Sukses


Lorenzo Tak Punya Nyali Sebesar Rossi

Bola.com, Jakarta - Mantan pebalap motor kelas 500cc, Randy Mamola, menyebut Jorge Lorenzo sedikit berubah musim ini. Rider asal Spanyol itu dinilai tak memiliki keberanian sebesar Valentino Rossi dan tak berani mengambil resiko ketika berada di lintasan.

Berstatus sebagai juara bertahan MotoGP, performa Lorenzo di musim 2016 bisa dibilang sangat menurun. Rider berjuluk X-Fuera itu bahkan gagal naik podium pada MotoGP Australia akhir pekan lalu, usai finis di urutan keenam.

Lorenzo sempat beralasan bahwa buruknya grip ban belakang menjadi penyebab mengapa performanya musim ini menurun. Namun, Mamola menganggap hal itu hanya sebuah alasan karena Lorenzo sejatinya sudah kehilangan selera membalap bersama Yamaha.

"Ketika saya melihat Lorenzo di Phillip Island, saya merasa itu bukan dirinya yang sebenarnya. Dia seperti kecewa dengan sesuatu, sangat takut terjatuh, dan merasa sakit. Singkatnya, ini bukanlah Lorenzo yang kita kenal selama beberapa tahun ini," kata Mamola dikutip dari Tuttorimotoriweb, Rabu (26/10/2016).

"Jika dia beralasan bahwa grip ban belakangnya bermasalah sepanjang musim ini, maka jelas dia kalah nyali dari Valentino Rossi. Kita tentu melihat bagaimana Rossi membalap dengan memiliki masalah yang sama dengan Lorenzo. Saya yakin Lorenzo hanya tak ingin banyak mengambil resiko terutama ketika keadaan trek sedang basah," kata pebalap asal AS yang aktif di tahun 1979-1992 itu.

Lorenzo kini menempati posisi ketiga klasemen sementara MotoGP 2016 dengan 192 poin. Namun, posisinya belum aman. Dia bisa saja digeser pebalap Suzuki Ecstar, Maverick Vinales, yang terpaut 11 poin.

Jika ingin mempertahankan posisi ketiga, Lorenzo  harus mampu meraih hasil lebih baik di dua balapan sisa. Ujian pertama akan dihadapi pebalap berusia 29 tahun itu di Sirkuit Sepang, Malaysia, akhir pekan ini.

Video Populer

Foto Populer