Tundukkan Filipina, Tim Basket Putri Melesat ke Puncak Klasemen

oleh Diya Farida diperbarui 12 Jun 2015, 16:02 WIB
PUNCAK - Kemenangan atas Filipina menjadi momentum keberangkatan Timnas Basket Putri Indonesia menuju puncak klasemen SEA Games 2015 Singapura.(Bola.com/Perbasi)

Bola.com, Singapura - Tren kemenangan berhasil diteruskan tim nasional (timnas) basket putri Indonesia di SEA Games 2015 Singapura. Mengusung semangat meraih sekeping medali, Indonesia sukses membungkam Filipina, 61-56, Jumat (12/6).

Hasil ini menjadi edisi ketiga beruntun yang dicatat Wulan Ayuningrum dkk. Usai keok di tangan Malaysia pada laga perdana, Indonesia langsung bangkit dan tak pernah lagi bertemu kekalahan.

Advertisement

Bertanding di OCBC Arena, skuat Merah Putih sempat tercecer di awal laga. Memainkan 10 menit pertama, Indonesia hanya bisa mencetak sembilan angka, sementara Filipina mengemas 21 poin.

Tertinggal 12 angka membuat Indonesia tampil ‘kesetanan’ di dua gim berikutnya. Didukung akurasi tembakan plus keunggulan memenangi rebound di kuarter kedua, Indonesia mampu memangkas defisit menjadi hanya dua poin saja. Paruh pertama pun berkesudahan 27-29, masih untuk keunggulan Filipina.

Setelah jeda half-time, permainan apik skuat besutan Bambang Asdianto berlanjut. Mencetak 18 poin, Indonesia berbalik mengungguli Filipina 46-38.

Hanum Fasya dkk. baru kembali mendapat perlawanan sengit saat laga memasuki kuarter keempat. Meski kalah banyak dalam mencetak angka pada kuarter terakhir, Indonesia tetap bisa menjaga keberadaan kemenangan di tangan.

Dengan rekor tiga kali menang dan satu kali kalah yang menghasilkan tujuh poin, timnas basket putri Indonesia kini memuncaki tabel klasemen. Tepat di bawahnya, terdapat Filipina dan Malaysia, yang masing-masing mengumpulkan enam poin dan lima poin.

Indonesia berpeluang memenangi medali emas bila pada laga terakhir melawan Thailand, yang dihelat Minggu (14/6), kembali menang. Sedangkan Malaysia, yang sudah unggul head to head atas Indonesia, minimal menderita satu kali kekalahan.

Baca juga:

Triyaningsih Emas Lagi, Dedeh Perak

Berkat Keyakinan Hati, Ihsan Jadi Pahlawan Kemenangan Indonesia

Singkirkan Malaysia, Tim Bulu Tangkis Putra Pijak Final