikut ini adalah lima gol terbaik Wayne Rooney bersama Manchester United:

2 dari 6 halaman

Manchester United 6-2 Fenerbache (Liga Champions, 28 September 2004)

Wayne Rooney menjalani pertandingan debut bersama Manchester United dengan cara fenomenal. Saat itu, Rooney langsung mencetak hattrick ke gawang Fenerbache pada matchday kedua Grup D Liga Champions 2004-2005 di Old Trafford, 28 September 2004.

Dari ketiga gol yang dia cetak ke gawang Fenerbache, gol ketiganya menjadi yang paling mencuri perhatian. Saat itu, Rooney yang baru berusia 18 tahun dipercaya melakukan eksekusi tendangan bebas di depan kotak penalti Fenerbache.

Saat itu, bola hasil sepakan kaki kanan Rooney melesat mulus ke gawang Fenerbache. Kiper Rustu Recber terlambat bereaksi menebak arah bola.

3 dari 6 halaman

Manchester United 2-1 Newcastle United (Premier League, 24 April 2005)

Bermain di hadapan pendukung sendiri, Manchester United justru tertinggal lebih dulu lewat gol pemain Newcastle United, Darren Ambrose, pada menit ke-27. Butuh waktu sekitar 30 menit bagi The Red Devils untuk menyamakan kedudukan.

Wayne Rooney menginspirasi kebangkitan Manchester United, setelah mampu menyarangkan bola ke gawang Newcastle United yang dijaga Shay Given.

Rooney mampu memanfaatkan bola muntah sundulan bek Newcastle, Peter Ramage, untuk mencetak gol. Penggawa timnas Inggris itu melepaskan tendangan voli setelah menerima bola sapuan Ramage pada menit ke-57. Wes Brown menambah keunggulan The Red Devils pada menit ke-75 sekaligus membawa Manchester United menang 2-1 atas Newcastle United.

4 dari 6 halaman

Manchester United 2-1 Manchester City (Premier League, 12 Februari 2011)

Rivalitas Manchester United dengan Manchester City mulai memanas sejak satu dekade terakhir. Pertandingan kedua kesebelasan di Old Trafford pada pekan ke-27 Premier League merupakan salah satu yang paling sengit.

Kedua kesebelasan bermain 1-1 hingga pertandingan memasuki menit ke-78. Tuan rumah unggul lebih dulu melalui gol Nani pada menit ke-41 dan dibalas David Silva pada menit ke-65.

Manchester United kembali unggul lewat tendangan akrobatis Wayne Rooney pada menit ke-78. Saat itu, Rooney berhasil memanfaatkan umpan silang Nani dari sisi kanan dan kemudian melepaskan tendangan salto melalui kaki kanannya.

5 dari 6 halaman

Barcelona 3-1 Manchester United (Liga Champions, 28 Mei 2011)

Wayne Rooney kerap disebut-sebut gagal menampilkan performa terbaik pada laga besar. Dia membungkam kritikan tersebut ketika menghadapi Barcelona pada final Liga Champions 2011.

Tertinggal lebih dulu lewat gol Pedro ketika pertandingan berjalan 27 menit, Rooney berhasil menyamakan kedudukan tujuh menit kemudian. Berawal dari pergerakan di sisi kanan, Rooney melakukan kerja sama satu-dua dengan Ryan Giggs sebelum menceploskan bola ke gawang Victor Valdes.

Nasib Rooney kurang beruntung pada laga tersebut. Barcelona mampu bangkit setelah jeda. Mereka mencetak dua gol tambahan melalui Lionel Messi dan David Villa.

6 dari 6 halaman

West Ham 0-2 Manchester United (Premier League, 22 Maret 2014)

Pertandingan baru berjalan delapan menit sewaktu Wayne Rooney menceploskan bola ke gawang West Ham United yang dikawal Adrian. Saat itu, Rooney memanfaatkan umpan dari Ashley Young.

Penyerang 31 tahun tersebut berhasil memanfaatkan posisi Adrian yang terlalu maju dan melepaskan tendangan dari tengah lapangan. Bola hasil sepakan kaki kanan Rooney gagal diantisipasi Adrian.

Seolah belum cukup, Rooney kembali mencetak gol ketika pertandingan berjalan 33 menit. Lagi-lagi, sang pemain berhasil memanfaatkan umpan Young.

Sumber: Berbagai sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer