Mengapa Donny van de Beek Begitu Penting buat Manchester United?

oleh Gregah Nurikhsani diperbarui 01 Sep 2020, 10:30 WIB
AC Milan mengirimkan pemandu bakat untuk memantau gelandang masa depan Belanda, Donny van De Beek. (doc: Ajax Daily)

Bola.com, Jakarta - Pemain Ajax Amsterdam, Donny van de Beek, diklaim bakal jadi pemain penting buat Manchester United. Kemampuannya di lini tengah akan sangat membantu keseimbangan Setan Merah dalam meyerang dan bertahan.

Manchester United sempat mengalami periode yang sulit di bursa transfer awal musim 2020/2021 ini. Upaya untuk membawa Jadon Sancho dan Jack Grealish menemui jalan buntu dan belum juga mencapai kesepakatan.

Advertisement

Namun, kabar baik datang dari Donny van de Beek. Sang pemain sempat masuk dalam bidikan Real Madrid dan Barcelona, tetapi pada akhirnya memilih berlabuh ke Setan Merah.

Donny van de Beek sepakat dengan kontrak lima musim yang diajukan United. Sedangkan, pihak Ajax Amsterdam senang dengan tawaran 40 juta euro plus bonus yang akan mereka dapatkan dari United.

Jurnalis Sky Sports, Charlotte Marsh, menilai kesepakatan Donny van de Beek sangat penting untuk Manchester United. Pemain 23 tahun bakal memerankan posisi sentral di lini tengah United pada musim 2020/2021.

"Donny van de Beek punya keserbagunaan yang luar biasa. Dia dapat bermain di peran sentral atau menyerang dan telah digambarkan sebagai gelandang box-to-box klasik," kata Charlotte Marsh.

Dikutip dari Whoscored, Donny van de Beek bisa bermain sebagai nomor 6, nomor 8, dan di belakang penyerang. Van de Beek bisa bermain pada semua posisi di lini tengah. Dia punya kemampuan menyerang dan bertahan dengan sama baiknya.

"Donny van de Beek juga tidak ragu untuk turun ke dalam dan melakukan kerja keras saat dia membutuhkannya. Dia bisa membantu dalam peran yang lebih defensif di Manchester United bila diperlukan," ucap Charlotte Marsh.

Video

2 dari 2 halaman

Kemampuan Mencetak Gol dan Bertahan

Donny van de Beek - Manchester United sudah dikaitkan dengan gelandang Ajax, Van de Beek, sejak musim lalu. Ajax dikabarkan baru akan melepas Donny van de Beek dengan banderol 60 juta euro. (AFP/Patrik Stollarz)

Donny van de Beek punya kemampuan yang baik dalam hal mencetak gol. Pada musim 2017/2018 lalu, dia mampu mencetak 11 gol di Eredivie. Setelah itu, dia mencetak sembilan dan delapan gol di musim selanjutnya.

Ketangguhan Donny van de Beek juga teruji di Liga Champions. Pada musim 2019/2020 lalu, dia mencetak dua gol untuk Ajax. Sedangkan, pada musim 2018/2019, ketika dia membawa Ajax ke semifinal, Van de Beek mencetak empat gol.

Di sisi lain, Donny van de Beek juga membuat rata-rata dua tekel per laga pada musim 2019/2020. Total tekel yang dilakukan mencapai 62 kali. Catatan itu menujukkan bahwa dia juga bisa menjalankan tugas dengan baik ketika harus berperan lebih bertahan.

Sumber: Sky Sports